Dunia anak adalah dunia bermain, dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali yang ada dalam fikiran anak adalah bermain. Maka wajar apabila bermain merupakan salah satu prinsip dasar dalam pendidikan anak usia dini.

Salah satunya prinsip permainan yang tepat untuk mengajarkan anak yakni dari aktivitas olahraga. Banyak yang kita bisa ajarkan aktivitas olahraga sejak dini, salah satunya yakni Basket.

Basket sendiri merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu dan membutuhkan teknik khusus ketika memainnmya. Mulai dari driblling, passing, shooting, laying up, slam dunk dan berbagai teknik lainnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik siapapun yang memain

Maka dari itu tidak salah jika anda memperkenalkan olahraga ini untuk anak kamu sejak kecil. Berikut lima manfaat mengajarkan anak main sejak usia dini.

 1. Membangun fisik anak

membangun-fisik-anak

Via Liputan 6

Main basket melibatkan tubuh bergerak dan berkoordinasi sehingga kekuatan dan daya tahan tubuh anak dapat terlatih dengan sempurna. Pola gerakan dalam basket juga mengajarkan anak untuk cepat berkoordinasi dan melatih memori kinestetiknya. Dengan basket nak secara alami lebih aktif, kuat, dan terampil.

2. Melatih Ketangkasan

melatih-ketangkasan

Via NBA

Bila menginginkan anak kamu bergerak dengan lincah, kamu bisa mengajarkan anak kamu bermain basket. Ketangkasan atau kelincahan tubuh bisa dilatih melalui olahraga ini.

Disini olahraga basket akan mengajarkan kita untuk tangkas dalam melakukan berbagai gerakan yang lincah, aerobik dan natural yang bisa dikombinasikan dengan berbagai gaya.

3. Memaksimalkan Pertumbuhan

maksimalkan-perubahan

Via AFP

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga pilihan yang cocok untuk anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan, karena aktivitas olahraga yang satu ini bisa memaksimalkan pertumbuhan.

Peningkatan tinggi badan yang lebih optimal dapat diperoleh berkat latihan basket yang dilakukan secara rutin dan berkala.

Fisik yang sehat dan pertumbuhan yang maksimal bisa dirasakan oleh siapa saja yang menjadi basket sebagai salah satu olahraga yang diterapkan.


BACA JUGA 5 Kado Ini Dijamin Bisa Membuat Senang Pecinta Olahraga Basket


4. Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak

konsentrasi

Via Google

Basket merupakan salah satu jenis permainan olahraga yang bukan hanya mengandalkan tenaga atau kekuatan fisik semata, namun juga membutuhkan konsentrasi dan kemampuan berpikir untuk menyusun strategi penyerangan ke area lawan.

Melakukan pergerakan tangan dan kaki dalam setiap teknik bermain basket juga memerlukan fokus atau koordinasi yang baik agar tidak terkena pelanggaran.

Dengan kata lain, manfaat olahraga basket membuat anak kita lebih efektif dalam melatih fungsi dan meningkatkan kinerja otaknya.

5. Membuat Anak Lebih Pede

lebih-pede

Via VOA Indonesia

Jika sedari kecil sudah dibiasakan untuk berlatih olahraga, sedikit demi sedikit kepercayaan dirinya akan terbangun, salah satunya bisa melalui basket.

Apalagi jika mereka suka mengikuti pertandingan dan nggak jarang memenangkannya, maka kepercayaan diri mereka akan semakin bertambah. Anak-anak juga bisa jadi lebih senang membuat prestasi melalui olahraga yang disukainya.

Main basket bareng si kecil atau keponakan lebih seru kalau kamu pakai barang-barang yang kualitasnya terpercaya. Serunya, si kecil juga bisa pakai berbagai koleksi jadi kembaran! Yuk cek NBAStore.co.id powered by Blibli.com untuk menemukan berbagai produk yang bisa menemanimu basket sekarang juga!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY