Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Kalimantan
Sumber: kompas.com

Sama halnya dengan provinsi lainnya di Indonesia, Kalimantan memiliki banyak keistimewaan yang begitu unik. Mulai dari lahannya yang luas hingga keberadaan orang utan yang bahkan menjadi salah satu kebanggan Kalimantan. Budaya serta bahasa daerah Kalimantan juga sangat menarik untuk dipelajari. Nggak heran, banyak orang yang menjadikan Kalimantan sebagai destinasi liburan untuk menghilangkan kepenatan rutinitas.

Terlepas dari keunikan budayanya, Kalimantan juga kaya akan makanan khasnya yang begitu lezat. Bahkan, ada makanan khas Kalimantan yang hanya bisa ditemukan di kampung halamannya. Sebagai pecinta kuliner, makanan khas Kalimantan tentu tak boleh kamu lewatkan saat liburan, ya! Di antara banyaknya makanan khas yang ada, berikut beberapa di antaranya yang wajib dicoba.

BACA JUGA: Cara Membuat Soto Ayam Kuah Bening yang Lezat

______________________________________

1. Soto Banjar

Sumber: beritagar.id

Nggak mau kalah dengan daerah di Pulau Jawa, Kalimantan juga punya olahan soto khasnya, yakni Soto Banjar. Cita rasanya pun boleh diadu. Ciri khas Soto Banjar terletak pada kuahnya yang begitu kenyal dengan warna agak keruh. Jika soto biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat, Soto Banjar umumnya dihidangkan dengan ketupat beserta suwiran ayam dan perkedel. Namun, Blibli Friends tetap bisa request sepiring nasi saat menikmati makanan satu ini. Makanan populer satu ini juga mulai bermunculan di daerah lain di luar Kalimantan, lho.

2. Patin Baubar

Sumber: kulinerkota.com

Sesuai dengan mamanya, ikan patin menjadi bahan dasar dari makanan khas satu ini. Setelah dibersihkan, ikan patin selanjutnya dicampur dengan aneka rempah-rempah yang membuatnya begitu lezat dan aromatik. Proses memasaknya cukup unik, yakni dibakar pada sebuah tungku. Meski terkesan jadul, proses inilah yang membuat cita rasa patin baubar siap memanjakan lidah kamu. Menikmatinya dengan sepiring nasi hangat akan membuat kamu kenyang dan jatuh hati saat itu juga!

3. Kelepon Martapura

Sumber: beritagar.id

Blibli Friends tentu pernah dong menikmati kelepon? Nah, di Kalimantan juga ada kelepon yang begitu khas dan biasa disebut dengan kelepon Martapura. Berbeda dengan kelepon yang biasa kamu nikmati, kelepon ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dengan ukuran yang juga lebih kecil. Saking lezatnya, untuk bisa menemukan kelepon martapura di Kalimantan bukanlah persoalan yang sulit. Nikmati kelepon martapura saat kamu ingin menikmati kudapan ringan khas Kalimantan.

4. Ketupat Kandangan

Resep Ketupat Kandangan Khas Kalsel - Masak Apa Hari Ini?
Sumber: masakapahariini.com

Bisa dibilang, makanan khas satu ini begitu mirip dengan Soto Banjar. Bedanya, ketupat Kandangan memiliki kuah yang terasa lebih keruh. Untuk membuatnya lebih nikmat dan gurij, ketupat kandangan ini juga diberi tambahan santan. Variasi lauknya juga sangat beragam, kamu bisa menikmatinya bersama dengan olahan ikan atau telur. Meski tekstur ketupatnya lebih keras, namun hal itu malah membuatnya semakin lezat, lho. Nggak percaya? Buktikan sendiri dan cicipi makanan satu ini.

5. Mandai

Borneo24.com
Sumber: Borneo24.com

Jika kamu penggemar gudeg, pastikan kamu juga mencicipi mandai. Bisa dibilang, mandai adalah gudeg-nya Kalimantan. Meski serupa namun mandai menggunakan cempedak sebagai bahan dasarnya alih-alih nangka seperti gudeg. Untuk membuatnya semakin lezat dan khas, cempedek tersebut terlebih dahulu diawetkan selama beberapa hari. Semakin lama diawetkan, cita rasanya semakin lezat, lho. Sebelum digoreng atau dibakar, cempedak yang telah diawetkan terlebih dahulu diberi campuran rempah. Wah, bisa dibayangkan kelezatannya, ya.

______________________________________

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Timur, Wajib Kamu Kunjungi!

Meski merupakan makanan khas Kalimantan, Soto Banjar, patin baubar, kelepon martapura, ketupat kandangan, dan mandai bisa lho kamu nikmati saat ini juga. Bagaimana caranya? Sangat mudah, cukup buka laman Blibli sekarang juga. Selanjutnya, pilih mana makanan khas yang akan kamu coba dan tunggu makanan tersebut dikirimkan ke rumah kamu, ya Friends!

TEMUKAN KULINER TRADISIONAL FAVORITMU DI GALERI INDONESIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY