Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Timur, Wajib Kamu Kunjungi!

Via Indonesia Kaya

Bapak Presiden kita sudah mengumumkan nih bahwa Ibu Kota selanjutnya adalah di Kalimantan Timur. Sebagai warga Indonesia perlu ketahui nih bahwa ternyata banyak banget tempat wisata di sana yang patut kalian kunjungi. Penasaran dong apa aja? Simak lebih lanjut artikel ini yuk!

Pulau Derawan 

Photo by gagegojamannow.blogspot.com

Keindahan Pulau Derawan sudah tidak asing oleh wisatawan lokal maupun asing. Terletak di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Dewaran dikelilingi oleh 31 pulau-pulau cantik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Jangan khawatir untuk bermalam di mana, karena di sekitar pulau Derawan banyak banget pilihan penginapannya.

Hal utama yang membuat pesona pulau Derawan memikat mata para wisatan adalah kecantikan bawah laut yang sangat eksotis. Hamparan pasir putih nan lembut membuat siapapun yang mengunjungi pulau Derawan betah. Aktivitas yang jelas bisa kalian lakukan sambil menambah wawasan, kalian bisa mengetahui konservasi penyu dan budidaya tambak. Namun tetap berhati-hati ya karena masih banyak hewan liar yang berkeliaran.

SEDIAKAN SUNBLOCK SEBELUM SNORKELING DI PULAU DERAWAN

Labuan Cermin

Photo by Indonesia Kaya

Permukaan air pada Labuan Cermin sangat jernih dan bening sehingga disebut seperti cermin. Beberapa faktor diantaranya yang membuat perairan pada Labuan Cermin sangat jernih karena memiliki lapisan yang dapat membuat cahaya matahari memantul dan uniknya lagi, memiliki rasa asin ketika mengecap air dari permukaan danau dibandingkan dasar danau yang memiliki rasa lebih tawar.

Berlibur ke Kalimantan Timur tanpa mengunjungi Labuan Cermin rasanya kurang afdol. Apalagi sekitar Labuan Cermin masih dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun membuat suasana sangat teduh. Buat kamu yang suka aktivitas air bisa snorkeling di perairan Labuan Cermin.

SUNGLASSES AGAR TERLINDUNGI DARI TERIKNYA SINAR MATAHARI

Taman Nasional Kutai

Photo by Warta Wisata

Salah satu ikon Kalimantan Timur yaitu Taman Nasional Kutai. Kamu bisa melihat pohon Ulin yang tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia. Di lingkungan Taman Nasional Kutai juga banyak menjumpai flora langka seperti tumbuhan Gaharu, Kantong Semar, dan juga Anggrek.

Di lingkungan hutan Taman Nasional Kutai memiliki sekitar 80% dari seluruh jenis burung di Borneo dan lebih dari 80 jenis mamalia Borneo termasuk Orangutan (Pongopygmaeus).

KE TAMAN NASIONAL KUTAI PERLU PAKAI SEPATU YANG NYAMAN

Mulawarman Museum

Photo by Warta Wisata

Selain wisata alam nya yang sangat memiliki ikonik di Kalimantan Timur, wisata bangunan tua seperti Mulawarman Museum juga patut kamu kunjungi. Singkat cerita bangunan ini merupakan bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang didirikan pada tahun 1932. Pada area depan Mulawarman Museum terdapat duplikat patung Lembuswana sebagai lambang Kerajaan Kutai Kartanegara.

Mulawarman Museum memiliki koleksi kurang lebih 5.373 buah koleksi diantaranya koleksi geologi, biologika, seni rupa, teknologika, dan masih banyak lagi. Seluruh koleksi dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, kulit kayu, kain, kuningan, besi dan sebagainya.

ABADIKAN MOMEN DI MULAWARMAN MUSEUM DENGAN KAMERA MIRRORLESS

Samarinda Islamic Center Mosque

Photo by SIMAS KEMENAG

Masjid termegah dan terbesar kedua di asia tenggara menjadi ikonik kota Samarinda. Selain menjadi pusat ibadah umat muslim, masjid Samarinda Islamic Center menjadi pusat peradaban dan wisata juga. Saking megah nya masjid tersebut, area perkomplekan masjid ini terdiri dari beberapa bangunan diantaranya 2 rumah penjaga masjid, 2 rumah imam, gedung asrama putra-putri masing-masing 2 lantai dan gedung serbaguna.

OOTD-an DI SAMARINDA ISLAMIC CENTER MOSQUE DENGAN TOPI INI!

Kaniungan-besar

Photo by Wisatasia

Pulai Kaniungan-besar terletak di Biduk-biduk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Kaniungan terbagi menjadi 2 yaitu Kaniungan-besar dan Kaniungan-kecil dan maisng-masing pulau masih terjaga banget loh keasriannya. Luas pulau Kaniungan-besar hampir serupa dengan Pulau Derawan.

Konon Pulau Kaniungan-besar salah satu pulau impian para diver dan pecinta macro underwater photography karena koral-koral laut dan sebagainya sangat cantik di dasar lautnya. Masyarakat daerah sana memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan beberapa memproduksi minyak goreng berasal dari kelapa atau di sebut Kopra. Di pulau Kaniungan-besar memiliki 2 resort untuk kamu bermalam dengan pemandangan langsung berhadapan dengan pulau yang sangat cantik ini.

PAKAI TAS YANG MUAT BANYAK SAAT PERGI KE PULAU KANIUNGAN-BESAR

Kebayang dong seberapa cantik dan indah nya tempat-tempat wisata di Kalimantan Timur ini? Gak sabar? pasti gak sabar dooong! Pokoknya segala jenis perlengkapan kamu travel hingga tiket pesawat buat kamu ke Kalimantan Timur bisa langsung beli di Blibli.com. Nikmati juga yuk cicilan 0% dan gratis ongkos pengiriman. Pokoknya apasih yang gak buat Blibli Friends #KarenaKamuNomor1 #BlibliSekarang

BELI TIKET PESAWAT LIBURAN KE KALIMANTAN TIMUR DI BLIBLI.COM

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY