Jaga Kesehatan Jantung dengan Kebiasaan Sederhana Ini

Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, penyakit jantung sebenarnya bisa diantisipasi dengan memulai kebiasaan sehat. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terkadang sederhana; hanya perlu dilakukan secara sadar dan konsisten. Apa saja? Cek contohnya berikut ini:

Rajin berjalan kaki

Photo by Unsplash

Tahukah kamu bahwa mereka yang jarang beraktivitas fisik cenderung lebih rentan terkena penyakit jantung? Karenanya, usahakan untuk selalu melibatkan kegiatan fisik dalam rutinitasmu sehari-hari. Simpel saja, misalnya dengan lebih memilih berjalan kaki menaiki tangga dibandingkan naik eskalator. Jalan kaki, meski terdengar remeh, memiliki manfaat yang baik untuk memacu kinerja jantungmu.

REKOMENDASI WALKING SHOES NYAMAN NAN STYLISH

Tak sempat? Kamu bisa berinvestasi untuk kesehatanmu dengan menyediakan treadmill di rumah, untuk digunakan sepulang kerja. Never say never for your health!

TREADMILL ELEKTRIK MUDAH DIPASANG, POTONGAN HARGA MENARIK

Istirahat yang cukup

Photo by Unsplash

https://unsplash.com/photos/YyZFSb_U6N4

Jangan pernah meremehkan anjuran waktu tidur ideal 8 jam sehari. Kurang tidur diketahui bisa mengacaukan kerja sistem hormon, yang berisiko melemahkan kontrol hormon stres. Akibatnya tentu saja memicu peningkatan tekanan darah, gula darah dan denyut jantung. Kurangi kebiasaan bergadang mulai dari sekarang, deh!

Ukur berat badan dan tekanan darah secara berkala

Photo by Unsplash

Obesitas berisiko memicu timbulnya gangguan jantung dan stroke. Begitupun dengan tekanan darah yang tidak stabil, yang seringkali dikaitkan sebagai gejala awal timbulnya penyakit jantung. Untuk tes harian, kamu bisa kok memeriksa sendiri dengan bantuan alat cek tekanan darah otomatis yang banyak tersedia secara online. Meskipun begitu, jangan lupa untuk lakukan check up secara rutin dengan dokter profesional ya untuk tahu feedback-nya!

TENSIMETER DIGITAL PRAKTIS DAN AKURAT, CEK DI SINI

Batasi konsumsi daging olahan

Photo by Unsplash

Daging olahan umumnya erat dengan kadar garam tinggi, yang memicu peningkatan tekanan darah. Dibandingkan konsumsi daging berlebihan, lebih baik alihkan porsimu ke ikan-ikanan segar. Seperti salmon, misalnya, yang mengandung lemak tak jenuh dan kaya akan omega-3. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan omega-3 dan DHA yang baik bagi jantung dengan konsumsi suplemen tambahan.

REKOMENDASI SUMPLEMEN UNTUK PERLINDUNGAN KOLESTEROL JAHAT, BAIK UNTUK JANTUNG

Perbanyak buah dan sayuran

Photo by Unsplash

Yang satu ini mungkin tak hanya baik untuk jantung, namun juga kesehatan tubuh secara umum. Namun, vitamin dan nutrisi yang dikandung memang sangat baik untuk memerangi penyebab gangguan jantung. Cari tahu buah dan sayur apa saja yang baik untukmu, dan pelajari bagaimana cara mengolahnya agar kamu tak jenuh mengonsumsinya.

Malas untuk pergi belanja ke supermarket? Tak perlu khawatir, sebab di situs belanja online seperti Blibli.com kamu bisa membeli buah dan sayuran segar dengan mudah via Bliblimart. Gratis ongkir, dan bisa dikirimkan di hari yang sama pula! Tak ada alasan deh, untuk tidak mencoba konsumsi makanan sehat. Semoga bermanfaat!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

Latest posts by Rio (see all)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY