Daftar Makanan Enak di Bali, Jangan Sampai Kelewatan

makanan enak di bali
Image Source: trevallog.com

Makanan Enak di Bali — Pulau Bali memang seakan nggak kehabisan pesona. Nggak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, Pulau Dewata ini juga menyajikan keindahan kebudayaan lokal yang eksotis. Berlibur ke Bali pastinya kurang terasa lengkap kalau kamu belum mencicipi aneka kuliner khas Bali.

Walaupun pulau ini berhiaskan restoran bintang lima dan bar mewah, tetap nggak ada yang bisa mengalahkan sensasi lezatnya berkuliner lokal, lho. Ingin tahu apa saja makanan enak di Bali? Yuk, simak ulasan lebih lengkapnya di sini.

BACA JUGA: INSPIRASI REFRESHING SINGKAT DI BALI DAN LOMBOK

____________

  1. Bebek Betutu

Sudah pernah coba bebek betutu? Kalau belum, Blibli Friends wajib coba nih! Bebek betutu adalah hidangan olahan dari daging bebek yang populer banget di Pulau Bali. Sajian ini diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan daging bebek yang juicy, gurih, dan kaya akan wangi rempah-rempah.

Proses memasaknya nggak main-main, bisa memakan waktu hingga 7 jam! Nggak heran kalau rasanya bisa surgawi banget. Bebek betutu jadi salah satu kuliner khas Bali yang paling banyak dicari para wisatawan. Rumah makan dan restoran yang jual hidangan olahan bebek ini kebanyakan berlokasi di kawasan Gianyar dan Gilimanuk.

  1. Nasi Tepeng

Kalau di daerah Jawa Timur dikenal dengan hidangan nasi campur buat sarapan, di Bali ada nasi tepeng. Nasi tepeng adalah jenis nasi yang disajikan bersama dengan aneka sayuran, ayam goreng, dan irisan telur. Nasi khas Bali ini juga kelihatan mirip dengan nasi gudeg, karena juga disajikan dengan nangka muda dan kacang merah.

Nasi tepeng biasanya punya tekstur nasi yang lembek. Tapi, sama sekali nggak bikin eneg. Penyajian yang menggunakan daun pisang yang harum juga bikin nafsu makan meningkat. Menu nasi tepeng banyak banget ditemukan di berbagai daerah di Bali. Soalnya, warga Bali sendiri suka banget menjadikan nasi tepeng sebagai menu sarapan pagi. Blibli Friends tertarik mencoba?

  1. Sate Plecing

Setiap daerah di Indonesia punya menu sate dengan ciri khasnya masing-masing. Bali pun demikian. Selain sate lilit, Bali juga punya sate plecing. Sate plecing biasanya terbuat dari 2 jenis daging, yaitu daging ayam dan daging babi. Buat Blibli Friends yang beragama Islam, sebaiknya tanyakan dulu kepada penjual, ya. Yang bikin sate plecing unik terletak pada bumbunya. Ya, sate ini nggak disajikan dengan bumbu saus kacang layaknya sate di Pulau Jawa.

Bumbu sate plecing terbuat dari campuran terasi, jeruk limau, cabai, garam, gula, dan tomat. Buat kamu yang ingin menikmati unik dan lezatnya sate ini, bisa mengunjungi salah satu lokasi warung sate plecing di kawasan Denpasar Utama. Sate Plecing Arjuna memang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Kabarnya, sate plecing yang dijual di rumah makan tersebut adalah yang terbaik di Bali, lho.

  1. Lawar

Lawar adalah salah satu jenis lauk pauk sayur yang banyak dikonsumsi oleh Bali. Bisa dibilang, lawar adalah versi lain dari lauk urap-urap di Tanah Jawa. Basically, lawar terdiri dari sayuran segar yang dicampur dengan kelapa parut. Kelapa parut tersebut tentunya sudah dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Mirip banget, kan? Tapi, bedanya lawar juga diberi campuran daging cincang. Gurihnya yang menggoyang lidah dijamin bikin kamu ketagihan.

  1. Nasi Campur Bali

Bicara tentang makanan enak di Bali, kamu jelas nggak boleh melewatkan Nasi Campur Bali. Seperti namanya, hidangan satu ini terdiri dari nasi putih dan beberapa campuran lauk. Meski banyak versinya, tapi yang paling basic adalah 5 jenis lauk super nikmat khas Bali, yaitu jukut urap yang terdiri dari kacang panjang dan beberapa jenis sayuran rebus dengan bumbu kelapa parut, sate lilit, sambal matah, ayam suwir, dan teri kacang.

Biasanya kamu juga bisa menambah berbagai jenis lauk yang tersedia. Untuk kamu yang bisa mengonsumsi makanan non halal, wajib banget mencoba Nasi Campur Bali dengan crispy pork skin yang rasanya super gurih dan renyah!

____________

BACA JUGA: TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJINGI DI BALI

Itu dia daftar makanan enak di Bali. Berhubung masih masa pandemi, sebaiknya tahan diri dan bikin saja hidangan Bali di atas di rumahmu sendiri, ya! Kamu bisa beli berbagai bahan buat memasak masakan khas Bali di Blibli.

Atau buat kamu yang mager, masih bisa kok menikmati hidangan nasi campur Bali tanpa harus masak. Caranya dengan pesan di Festival Nasi Online bareng Tirta Lie tanggal 19-28 Oktober 2020. Festival Nasi Online ini terbesar dan pertama di Indonesia, lho. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak nyicipin satu hidangan nasi nusantara yang ditawarkan di sana.

Penasaran? Yuk langsung klik di sini: Festival Nasi Online Tirta Lie

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY