me

5 Latihan Cara Memegang Bola Basket yang Benar

Oct 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pinterest.com

Cara Memegang Bola Basket – Berbicara soal bola basket, tahukah kamu bahwa teknik paling dasar dalam bermain bola basket adalah cara memegang bola? Bukan cara melakukan dribble, mengoper bola, atau melempar bola ke keranjang. Mungkin terlihat sepele, tapi jika mengabaikan cara memegang bola basket dengan benar, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan bermain basket. Atau yang lebih buruk, kamu bisa saja mengalami cedera di bagian tangan dan jari.

Hal tersebut memang cukup masuk akal. Karena semua gerakan yang dilakukan dalam bermain basket pasti diawali dengan memegang bola. Saat menerima operan, kamu harus memegang bola terlebih dulu. Sebelum melakukan operan atau tembakan, kamu harus menguasai bola tersebut. Jadi, sebaiknya kamu betul-betul menguasai cara memegang bola terlebih dulu, baru pelajari teknik yang lain.

Lalu, seperti apa cara memegang bola basket yang benar? Menurut beberapa sumber, ada lima cara untuk melatih kamu agar bisa memegang bola basket dengan benar dan menguasai bola tersebut dengan baik.

Baca juga: Basket Buat Shooters Ala Stephen Curry

_____________________________________

  1. Membentuk Mangkuk Besar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk berlatih memegang bola basket dengan benar adalah teknik membentuk mangkuk besar. Teknik ini sangat sangat dasar dan wajib kamu kuasai. Caranya tidaklah sulit, kedua tangan kamu hanya perlu membuat bentuk mangkuk besar yang berada di depan badan dan bola basketnya berada di antara kedua telapak tangan.

Kamu harus pastikan kedua telapak tangan melekat pada bagian samping bola agak ke belakang. Posisi ibu jari saling berdekatan dan paling dekat dengan badan. Sementara keempat jari lainnya tetap melekat pada bola dan pastikan memiliki jarak yang ideal, tidak terlalu jauh atau terlalu mepet.

  1. Meletakkan Jari di Jalur Bola

Garis-garis yang ada pada bola basket ternyata bukan sekadar pola biasa. Garis tersebut ternyata berfungsi untuk memudahkan kamu berlatih memegang bola basket dengan benar. Apalagi untuk kamu yang baru pertama kali bermain basket. Kamu cukup menempatkan jari-jari sesuai dengan garis yang ada di bola tersebut.

Ibu jari menjadi patokan dalam melakukan teknik ini. Tempatkan ibu jari pada pola garis lurus yang ada di bagian tengah bola basket. Kemudian empat jari lainnya diletakkan pada alur di atas alur tengah bola atau garis lurus tadi. Posisi jari saat memegang bola harus diberi jarak yang ideal agar cengkraman pada bola menjadi lebih kuat.

  1. Menggunakan Semua Jari, kecuali Kelingking

Saat memegang bola basket, kamu tidak perlu takut jika bagian telapak tangan tidak benar-benar menempel pada bola. Karena hal tersebut merupakan hasil dari salah satu teknik memegang bola basket dengan benar.

Ketika melakukan teknik ini, pastikan jika kamu menggunakan ibu jari, jari telunjuk, tengah, dan manis saat memegang bola. Ujung-ujung dari keempat jari ini memiliki tugas untuk menjaga bola agar tidak jatuh. Caranya dengan menekan bola dengan ujung-ujung jari yang sudah disebutkan tadi. Secara tidak langsung, ketika ujung jari menekan bola, maka bagian telapak tangan tidak akan menyentuh bagian bola basket.

  1. Meremas Bola

Tangan dan jari adalah aset paling berharga dari seorang pemain basket. Diperlukan jari-jari yang kuat untuk membuat kamu menjadi seorang pemain basket yang andal. Lalu, bagaimana cara untuk menguatkan jari-jari tersebut? Caranya adalah dengan latihan meremas bola.

Teknik meremas bola ini akan memperkuat jari-jari tangan, yang secara tidak langsung akan membuat kamu dapat memegang bola dengan baik. Semakin kuat jari, semakin baik pula cara memegang dan menguasai bola basket. Jika sudah mampu menguasai bola dengan baik, maka untuk dribble, passing, dan beragam gerakan lain akan bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

  1. Pura-pura Mengoper Bola

Jika kamu tidak menguasai cara memegang bola basket dengan baik, maka kamu bisa saja membuat kesalahan saat mengoper atau menembak. Ada satu teknik lain yang bisa membuat kamu hebat dalam memegang dan menguasai bola basket, yaitu dengan cara pura-pura mengoper bola.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan melakukan gerakan mengoper bola, tapi bagian ujung-ujung jari yang menempel pada bola menahan bola tersebut agar tidak jadi terlepas. Cara ini otomatis mampu membiasakan tangan kamu dalam menggerakkan bola selama masih berada di tangan. Dengan latihan teknik ini pula, kamu bisa mengendalikan bola dengan lebih baik dan memperkuat pegangan pada bola.

NIKE 360 Kyrie Skills Unisex Basketball

_________________________________

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Basket Nike Terbaik Paling Trendi

Dari lima teknik tersebut, sudahkah kamu kuasai semua? Jika belum, sebaiknya kamu terus melatihnya secara bertahap, agar permainan basket kamu semakin baik. Kalau kamu kesulitan menggunakan bola basket ukuran besar, kamu bisa memulainya dengan berlatih menggunakan bola basket yang berukuran kecil terlebih dahulu. Setelah mahir, baru gunakan ukuran bola basket yang sebenarnya.

Setelah menguasai cara memegang bola basket yang benar, kamu bisa melanjutkan latihan teknik lainnya, seperti dribble, passing, dan shooting. Kamu bisa mencari segala keperluan untuk berlatih di Blibli, lho. Mulai dari bola, sepatu, jersey, dan perlengkapan lainnya. Cukup berbelanja dari rumah, segala keperluan untuk bermain basket bisa kamu dapatkan.

TEMUKAN BERAGAM PERLENGKAPAN BASKET TERBAIK DI SINI!

Tag: