Yuk, Waspadai Penyebab Mata Kucing Berair Ini

Penyebab Mata Kucing Berair
Source by theconversation.com

Penyebab Mata Kucing Berair — Kucing yang sehat pastinya bikin kamu sebagai sang owner juga ikut happy. Apalagi, kalau kamu melihat kedua mata si meong yang besar dan bikin gemas. Tapi, ada kalanya kamu mendapati mata kucingmu berair. Mau nggak mau, kamu pasti merasa khawatir. Apalagi, kalau air yang keluar dari mata sedemikian banyak hingga bikin kotoran menempel di pelupuk mata si meong. Kalau kamu jadi khawatir dengan kesehatan kucingmu, itu memang tepat.

Ada banyak banget penyebab mata kucing berair, dan sebagian memang disebabkan oleh penyakit. Tapi, kamu nggak perlu khawatir atau takut sampai membuang si meong. Soalnya, kucingmu tetap punya peluang yang besar buat sembuh. Semuanya bergantung dari ketelatenanmu dalam merawatnya, Blibli Friends. Makanya, yuk simak ulasan penyebab yang bikin mata si meong jadi berair berikut ini.

BACA JUGA: Jenis Ras Kucing yang Populer di Indonesia

_________________________

  1. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Jenis kucing berhidung pesek seperti peaknose memang punya kecenderungan mata yang berair. Semakin pesek hidung si meong, semakin besar pula resiko dia terkena mata berair. Soalnya, hal tersebut disebabkan kelainan morfologi yang bikin hidungnya melesak masuk dan menekan kelenjar air mata kucing. Ras kucing yang memiliki kondisi morfologi ini disebut dengan brachycephalic.

Akibatnya, kelenjar air mata kucing pun jadi aktif mengeluarkan air mata dan bikin mata kucing jadi berair. Ada kalanya, air mata itu memunculkan noda pada area sekitar mata dan hidung kucing. Ingin punya kucing peaknose? Kamu harus rajin-rajin banget buat membersihkan matanya. Supaya, mata si meong nggak terkena infeksi gara-gara kotoran yang menumpuk.

  1. Luka Gores di Mata

Ini sering banget terjadi kalau kucingmu adalah kucing jantan dan nggak disteril. Kucing jantan yang nggak disteril memang punya kecenderungan buat berantem dengan kucing-kucing liar. Seringkali, dalam pertarungan itu mata kucing terkena cakaran kucing lain. Sehingga, hal tersebut bikin matanya terkena iritasi dan mengeluarkan banyak banget air mata.

Air mata itu ditujukan untuk meredakan rasa perih yang dialami oleh si meong. Selain itu, kucingmu juga kelihatan memicingkan mata atau bahkan nggak bisa membuka matanya. Kalau itu cuma luka goresan ringan sih, biasanya bakal sembuh dengan sendirinya. Tapi, bisa jadi luka itu memicu infeksi mata yang pastinya bakal membahayakan si meong. Makanya, ada baiknya kamu bawa dia ke dokter hewan, ya!

  1. Kucingmu Terkena Flu

Kucing juga bisa kena flu, lho. Beda dari manusia, penyebab flu pada kucing disebabkan oleh Feline Herpesvirus atau Calicivirus. Keduanya nggak menular ke manusia, ya. Tapi, virus ini bisa dengan mudah menular ke kucing. Jadi, Blibli Friends yang punya kucing banyak sebaiknya waspada. Salah satu gejala flu kucing yang paling umum adalah mata yang berair. Selain itu, kucingmu juga bersin-bersin dan mengeluarkan ingus dari hidungnya. Ada kalanya, si meong jadi terkena demam dan kehilangan nafsu makan. Kucing yang sudah terkena flu harus dikarantina di ruangan tersendiri, ya. Selain itu, pemberian vitamin kucing bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh si meong. Dengan begitu, kucingmu pun jadi lebih cepat sembuh.

_________________________

BACA JUGA: Daftar Vaksin Kucing yang Wajib Diberikan

Itulah beberapa  penyebab mata kucing berair yang penting banget buat Blibli Friends ketahui. Kamu bisa membersihkan mata si meong dengan menggunakan kapas bersih atau handuk lembut. Toko online Blibli ini juga tawarkan banyak banget produk vitamin kucing yang berguna buat meningkatkan kekebalan tubuh si meong. Kamu jadi bisa menjaga si meong dari terserang penyakit yang disebabkan oleh virus. Harganya yang terjangkau juga bisa jadi lebih murah dengan memanfaatkan promo. Semua proses transaksi bisa kamu lakukan cukup lewat perangkat smartphone. Hemat dan praktis banget, kan?

BELI MAKANAN KUCING TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY