me

Tips Mudik Hemat Anti Boncos, Cek Dulu Yuks!

Apr 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

koinworks.com

Tips Mudik Hemat — Mendengar kata mudik tentu langsung kepikiran bakalan menghabiskan banyak biaya, namun kalau nggak mudik juga sayang banget. Momen ini hanya terjadi sekali dalam setahun apalagi kamu yang ada di perantaun tentunya kangen banget dengan keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tips mudik hemat biar nggak boncos. 

Baca Juga: Mudik Anti Boros, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!


Apa Saja Tips Mudik Hemat?

Sebelum mudik memang banyak banget yang perlu disiapkan mulai dari biaya transportasi atau bahan bakar (untuk kendaraan pribadi), penginapan sampai oleh-oleh. Sehingga memang butuh biaya yang super banyak jika nggak diatur dengan baik. Salah satu cara terbaik mengatasinya adalah dengan memanfaatkan voucher untuk semua kebutuhan mudik. 

Beberapa keuntungan menggunakan voucher untuk membeli kebutuhan mudik adalah bisa menekan pengeluaran di awal, nggak mudah tergiur dengan penawaran lain dan cenderung lebih tenang karena punya alat pembayaran. Apa saja sih tips untuk bisa lebih hemat saat mudik tiba? Kamu nggak perlu khawatir karena bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini!

1. Manfaatkan Voucher Hotel

Tips pertama yang bisa digunakan adalah memanfaatkan voucher hotel. Kamu tentunya tahu kalau saat ini sudah banyak banget voucher hotel yang bisa didapatkan baik karena hadiah maupun dibeli langsung. Tujuannya adalah untuk memotong atau bahkan membayar langsung semua harga penginapan yang kita gunakan. 

Cara ini penting banget dilakukan untuk menekan biaya yang nggak terduga selama menginap di hotel apalagi jika perjalananmu memang cukup jauh. Untuk membuat tubuh tetap prima selama perjalanan maka butuh tempat istirahat yang bagus dan nyaman seperti hotel. Jadi, ketika sampai ke lokasi mudik tujuan kamu tetap dalam kondisi yang segar dan fit. 

Keuntungan membeli voucher hotel adalah harga yang dibayarkan bakalan lebih murah dibandingkan dengan membayar secara tunai atau kredit lainnya. Selain itu, dengan punya voucher kamu bisa mempertimbangkan batas biaya untuk hotel yang kamu tinggali. Jadi, ketika membuat rencana pengeluaran mudik semuanya bisa diatur dengan mudah. 

Dengan membeli voucher kamu juga merasa lebih tenang karena sudah menemukan tempat menginap dengan budget yang lebih pas di kantong. Apalagi ketika musim mudik tiba, banyak hotel yang sudah penuh dan biaya sewanya bakalan meningkat. Dengan membeli voucher jauh-jauh hari bakalan bikin kamu sekeluarga menjadi tenang selama mudik.

2. Rajin Berburu Voucher Makanan

Voucher kedua yang perlu kamu perhatikan adalah voucher makanan. Kamu tentunya tahu kalau perjalanan mudik jauh pasti butuh banget makanan biar tenaga kita tetap prima selama perjalanan. Jadi, kamu harus rajin mengumpulkan voucher makanan dari restoran yang sekiranya dilewati selama perjalanan menuju kota tujuan. 

Voucher ini bisa didapatkan secara gratis dengan pembelian tertentu atau dibeli langsung biar lebih jelas budget yang dikeluarkan untuk kebutuhan makan. Biasanya dalam voucher bakalan tertulis nominal tertentu yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan penggunanya. Kamu bisa memilih nominal yang sekiranya pas untuk makan sekeluarga saat perjalanan mudik. 

Jadi, sebelum berangkat mudik jauh-jauh harinya kamu sudah harus membeli voucher makanan dengan nominal yang pas dan jumlah disesuaikan. Dengan membeli voucher makanan maka pengeluaranmu bakalan lebih teratur dan menghindari pengeluaran tak terduga. Kalian harus mengikuti aturan nominal yang sudah ditetapkan sebelumnya biar nggak boncos. 

Cara ini juga mempermudahmu untuk mempertimbangkan lebih jelas berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya makan selama mudik. Sehingga perhitungan uang untuk biaya mudik bakalan lebih nyata dan selisihnya nggak terlalu banyak. 

3. Gunakan Voucher Belanja

Mudik tanpa belanja nyatanya kurang pas banget apalagi jika memang harus membawa oleh-oleh setelah balik mudik. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu membeli voucher belanja yang pas sesuai kebutuhanmu. Saat ini pilihan voucher sudah sangat banyak dan bisa digunakan untuk beberapa toko maupun pusat perbelanjaan yang menjadi mitra. Sehingga lebih mudah untuk digunakan. 

Biar biaya belanja nggak terlalu banyak kamu perlu menggunakan beberapa tips penting ini. Pertama, tentukan dulu berapa banyak uang yang bakalan dikeluarkan untuk belanja selama mudik. Kedua, tentukan juga berapa kali kamu bakalan melakukan belanja dan di lokasi mana saja belanjanya untuk mempermudah pembelian voucher

Ketiga, pastikan nominal voucher yang kamu beli memang cocok dengan kebutuhanmu karena jika ternyata terlalu kecil kamu juga harus nambah uang tunai untuk bayarnya. Terakhir, ketika belanja selalu pastikan hitungan produk yang kamu beli pas dengan nominal voucher biar nggak menambah nilai tunai pembayarannya. 

Banyak orang yang sudah memiliki voucher kemudian lengah dengan nilai nominalnya sehingga mereka nggak menghitungnya cermat. Akibatnya tetap bakalan boros dan nggak begitu bisa menekan biaya pengeluaran saat mudik. Jangan lupa perhatikan juga masa berlaku voucher jangan membeli yang jaraknya terlalu singkat karena bisa hangus. 

4. Beli Bensin Dengan Voucher

Voucher selanjutnya yang perlu kamu kumpulkan adalah voucher untuk membeli bensin. Kamu yang pergi menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor tentunya membutuhkan bensin untuk bahan bakar. Jika jarak tempuh mudiknya sangat jauh otomatis biaya bensin ini juga bakalan tinggi banget sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik. 

Pertama, ukur dulu berapa jarak tempuh yang dibutuhkan untuk menuju kampung halaman saat mudik. Jangan lupa untuk menghitungnya sekalian pulang dan pergi biar lebih mudah. Kedua, tentukan tempat-tempat yang bakalan kamu datangi (di luar jalur perjalanan menuju lokasi utama) seperti halnya harus mampir dulu ke rumah teman atau saudara lain. 

Ketiga, jangan lupa masukkan juga kebutuhan untuk bepergian selama berada di lokasi mudik (seperti halnya pergi ke pusat perbelanjaan, pergi ke rumah teman dan lainnya). Keempat, totalkan berapa kilometer yang harus ditempuh dan sesuaikan dengan literan bensin yang dibutuhkan. Kelima, totalkan literan bensin dengan nominal voucher yang dibutuhkan. 

Terakhir, kamu tinggal membeli nominal voucher yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk melebihkan sedikit nominal yang dibeli dari jumlah hitunganmu untuk menghindari hitungan yang meleset. Sehingga, bahan bakar yang kamu miliki bakalan aman untuk berangkat sampai pulang. Cara ini juga menghindari adanya kekurangan biaya selama bepergian. 

Mudah banget kan belanja dengan voucher? Jadi, kamu juga nggak perlu setiap saat memikirkan nominal yang diperlukan untuk mudik lebaran. Apalagi voucher ini ada yang bentuknya digital dan print out jadi kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu. Cek secara berkala voucher yang sekiranya dibutuhkan untuk menunjang liburan dan mudik lebaranmu.


Baca Juga: Syarat-syarat Wajib Sebelum Mudik Lebaran

Blibli Friends sudah siap untuk mudik lebaran 2024? Jangan lupa cek semua rekomendasi voucher terbaik hanya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan voucher dengan nominal dan batas penggunaan sesuai kebutuhanmu. Belanja di Blibli jelas banyak banget untungnya mulai dari promo sampai potongan harga setiap harinya. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya