me

10 Macam Teknik Olahraga Selancar dan Manfaatnya!

Mar 27, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

image source: thehealthjournals.com

PROMO NBA Indonesia

Ingin mencoba olahraga air? Ada banyak macamnya, salah satunya adalah selancar. Meski kelihatannya gampang, nggak semua orang bisa melakukan olahraga selancar ini. Karena olahraga air satu ini termasuk ekstrem dan membutuhkan mental yang besar serta teknik tertentu untuk melakukannya.

Dalam praktiknya, olahraga selancar memerlukan papan khusus untuk melakukan berbagai manuver keren di atas ombak. Karena inilah, banyak orang yang tertantang adrenalinnya untuk melakukan olahraga ini. Nah, kalau kamu ingin belajar surfing, kamu harus paham betul macam macam olahraga selancar dan teknik yang perlu dikuasai.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Ajarkan Anak Bermain Basket Sejak Dini


Macam-Macam Teknik Olahraga Selancar

Nggak hanya membutuhkan keberanian, olahraga surfing ini juga membutuhkan keterampilan yang bagus untuk melakukannya. Kalau kamu asal melakukannya tanpa arahan pelatih, sangat memungkinkan untuk terseret ombak. Karena itu, kamu harus mempelajari teknik macam macam olahraga selancar berikut.

1. Paddling

image source: pexels

Paddling ialah teknik dalam melakukan gerakan seperti mendayung di atas papan selancar yang berfungsi menangkap ombak. Kalau kamu ingin belajar teknik ini, caranya yaitu berbaring di atas papan selancar dengan posisi tengkurap dan kedua tangan mendayung. Ini bertujuan agar papan terbawa ke tengah pantai.

Ada hal yang harus diperhatikan saat belajar teknik ini, yaitu usahakan agar tubuh memperoleh posisi tubuh senyaman mungkin dan sejajar agar seimbang. Selain itu, sedikit melengkungkan tubuh ke bagian depan atas untuk memudahkan gerakan mendayung berikut oleh kedua tangan.

2. Popping Up

image source: pexels.com

Teknik selanjutnya yang perlu dipelajari adalah Popping Up yang merupakan teknik lanjutan dari Paddling. Gerakan pada teknik ini adalah serangkaian proses untuk berdiri setelah berbaring sambil tangan mendayung di atas papan.

Untuk melakukan teknik satu ini, kamu butuh kecepatan agar papan yang dinaiki nggak goyang-goyang. Agar otot tangan dan kaki kamu lebih terasa lemas serta nggak kaku buat menjaga keseimbangan, sebaiknya kamu latihan teknik Popping Up lebih dulu di atas pasir.

3. Stand Up

image source: pexels.com

Berikutnya adalah stand up yang merupakan teknik berdiri berada di atas papan selancar. Kelihatannya buat berdiri di atas papan memang nggak begitu sulit, tetapi sebenarnya sangat membutuhkan daya keseimbangan yang bagus supaya kamu nggak ikut tergulung ombak. Karena itulah, kamu nggak boleh melewatkan teknik stand up saat belajar surfing.

Untuk belajar keseimbangan berdiri, kamu dapat berlatih menyeimbangkan tubuh dulu di daratan yakni berdiri di papan di atas bola. Kunci utama agar kamu berhasil melakukan teknik satu ini adalah ketenangan, arahkan pandangan lurus ke depan, dan hindari berdiri dalam posisi tegak di atas papan.

4. The Hunchback

image source: pexels.com

Teknik hunchback sendiri adalah teknik yang digunakan dalam menjaga keseimbangan ketika berada di atas papan. Jika teknik ini sudah dikuasai, kamu nggak akan mudah jatuh saat terkena ombak atau rintangan lainnya.

Kalau kamu ingin belajar teknik hunchback, usahakan tubuh kamu agar sedikit membungkuk saat berdiri di atas papan surfing. Ini bertujuan menjaga keseimbangan pada diri dan mengendalikan ombak besar atau kecil dengan baik.

5. Duck Diving

Teknik yang nggak boleh ketinggalan buat dipelajari selanjutnya adalah duck diving yang seperti bebek menyelam. Teknik yang berikut ini akan memungkinkan kamu buat melewati ombak saat mengayuh keluar dengan mudah.

Ini dilakukan agar kamu terhindar dari kehilangan stamina akibat hantaman dari ombak yang menggulung. Jika stamina sampai hilang, maka kamu bisa saja malah terbawa ombak hingga ke tengah laut ataupun kesulitan kembali berdiri di atas papan.

6. Board Control

Kalau kamu sudah mampu menyeimbangkan tubuh di atas papan, kamu harus belajar board control. Ini adalah teknik yang dipakai untuk mengatur gerakan dari papan selancar sesuai arah yang diinginkan oleh surfer.

Teknik board control pun diperlukan saat melakukan maneuver-maneuver dalam olahraga berselancar. Saat belajar teknik berikut, dibutuhkan keseimbangan serta injakkan yang kuat dari kaki pada papan selancar sehingga akan stabil.

7. Memutar Papan

Gratis Man Surfing Di Siang Hari Foto Stok
image source: pexels.com

Dalam surfing, memutar papan juga termasuk salah satu teknik dasar yang penting untuk dikuasai. Memutar papan bisa dilakukan waktu tubuh kamu dalam posisi duduk di atas papan selancar sambil menendang kaki, lalu bersiap-siap melakukan kayuhan secepatnya.

Kayuhan tersebut harus dilakukan pada sapuan panjang dan juga dalam. Sewaktu ombak datang, kamu harus memastikan kalau tubuh pada posisi siap menangkap ombak untuk mendekati puncak ombak. Tujuannya adalah agar kamu terhindar dari gulungan ombak.

8. Menguasai Ombak

image source: pexels.com

Selain menguasai teknik di atas papan surfing, nggak kalah penting buat belajar menguasai tipe-tipe ombak. Lakukan kayuhan dari sudut sebelah kiri atau kanan jika ada gelombang miring dan tergolong ombak lemah. Kayuhan tersebut berfungsi supaya kamu tetap ada di depan ombak.

Sedangkan saat ada gelombang ekstrem, kamu harus ikut dropline datar mengikuti gelombang yang ada. Caranya, condongkan badan sebagai tumpuan berat ke arah gelombang untuk melakukan manuver ke air, sehingga papan akan terarah sesuai dengan keinginan kamu. Nah, gerakan dropline tadi juga bertujuan agar hidung nggak kemasukan air.

Tips & Teknik Olahraga Selancar untuk Pemula

Pemilihan Papan Selancar

Pemilihan Papan Selancar
freepik.com/author/rawpixel-com

Hal yang pertama banget wajib kamu tentukan adalah papan selancar. Sebagai salah satu peralatan olahraga air, kamu butuh papan selancar yang tepat dan sesuai untuk pemula. Nah, sebaiknya sebagai pemula kamu pakai papan surfing yang cukup lebar dan panjang.

Papan surfing yang lebar dan panjang ini bakal memudahkan kamu selama belajar untuk menjaga keseimbangan di atas air atau ombak nih. Nggak cuma itu, papan surfing ini juga bakal memudahkan kamu untuk mengendalikan tubuh saat berdiri di atas ombak. 

Pop Up

Pop Up
freepik.com/author/joselprietofoto

Nah, teknik dasar surfing yang wajib kamu kenal dan pahami salah satunya adalah pop up. Pop up adalah teknik tentang bagaimana kamu berdiri setelah melakukan paddling. Nah, gerakan ini harus dilakukan secara cepat lho. Kamu harus memposisikan tubuh kamu menghadap ke sisi samping.

Biasanya kaki kanan diletakkan di belakang papan surfing. Di sisi lain, kaki kiri diletakkan dekat tengah papan surfing kamu. Sebaiknya pelajari ini dengan baik ya, supaya kamu bisa lebih mantap berada di atas papan surfing.

Paddling

Paddling
freepik.com/author/alexeyzhilkin

Paddling adalah teknik tentang bagaimana kamu mendayung dengan benar di atas papan surfing. Biasanya paddling dilakukan supaya kamu bisa menangkap ombak saat ingin memulai surfing nih.

Cara melakukan paddling ini sebaiknya kamu pahami dengan baik ya. Caranya, posisikan badan kamu dengan keadaan berbaring tengkurap di atas papan surfing. Setelah itu, kedua tangan mengayuh atau mendayung ke air.

Ada tips penting nih saat kamu melakukan teknik paddling. Posisikan tubuh bagian depan kamu sedikit melengkung supaya gerakan mendayung bisa lebih mudah. 

Memutar Papan

Memutar Papan
freepik.com/author/kireyonok-yuliya

Teknik memutar papan ini dilakukan saat kamu sedang berada di atas papan selancar dalam posisi duduk. Caranya, tendang kaki kemudian bersiap-siap untuk mengayuh. Nah, setelah gelombang ombak datang, pastikan tubuh kamu sudah siap untuk menangkapnya. 

Posisi dan kondisi tubuh harus dipastikan benar-benar siap, supaya bisa menangkap ombak dan mendekati puncaknya tapi badan kamu nggak sampai tergulung. 

Stand Up

Stand Up
freepik.com/author/gabi-aymat

Teknik stand up termasuk salah satu yang sangat menantang nih, apalagi buat kamu yang masih pemula. Teknik ini adalah bagaimana kamu berdiri dengan tepat dan mantap di atas papan surfing. 

Nggak cuma asal berdiri lho, kamu butuh mengatur keseimbangan supaya nggak ikut tergulung dengan ombak. Supaya kamu bisa berdiri dengan mantap, fokuskan pandangan ke depan, tenang dan jangan berdiri terlalu tegak. Sebaiknya posisikan tubuh kamu sedikit melengkung ke depan supaya lebih seimbang. 

Manajemen Ombak

Manajemen Ombak
freepik.com/author/trphoto

Manajemen ombak ini penting supaya kamu bisa menghadapi ombak dengan tepat. Ketika kamu ingin mengendarai ombak, kamu harus tahu bagaimana kondisinya saat itu. Kalau ombak termasuk lemah dan miring, sebaiknya mengayuh dari sudut kanan atau kiri. Kayuhan ini bisa bantu kamu terus ada di depan ombak dan menggunakan energi gelombang.

Nah, kalau ternyata kamu dalam keadaan nggak aman atau terjatuh, jangan turun dari papan selancar maupun ke sisi samping atau belakang. Melompat dari papan surfing ke dalam laut justru berbahaya lho. 

Sebaiknya, setelah jatuh dari atas ombak, posisikan tangan dan lengan kamu di depan wajah dan di atas kepala. Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan hal buruk seperti papan surfing yang berbalik ke arahmu.

Hindari menyelam ketika melewati ombak besar. Sebaiknya ambil posisi guling kura-kura. Kamu bisa membalik papan surfing lalu posisikan tubuh di bawahnya. Posisi ini justru lebih aman daripada kamu menyelam. Tetapi, lebih baik kamu tetap mengusahakan supaya bisa terus berdiri. 

Hunchback

Hunchback
freepik.com/author/alexeyzhilkin

Teknik selanjutnya yang ada dalam olahraga surfing adalah hunchback. Teknik ini perlu kamu pahami supaya bisa menjaga keseimbangan dengan baik saat berdiri di papan selancar.

Ada tips selancar untuk pemula buat kamu nih, supaya teknik hunchback ini berhasil. Kamu perlu sedikit membungkukkan badan nih. Ini perlu banget dilakukan supaya bisa mengendalikan ombak dan keseimbangan kamu bisa lebih terjaga saat di atas papan surfing. 

Pemilihan Landmark

Pemilihan Landmark
freepik.com/author/freepik

Landmark atau batas selancar perlu banget kamu tentukan, karena biasanya peselancar pemula lebih mudah terbawa ombak. Maka dari itu, sebaiknya tentukan batas selancar ini di awal supaya kamu tetap dalam posisi yang aman. 

Posisi batas selancar terbaik ada di pinggir pantai. Sebaiknya hindari surfing keluar dari area pantai atau terlalu ke tengah. 

Board Control

Board Control
freepik.com/author/freepik

Teknik selanjutnya yaitu board control. Sesuai namanya, teknik board control penting untuk kamu pelajari supaya kamu bisa bermanuver di atas papan surfing saat berada mengikuti ombak. Bermanuver di atas ombak jadi bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh peselancar, dan ini bukan teknik yang mudah lho. 

Kamu perlu kekuatan otot yang baik supaya pijakan kaki cukup kuat dan seimbang. Ketika pijakan kaki sudah kuat dan seimbang, papan surfing kamu bisa meluncur dengan baik di atas ombak. 

Pemilihan Spot

Pemilihan Spot
freepik.com/author/freepik

Pemilihan spot surfing termasuk penting nih untuk peselancar pemula. Ini penting dilakukan untuk menyesuaikan tingkat kesulitan ombak di spot tersebut dengan kemampuan kamu. Kamu bisa menanyakan ke pelatih atau komunitas peselancar yang ada. 

Buat kamu yang masih pemula nih, sebaiknya pilih pantai yang punya ombak kecil, bergulung dan tenang. Kenapa memilih pantai yang seperti ini? Ini karena kamu masih dalam tahap belajar, jadi butuh banget pantai yang punya ombak lebih tenang supaya aman.

Manfaat Melakukan Olahraga Surfing

Nggak hanya seru dalam menantang adrenalin, olahraga selancar juga punya beragam manfaat buat kesehatan, loh. Penasaran apa aja manfaat olahraga selancar? Simak daftar ulasan di bawah ini:

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada saat belancar, otot bagian tubuh atas digunakan untuk mengayuh, di mana menurut Health Fitness Revolution ini adalah usaha yang menyehatkan jantung. Selain itu, berselancar dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung juga.

Menguatkan Otot Bahu dan Punggung

Sebelum berselancar di atas papan, kamu perlu mendayung lebih dulu untuk sampai ke tengah sehingga gerakan berikut akan menguatkan bahu. Sedangkan posisi telentang sembari berbaring telungkup berkali-kali akan menguatkan otot punggung.

Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat berselancar ini ternyata dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, loh. Suhu air laut lebih dingin jika dibandingkan suhu pada tubuh manusia. Sehingga menyebabkan tekanan air dingin dari laut dan berfungsi dalam meningkatkan nyeri kepala dan meredakan ketegangan.

Membakar Kalori

Saat berselancar, seluruh anggota tubuh akan melakukan kinerja maksimal, sehingga sangat efektif digunakan untuk membakar kalori. Dengan berselancar selama 30 sampai dengan 60 menit, kamu bisa membakar sekitar 130 hingga 260 kalori yang dilansir dari Vivida Lifestyle.

Menguatkan Tulang

Berselancar umumnya dilakukan di tempat terbuka, sehingga kamu akan terkena banyak vitamin D. vitamin ini sangat bagus untuk menguatkan tulang serta mengatur kalsium dan fosfor yang ada dalam darah. Tetapi sebaiknya jangan berlebihan, karena vitamin D berlebih dapat menyebabkan tubuh jadi lemas.


Baca juga: 5 Latihan Cara Memegang Bola Basket yang Benar

Demikian informasi lengkap tentang macam macam olahraga selancar serta teknik yang harus kamu pelajari. Nah, kalau kamu akan belajar surfing dan ingin memiliki beberapa perlengkapannya seperti alat surfing, kamu bisa beli papan selancar di Blibli dengan harga terjangkau.

Dengan harga yang bersahabat ini, kamu sudah bisa mendapatkan papan surfing yang dijamin berkualitas dan aman. Di mana lagi coba bisa beli bermacam-macam perlengkapan surfing kalau nggak lewat promo Blibli. Tunggu apalagi? Buruan pesan peralatan selancar sekarang juga dan nikmati sensasi serunya.

Tag: