Mainan Kucing yang Menghibur sekaligus Melatih Motorik

mainan kucing

Mainan Kucing – Kucing sama seperti manusia, yang perlu tetap aktif, baik secara fisik dan mental. Makanya, olahraga penting buat kucingmu, untuk menyehatkan fisik dan mentalnya. Sebab, aktivitas tersebut bisa menghilangkan stres dan kebosanan, meningkatkan sirkulasi, membentuk otot, serta mencegah kucingmu dari bertingkah nakal. Mainan merupakan salah satu media terbaik untuk membuatnya tetap aktif.

Dengan mainan, maka dia akan selalu aktif dan bergerak. Mainan ini juga dapat memudahkannya, dalam menyalurkan insting alami mereka, untuk mengendap-endap dan mengejar mangsa, seperti ketika mereka tinggal di alam liar. Blibli Friends juga bisa ikutan aktif saat bermain dengan si kucing. Sekarang, saatnya kamu pelajari fungsi mainan kucing dalam ulasan selengkapnya. Let’s go!


Baca juga: Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Fungsi Mainan Kucing

Berikut fungsi mainan kucing untuk kesehatan kucingmu:

  • Menjadi aktivitas olahraga

Kucing menghabiskan 67% waktu mereka sehari-hari untuk tidur. Seringkali, kamu sebagai manusia mengira kalau mereka memang suka bermalas-malasan seperti itu. Padahal, nggak, lho. Sebab, kalau kamu membiarkan kucing seperti itu, maka bisa saja meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Nah, mengajak kucing bermain bisa menurunkan semua risiko kesehatan tersebut. Kucingmu juga jadi melakukan aktivitas selayaknya olahraga!

  • Menghilangkan kebosanan

Secara alamiah, kucing selalu merasa penasaran dan ingin tahu. Makanya dia suka jalan-jalan berkeliling di sekitar rumah. Tanpa adanya stimulasi untuk memenuhi rasa penasarannya tersebut, bisa saja si kucing merasa depresi dan lesu. Lalu, ini akan mempengaruhi perilakunya. Biar kucingmu nggak murung, kamu bisa beri dia mainan. Dia akan bermain dengan seru dan playful, si kucing pun senantiasa cerah ceria. 

  • Meredakan stres dan kegelisahan

Stres dan kegelisahan juga nggak bagus buat kucing, seperti halnya pada manusia. Kucing bisa merasakan emosi seperti ini saat dia menghadapi situasi yang asing baginya. Misalnya, si kucing dikenalkan ke teman barunya sesama kucing, atau dia diajak ikut pindah rumah. Mainan bisa membantu mengalihkan perhatiannya dari rasa yang nggak nyaman ini. Bisa juga membantunya agar lebih percaya diri di lingkungan yang baru dikenalnya.

  • Memperkuat ikatan emosional

Seperti yang disebutkan tadi, beberapa kucing merasa gelisah saat dia bertemu kawan baru. Kadang, tercipta ketegangan di antara mereka, bahkan sampai saling mencakar. Untuk mengatasi situasi seperti ini, coba berikan mainan kepada kucing-kucing kamu. Biarkan mereka bermain saja daripada berantem. 

Mainan nggak hanya menghilangkan kecurigaannya terhadap teman baru, tapi juga bisa menciptakan ikatan emosional mereka, karena mereka sadar kalau sekarang mereka tinggal bersama. Begitu kucing-kucingmu terbiasa satu sama lain, karena sering main bareng, mereka bakal merasa familiar dan lama-lama saling mengenal masing-masing.

  • Membangun rasa percaya diri

Beberapa kucing, terutama yang baru saja diadopsi, biasanya malu-malu. Sikap mereka ini, bahkan bisa membuat mereka enggan bersosialisasi dengan orang yang mengasuh mereka, dan juga teman-teman kucing lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengajaknya bermain dengan mainan kucing. 

Ajak si kucing bermain di ruangan yang tenang sekitar lima belas menit setiap hari. Nggak perlu memaksa mereka. Tunjukkan saja mainannya lalu biarkan mereka mendekat sendiri karena penasaran. Lama-kelamaan, insting bermain si kucing bakal muncul. Lalu, dia akan terbiasa bermain-main sekaligus merasa semakin percaya diri.

Cara Memilih Mainan Kucing yang Aman

Memilih mainan kucing yang tepat bisa menjaga keamanan dan kenyamanan kucingmu. Berikut cara dan tips memilih mainan kucing:

  • Memilih mainan yang asyik untuk kamu dan kucingmu

Salah satu hal yang paling seru dari mainan kucing adalah membangun ikatan di antara kalian. Memang kucing dikenal sebagai hewan penyendiri. Namun, dia pasti mau kalau kamu ajak main bareng. Jadi, beli mainan yang bisa kamu mainkan bersama. Mainan ini harus fun buat kamu sendiri dan si kucing. Sebab, kalau nggak, maka kamu sendiri nggak akan bisa menikmati aktivitas bermain tersebut. Hmm, menarik ya!

  • Perhatikan kualitas mainan agar awet

Sama seperti membeli mainan untuk anak-anak. Pasti, kamu senang kalau kamu bisa beli mainan yang terjangkau, tapi berkualitas. Mainan yang tidak rapuh apalagi kalau dimainkan setiap hari. Jadi, kualitas mainan sangat penting, terutama seperti bahan dan desainnya. Selain seru dimainkan, pastikan kalau bahannya nggak mudah rusak.

  • Pilih mainan yang bisa memberikan stimulasi

Salah satu hal penting dari bermain bersama kucing adalah kamu perlu membiarkan kucingmu menggunakan insting alaminya. Menurut sejumlah penelitian tentang perilaku hewan, kucing dan anjing yang mampu menunjukkan insting alami mereka, bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mentalnya. 

Nah, mainan yang membuatnya mengejar dan menerkam, bakal menghibur banget. Mainan ini juga menjadi stimulasi yang memudahkannya untuk menjadi dirinya sendiri.

  • Cari mainan yang bisa mengeluarkan suara

Seringkali, kucing lebih menyukai stimulasi visual. Jadi, mereka suka dengan apa yang bisa dilihat. Tapi, kucing juga akan merasa tertarik dengan suara. Maka dari itu, carilah mainan yang bisa mengeluarkan suara. Dia pasti bergembira dan semangat banget kalau bisa memainkannya. Mainan yang bisa bersuara ini terasa seru banget bagi dia loh. 

  • Memastikan mainan tersebut aman

Jadi, kucing itu suka mengunyah, menggigit dan merobek suatu barang. Mainan yang terdiri dari bagian-bagian atau potongan-potongan kecil, bisa mudah lepas dan tercerai berai. Kamu pasti gamau kan mainan tersebut tertelah oleh kucingmu. Jadi, hindari mainan seperti ini. Sementara, mainan yang kuat pun bisa menurun fungsinya seiring waktu berlalu. 

Jadi, selalu cek mainan kucingmu untuk menjaga kondisinya. Periksa apa mainannya robek atau rusak. Kalau sudah nggak yakin, dibuang saja dan biarkan kucingmu bermain tanpa mainan untuk sementara. 

Kapan Kucing Bisa Diajak Bermain?

Dengan membuat jadwal bermain yang tepat, maka kamu dan kucingmu bisa melakukan aktivitas ini dengan lebih nyaman. Si kucing juga bisa lebih aktif bergerak dan berolahraga. Berikut waktu-waktu yang pas untuk mengajak kucingmu bermain:

Saat pagi buta dan sore ketika senja – Kucing paling aktif saat subuh dan senja. Jadi, kalau kamu mengajaknya bermain di waktu-waktu ini, mereka pasti bakal lebih senang dan semangat. 

Siang hari sebelum makan siang – Kucing juga aktif banget di siang hari, sekitar di waktu mereka makan siang. Menurut Dr. Carol Osborne, dokter hewan di Chagrin Falls Veterinary Center & Pet Clinic di Ohio, mengajak kucing bermain sebelum mereka makan siang, bisa meningkatkan nafsu makannya. Kalau kamu biasakan si kucing bermain sebelum makan siang, dia akan hafal sendiri, kapan waktunya dia makan dan mengikuti jadwalnya tersebut.

Rekomendasi Mainan Kucing Terbaik dan Cara Memainkannya 

Manjakan kucingmu dengan mainan kucing terbaik agar dia senang dan gembira. Berikut rekomendasi mainan kucing buat kamu:

MAINAN KUCING CAT TEASER MAINAN KUCING PANCINGAN
MAINAN KUCING CAT TEASER MAINAN KUCING PANCINGAN

Mainan lucu berupa pancingan dengan ujung yang merupakan boneka berbentuk tikus. Tali pancingan ini berbahan karet sehingga bisa memantul. Kucing kamu pasti bakal suka.

OEM Kucing Tikus Remote Mainan Anak
OEM Kucing Tikus Remote Mainan Anak

Sepasang mainan berbentuk tikus yang menarik untuk si bulu. Mainan ini berisi catnip untuk membantu kucingmu melepaskan stres. Jadi, dia bisa bersenang-senang dengan mainannya.

Mainan kucing Rumput kucing
Mainan kucing Rumput kucing

Mainan 3 in 1 yang terbuat dari bahan bebas BPA. Rumput kucing bisa merangsang pencernaan kucing. Mainan ini juga tidak akan berantakan. Mengandung vermikulit sebagai pengganti tanah. Vermikulit rapi dan mudah dirawat.

Cat Toys Stick Bulu Rainbow Mainan Kucing Stik Bulu Warna
Cat Toys Stick Bulu Rainbow Mainan Kucing Stik Bulu Warna

Mainan tongkat bel lonceng bulu. Bulunya banyak tidak hanya sehelai atau dua helai. Tingkatnya juga panjang, sehingga kamu bisa bermain sambil duduk di sofa. Bahannya dari serat-serat bulu yang lembut.

Mainan Kucing Triangular Ball
Mainan Kucing Triangular Ball

Mainan berbentuk segitiga dengan tiga tingkat dan di setiap tingkatnya terdapat bola yang bisa memutari segitiganya. Bahannya dari plastik yang kaku, kuat dan aman. Mudah merangkainya dan mainannya fun.

Garukan Bola Mainan Kucing
Garukan Bola Mainan Kucing

Garukan sekaligus mainan bola ini bentuknya seperti tabung dengan dua lubang panjang di sisinya, berisi tiga bola yang sangat disukai kucing. Bahannya yaitu serat tambang. Ukuran panjang 28 cm dan lebar 7 cm.

Mainan Kucing Roller Circuit Large
Mainan Kucing Roller Circuit Large

Mainan kucing berupa roller sirkuit. Desainnya lucu dan menyenangkan. Bahannya plastik yang kuat, awet dan berkualitas. Isinya ada 8 track circuit, manual book dan mainan ini berukuran large.

Catnip Ikan Catmint Fish Mainan Kucing Cat Toys Gigitan Kucing Ikan
Catnip Ikan Catmint Fish Mainan Kucing Cat Toys Gigitan Kucing Ikan

Boneka ikan dengan bahan berisi catnip. Desainnya menyerupai bentuk ikan. Kucing bakal senang bermain dan merasa rileks, karena ada catnip di dalam mainan ini. Ukurannya sekitar 20 cm.

Coamo Triangle Cat Toys Mainan Kucing
Coamo Triangle Cat Toys Mainan Kucing

Mainan ini didesain dengan bentuk segitiga, untuk membuat kucingmu lebih aktif dan lincah. Bahannya berupa plastik dan bulu yang aman untuk si kucing. Desainnya berbentuk segitiga yang dilengkapi per dengan bulu di ujungnya.

Mainan Kucing Lorong
Mainan Kucing Lorong

Mainan ini berupa lorong yang cerah ceria warnanya, dengan gantungan bola-bola di dalamnya. Bahannya plastik dan kain elastis yang kuat, nyaman dan aman. Si kucing akan suka berguling-guling di dalamnya.

Kamu bisa memilihkan mainan kucing terbaik buat kucingmu. Dia pasti makin senang dan gembira begitu ada mainan di rumah. Aktivitasnya bermain bersamamu jadi semakin seru. Kucingmu juga akan semakin sehat, baik dari segi fisik dan mentalnya.


Baca juga: Yuk, Waspadai Penyebab Mata Kucing Berair Ini

Sayangi kucingmu dengan mengajaknya bermain tiap hari. Sebab, bermain bisa menambah keseruan aktivitas si kucing. Apalagi, jika mainannya asyik dan mudah dimainkan, kucingmu pasti menyukainya. Kamu bisa beli mainan kucing apa saja di Blibli! Pilihannya sangat lengkap. Terus, selalu ada diskon sehingga harganya makin terjangkau. Banyak promo juga, lho. Kamu bisa sekalian belanja perlengkapan kucing lainnya. 

Temukan Berbagai Mainan Kucing Seru Lainnya Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY