Daftar Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat

Daftar Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat ー Berolahraga memanglah sangat disarankan. Rutin melakukan aktivitas fisik memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk jaringan juga organ vital. Nggak terkecuali jantung yang punya tugas krusial, yakni memompa darah yang membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh organ-organ tubuh dan mengangkut zat-zat sisa.

Eits, sekali pun penting, tapi olahraga nggak boleh kamu lakukan terlalu berlebihan. Olahraga yang benar juga jangan asal mengeluarkan keringat. Kamu harus memperhatikan porsi olahraga, kapan waktunya berhenti dan istirahat ketika jantungmu merasa mulai kelelahan. Cukup banyak kasus gagal jantung yang sampai berujung fatal cuma karena pelaku mengabaikan sinyal tubuh untuk berhenti berolahraga, lho.

Nah, untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, berikut ini olahraga yang relatif aman untuk jantung sehat:

BACA JUGA: 5 Kebiasaan untuk Jantung yang Lebih Sehat

_____________________

1. Berjalan Santai

Nggak membutuhkan banyak tenaga, olahraga yang satu ini tergolong mudah, ringan, murah dan sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk mereka yang menderita penyakit jantung. Jenis olahraga ini nggak terikat tempat dan waktu. Kamu bebas melakukannya di sekitar jalan-jalan perumahan, taman atau juga di atas treadmill. Nggak perlu buru-buru, karena ini bukan pertandingan. Cukup jalan santai dan luangkan waktu menikmati suasana agar jantung nggak kerja terlalu keras.

2. Jogging Ringan

Kamu nggak harus melakukan jogging selayaknya atlet pro yang sedang latihan untuk kepentingan turnamen. Jogging yang baik untuk jantung dan bikin tubuh terjaga kesehatannya adalah lari kecil tanpa harus menguras tenaga dan keringat. Nggak cuma menyehatkan bagi tubuh, jogging santai juga terbukti dapat meningkatkan kebugaran tubuhmu, menjaga daya tahan dan menambah kekuatan tubuh. Agar makin semangat, pastikan kamu mengambil rute yang berbeda setiap harinya.

3. Senam Aerobik

Tahu nggak sih, kalau menurut penelitian di dunia medis, aerobik merupakan olahraga yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setidaknya selama 75 hingga 150 menit setiap pekan? Tapi syaratnya kamu harus tetap memperhatikan denyut jantung agar tetap maksimal. Dosis terbaik dari denyut jantung maksimal adalah di kisaran 60 % hingga 80 %. Kamu bisa mengikuti kelas aerobik atau cukup meniru gerakan di video-video senam yang mudah ditemukan di internet.

4. Naik Sepeda

Akhir-akhir ini bersepeda menjadi olahraga yang sangat digemari. Selain mendukung gerakan go green, bersepeda juga terbukti sangat baik untuk jantung sehat. Pasalnya, bersepeda masuk dalam daftar olahraga kardiovaskular yang ampuh melatih bagian sendi dan otot tubuh. Tapi yang perlu diingat adalah, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan tenaga ketika bersepeda. Kamu harus menyesuaikan porsi bersepeda dengan kondisi tubuh dan jantung agar nggak berdampak buruk.

5. Renang

Olahraga air ini juga termasuk jenis olahraga kardiovaskular yang sangat disarankan untuk menjaga jantung sehat. Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, renang bisa melatih lebih banyak kelompok otot tubuh, menjaga irama detak jantung dan juga melatih pergerakan sendi serta menjaganya dari kemungkinan hentakan yang biasa terjadi ketika kamu melakukan olahraga lainnya. Nggak heran kalau renang banyak dipilih oleh mereka yang merupakan penderita penyakit jantung.

_____________________

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Jantung dengan Kebiasaan Sederhana Ini

Nah, itu dia daftar olahraga yang baik untuk jantung sehat. Agar aktivitas berolahragamu makin aman dan menyenangkan, jangan lupa lengkapi segala kebutuhannya dengan berbelanja di Blibli. Di sini kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan untuk olahraga. Mulai dari pakaian jogging, topi, sepatu olahraga, sepeda, gym ball, swimsuit, treadmill hingga fitness tracker. Yuk tetap sehat di masa pandemi dan stay safe, Blibli Friends!

LENGKAPI PERLENGKAPAN OLAHRAGA KAMU DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY