me

Hyundai Santa Fe, Spesifikasi dan Kelebihan dan Kekurangannya

May 03, 2024.By Rio
Bagikan

Hyundai Santa Fe, Spesifikasi dan Kelebihan dan Kekurangannya
hyundaimobil.co.id
Ini dia spesifikasi Hyundai Santa Fe.

Hyundai Santa Fe — Hyundai Santa Fe bisa dijadikan solusi tepat dan layak dijadikan mobil keluarga. Bisa dibilang Hyundai Santa Fe menjadi perwalikan terbaik pada dunia mobil SUV.

Nggak hanya tampilannya menawan dan bodynya yang gahar, mobil ini juga dibekali teknologi canggih dan modern, fitur keren yang memudahkan pengemudi dalam berkendara serta memiliki performa menakjubkan. Penasaran ingin kenalan dengan mobil ini? Intip spesifikasi Hyundai Santa Fe beserta kelebihan serta kekurangannya.

Baca Juga:


Kapan Waktu Rilis Hyundai Santa Fe?

Kapan Waktu Rilis Hyundai Santa Fe
hyundaimobil.co.id

Hyundai Santa Fe pertama kali dikenalkan di pasar indonesia sekitar tahun 2000an. Namun  untuk pasar Tanah Air sekitar April 2021 Hyundai Motors Indonesia meluncurkan yang versi facelift. Versi ini hadir dengan dua pilihan yakni Gasoline 2.500 cc Mpi bahan bakar bensin dan Diesel 2.500 cc CDRi. Nah, kedua versi ini ada varian Style, Prime dan Signature.

Nah, konon generasi terbaru dari mobil ini bakalan segera meluncur di Tanah Air walaupun kapan peluncuran resminya belum diketahui pasti dan spesifikasinya juga belum diketahui. Namun konon generasi terbaru ini desainnya mengotak dengan lampu belakang horizontal. 

Yang ingin segera memiliki mobil asal Korea Selatan ini, ulasan tentang spesifikasi Hyundai Santa Fe (versi facelift) bisa disimak.

Tabel Spesifikasi

Tabel Spesifikasi Hyundai Santa Fe
hyundaimobil.co.id
Tipe dan BodyHyundai Santa Fe, Crossover SUV
Dimensi 4.785 x 1.900 x 2.765 mm
Ban, Velg, Sistem Rem, 235/60 R18
18 Inci Alloy
Cakram Depan, Cakram Belakang
Suspensi, Kapasitas Penumpang dan Bagasi, Pilihan WarnaSuspensi Depan: MacPherson Strut
Suspensi Belakang: Multi-Link
7 kursi, 782 L
Lagoon Blue Pearl, Typhoon Silver Metallic, Abyss Black Pearl, Glacier White Metallic, Magnetic Gray Metallic
Transmisi  -Otomatis (2.5 6AT Style, 2.5 6AT Prime, 2.5 6AT Signature)- Dual Clutch (2.2 8DCT Style, 2.2 8DCT Prime, 2.2 8DCT Signature)
PerformaTenaga Maksimal: – 178 hp (2.5 6AT Style, 2.5 6AT Prime, 2.5 6AT Signature)- 199 hp (2.2 8DCT Style, 2.2 8DCT Prime, 2.2 8DCT Signature)
Torsi Maksimal:- 232 Nm (2.5 6AT Style, 2.5 6AT Prime, 2.5 6AT Signature)- 441 Nm (2.2 8DCT Style, 2.2 8DCT Prime, 2.2 8DCT Signature)
FiturFitur Hiburan: Apple Carplay/Android Auto, Layar sentuh 8 inci, Bluetooth
Fitur Keselamatan: Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist

Fitur Menarik dan Keunggulan

Fitur Menarik dan Keunggulan Hyundai Santa Fe
hyundaimobil.co.id

Sejumlah fitur modern yang disematkan pada Hyundai Santa Fe makin membuat kendaraan ini menarik. Fitur tersebut antara lain:

1. Electric Tailgate Sensor

Electric Tailgate Sensor
hyundaiusa.com

Electric Tailgate Sensor yang disematkan termasuk beda bila dibandingkan dengan mobil lainnya. Umumnya saat ingin membuka bagasi pengendara akan melakukan gerakan tertentu ke arah bagasi, contohnya menendang bagian bawah bagasi. 

Pada Hyundai Santa Fe, hanya perlu berdiri dalam jarak tertentu di belakang bagasi maka otomatis bagasi terbuka selama kamu memegang kunci mobil.

2. Quiet Mode

Quiet Mode
hyundaimobil.co.id

Fitur Quiet Mode merupakan fitur yang bermanfaat untuk mengatur tingkat suara dari sistem tata suara mobil. Saat fitur diaktifkan tata suara akan lebih fokus ke pengemudi atau di barisan depan. Sementara pada baris lainnya akan diminimalkan sampai level 7.

3. Blind Spot Monitoring

Blind Spot Monitoring
hyundai.com

Dengan adanya fitur ini nggak hanya memberikan informasi keberadaan kendaraan lain (pada titik buta) melalui spion tapi juga bisa memberikan informasi melalui information display. Sehingga pengemudi bisa melihat kendaraan lain dari layar. Caranya dengan menekan tuas spion ke kanan atau ke kiri. 

4. Rear Occupant Alert

Rear Occupant Alert
hyundai.com

Fitur ini penting banget, lho karena mobil secara otomatis akan memberikan peringatan dalam bentuk bunyi klakson. Jika bunyi tandanya ada penumpang lain atau hewan peliharaan di baris ketiga yang tertinggal setelah mobil terkunci. 

5. Shift by Wire

Shift by Wire
hyundaimobil.co.id

Mengemudi Hyundai Santa Fe akan lebih nyaman dan menyenangkan karena pergantian tuas transmisi mudah, tinggal memencet tombol. Terdapat juga pilihan mode berkendara dengan sistem rotary. 

Selain itu juga terdapat fitur lainnya yang nggak kalah keren seperti semi-otonom, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist dan fitur pengendalian cuaca.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Santa Fe
hyundaiusa.com

Sama dengan kendaraan lainnya Hyundai Santa Fe juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Kelebihan Hyundai Santa Fe

Kelebihan Hyundai Santa Fe
hyundaiusa.com
  • Desain eksterior dan interior memukau, dikemas dalam desain yang tampak gagah. Dengan gril khas Hyundai yang oke dan lampu depan LED memberikan sentuhan modern. Bagian belakang dihiasi lampu LED berdesain unik. 

Bagian interior terdapat display layar sentuh, desain dashboard yang ergonomis. Kursi penumpang dari bahan berkualitas dan empuk. Kabin juga lega dan sangat nyaman.

  • Performa mantap, untuk yang 5 MPI Gasoline Engine mempunyai daya maksimum 180 ps/6000 rpm dan torsi maksimum 23.7 kg.m/4000 rpm. yang terakhir 2.2 CRDi Diesel Engine punya daya 202 ps/3800 rpm dan torsi 45 kg.m/1750-2750 rpm.
  • Teknologi terkini, dengan adanya sejumlah fitur baik fitur keamanan, untuk kenyamanan, sistem infotaiment, layar sentuh menjadikan mobil ini nggak hanya keren tapi juga nyaman dan aman digunakan.
  • Kabin luas, dengan kabin yang lega menjadikan mobil ini cocok sebagai mobil keluarga. Sehingga perjalanan bisa lebih nyaman, aman dan menyenangkan.

Kekurangan Hyundai Santa Fe

Kekurangan Hyundai Santa Fe
hyundaiusa.com
  • Kelegaan kursi baris ketiga kurang, hal ini tentu bisa mengurangi kenyamanan terutama saat perjalanan jauh. 
  • Harga relatif tinggi, buat sebagian orang harga mobil ini tergolong tinggi, jadi sebelum meminangnya bisa dipertimbangkan.

Harga

Harga Hyundai Santa Fe
hyundaiusa.com

Seperti sudah disebut di awal kalau Hyundai Santa Fe hadir dalam 2 versi yang mana kedua versi tersebut terdiri dari 3 varian. Untuk harganya adalah sebagai berikut:

  • Santa Fe Gasoline G 2.5 Style Rp 576.2 juta
  • Santa Fe Gasoline G 2.5 Prime Rp 625 juta
  • Sante Fe Gasoline G 2.5 Signature Rp 686.3 juta
  • Santa Fe Diesel D 2.2 Style Rp 636.3 juta
  • Santa Fe Diesel D 2.2 Prime Rp 667.1 juta
  • Santa Fe Diesel D 2.2 Signature Rp 738.1 juta

Baca Juga:

Demikian Spesifikasi Hyundai Santa Fe yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk beli mobil dari Korea Selatan ini. Untuk belinya bisa ke Blibli. Beli mobil di Blibli sudah pasti banyak untungnya. Prosesnya nggak ribet dan harga yang tertera sudah termasuk biaya pengiriman.

Blibli juga menyediakan metode pembayaran berupa cicilan 0% dengan jangka waktu pembayaran sampai 24 bulan. Makin mantap karena ada layanan proteksi terhadap kendaraan dengan biaya mulai 0.2% dari harga barang. Jadi nggak usah ragu. Beli Hyundai Santa Fe hanya di Blibli.