Yuk Simak Lagu Daerah Papua yang Wajib Kamu Tahu

papua

Lagu Daerah Papua – Papua itu provinsi yang cukup terkenal dengan budayanya. Kata ini sudah bisa jadi alasan kenapa kamu harus berkunjung ke daerah yang satu ini. Kamu akan menemukan banyak kesenian daerah mulai dari musik, tarian hingga pakaian adat. Semua hal yang menyangkut Papua biasanya punya makna yang cukup mendalam nih dihati pengunjungnya.

Ketika membahas tentang kesenian daerah jangan sampai melewatkan lagu daerah. Lagu daerah Papua merupakan lagu yang cukup terkenal dan banyak dinyanyikan oleh musisi- musisi terkenal daerah. Suara orang Papua yang khas menambah kesan unik dan menarik nih untuk setiap lagunya. 

Lagu-lagu yang diciptakan oleh orang Papua nggak cuma mengingatkan tentang perjuangan warga daerah, tapi juga tentang seberapa banyak keindahan yang ada provinsi yang satu ini. Bagi Kamu yang ingin tahu lagu daerah Papua bisa banget membaca ulasan di bawah ini.


Baca juga: Makanan Khas Papua yang Unik dan Punya Citarasa

  1. Sup Mowi Ya

Lirik Lagu Sup Mowi Ya

Awin kamam sye ai awin supinema
Dorek arwo sonai arwo nafur karkar

Aibon bonjos be suranda
kyamara brino arwo
Ai awino sye ai awin, sup mowiya

Awin kamam sye ai awin supinema
Orya isyun imbruk mura ifur karkar

Sarai besob nin ya isik,
kyamara brin mandira
Ai awino sye ai awin sup mowiya

Sup Mowi Ya itu salah satu lagu daerah Papua yang cukup terkenal. Lagu ini diciptakan oleh musisi ternama dan sangat berpengaruh di daerah Papua. Arnold Clemens AP dengan kelompok musiknya menciptakan lagu dengan sentuhan musik yang memukau semua orang bahkan diluar Papua. Sejak pertama kali diciptakan lagu ini terus menarik perhatian masyarakat dan menjadi lagu yang cukup terkenal pada masanya. 

Lagu ini bisa dibilang sebagai lagu simbol nasionalisme seorang yang berada di Tanah Papua. Gerakan Papua Merdeka yang dulu cukup polemik dan mengerikan punya kenangan cukup mendalam yang bisa diingat oleh semua masyarakat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengingat semua kenangan itu yaitu dengan tahu dan bisa menyanyikan lagu daerah ini. Gimana? Apa kamu merasa tertantang untuk menguasainnya?

2. Paik Akori

Lirik Lagu Paik Akori

Pasi barekna paik akori, paik beyun yaswar muraro
Rar’s beyun yabe sonai yamam sup rik nadairo
Yarir yaburo bubes ayena, sarai ayena yendisarena
Be sup amberi murem mambarek nam fawawi

Yor fa sinan kamasan rwama ya besoruya
Insa yasari yamnis kabarek, sondui kabarek
Insa yakaber raso yakaber,
Bebur bes bosen saprop ayena
Yoma yaker yanap yamundo mob ayena

Paik Akori punya lirik yang cukup menyentuh. Beberapa baris lirik dari Paik Akori menceritakan tentang kehidupan manusia secara alami. Kamu bisa menemukan makna hidup yang cukup mendalam hanya dengan mengetahui arti lirik lagu Paik Akori. Wah, sesuatu yang menarik untuk diikuti pastinya.  Lagu ini terbagi menjadi 2 bait dengan masing-masing bait mempunyai 6 baris lirik. 

3. Apuse

Lirik Lagu Apuse

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Siapa yang nggak mengetahui tentang lagu Apuse? Lagu yang cukup terkenal ini punya banyak makna. Apuse diciptakan dengan nada yang ceria selain itu lagu ini juga sering dinyanyikan dan diajarkan di sekolah-sekolah daerah maupun sekolah negeri daerah lainnya. Kamu tentu pernah menyanyikan lagu ini walau cuma sekali. 

Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seorang anak yang sedang berpamitan kepada kakek dan neneknya. Anak ini akan merantau ke Teluk Doreri untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Sama seperti Blibli Friends yang merantau untuk menuntut ilmu. Teluk Doreri itu sebuah daerah Pelabuhan yang menjadi pintu masuk untuk menuju daerah Manokwari. Pelabuhan ini sangat berpengaruh penting terhadap penyebaran agama Kristen di tanah Papua. Kamu bisa dapat kesan dramatis dan menyentuh ketika mendengarkan lagu daerah Papua ini. 

4. Sajojo

Lirik Lagu Sajojo

Sajojo, sajojo
Yumanamko misa papara
Samuna muna-muna keke
Samuna muna-muna keke
Kuserai, kusaserai, rai-rai-rai-rai
Kuserai, kusaserai, rai-rai-rai-rai
Inamgo mikim ye
Kia sore, kiasa sore, ye-ye
Inamgo mikim ye
Kia sore, kiasa sore

Lagu daerah Papua yang tak kalah terkenal dari Apuse yaitu Sajojo. Lagu ini jadi lagu yang cukup terkenal sejak diciptakan pertama kali. Lagu ini sering dijadikan lagu latar senam karena memiliki irama yang cepat dan ceria. Blibli Friends pasti pernah kan senam pakai lagu yang satu ini?

Sebenarnya Sajojo bercerita tentang seorang wanita cantik yang berasal dari desa. Gadis cantik ini jadi  anak kesayangan orang tuanya. Kecantikan ini membuat semua pria bertekuk lutut ketika melihatnya. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengajak jalan-jalan gadis ini setiap harinya.  Dari sini lah lirik bergembira didapatkan untuk menceritakan kesenangan para pemuda berhasil mengajak sang gadis cantik.


Baca juga: Ajak si Kecil Mengenal Lagu Daerah dengan Produk Berikut Ini

Cuma mendengarkan lagu daerah Papua tentu nggak akan cukup. Kamu juga perlu mengenal budaya dan kesenian lainnya yang tentunya nggak kalah menarik dari lagu daerah. Untuk bisa sampai ke Papua dengan selamat dan mudah, kamu hanya perlu memesan tiket pesawat di toko online terpercaya Blibli. Proses mudah dan aman selalu menjadi prioritas dari toko yang satu ini, belum lagi kamu akan selalu disuguhkan dengan promo menarik di setiap harinya.

Dapatkan Tiket Pesawat Murah Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY