Makanan Khas Papua yang Unik dan Punya Citarasa

Sumber: masakapahariini.com

Jangan hanya tahu makanan-makanan khas di kota asal kamu saja tanpa tahu apa saja makanan khas Papua. Apakah sebelumnya terpikirkan di benakmu untuk juga wisata kuliner di Papua? Jika belum, saatnya untuk mengagendakan kesana dan mencoba langsung makanan khasnya.

BACA JUGA: Mencoba Makanan Unik Khas Nusantara

____________________

Dari papeda sebagai snack sederhana yang gurih sampai sagu lempeng yang manis, berikut lebih banyak pilihan makanan khas Papua.

1. Papeda

Resep Membuat Papeda Enak di Rumah, Gak Perlu ke Papua Nih!
Image Source: idntimes.com

Enak dan gurih, papeda dari Papua ini mungkin sudah sering kamu temui namun tidak tahu namanya. Wujud dari makanan khas Papua ini adalah daging ayam dan telur yang diolah dan dibalut dengan kulit tepung.

Dibalut memanjang, dan kulitnya ini terbuat dari tepung tapioka dan telur. Pasti nikmati disajikan ketika masih panas. Apalagi jika ketika dimasak, bumbu baladonya diperbanyak, akan menambah cita rasa yang ada, bukan hanya rasa ayam saja yang bisa didapatkan.

2. Ikan Bakar Manokwari

IKAN BAKAR KHAS MANOKWARI
Image Source: sasa.co.id

Disebut sebagai makanan terlezat di bumi Papua, kamu akan setuju dengan sebutan ini nantinya. Ikan yang digunakan untuk membuat ikan bakar Manokwari adalah ikan tongkol.

Memang pengolahannya hanya dengan dibakar saja, hanya saja rempah yang digunakan cukup berbeda sehingga bukan seperti ikan bakar pada umumnya. Air jeruk nipis yang memperkaya cita rasanya, membuat makanan ini terasa lebih juicy.

3. Kue Lontar

Kue Lontar Papua (Egg Tart) #JagoMasakMinggu2Periode2 Cari Resep
Image Source: yummy.co.id

Sesaat setelah memandangi kue lontar, besar kemungkinannya kamu akan mengira apa yang kamu lihat adalah pie susu. Wajar, bentuk keduanya memang sama. Hanya saja pie susu yang sebesar telapak tangan akan kurang besar untuk kue lontar ini.

Kue lontar berukuran 3 sampai 4 kali lebih besar daripada pie susu meski bentuknya sama. Kue ini terbuat dari susu kental manis, vanili, tepung terigu, dan mentega. Lebih mantap karena ukurannya besar, dan kamu akan menyantapnya langsung ketika berada di Papua sehingga cita rasanya terjaga.

Jika istilah kue lontar masih asing, kue ini juga biasa disebut sebagai pie susu khas Papua.

4. Aunu Senebre

Cara Membuat Aunu Senebre Khas Papua yang Enak di Rumah
<center?Image Source: lifestyle-okezone.com

Riskan gagal pada pembuatannya, memang harus sudah berpengalaman untuk bisa menyajikan makanan aunu senebre dengan tampilan dan bentuk yang sempurna. Dari tampilannya mungkin kamu akan menilai bahwa rasanya manis, padahal bahan utama makanan ini dari ikan teri dan kentang sehingga rasanya gurih.

Selain dua bahan tersebut, aunu senebre juga terbuat dari singkong, cabai rawit, kaldu jamur, telur, dan kelapa parut. Bisa dijadikan lauk, bisa juga sebagai camilan karena mungkin kamu sudah lapar setelah keliling Papua untuk berlibur

5. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng, Rotinya Masyarakat Papua yang Tak Tergantikan
Image Source: merahputih.com

Jangan hanya menilai makanan dari tampilannya saja. Boleh jadi sagu lempeng adalah makanan paling sederhana tampilannya yang pernah kamu lihat. Namun soal rasa, oke punya! Seperti namanya, wujud makanan ini adalah sagu yang diolah dan dibentuk seperti lempengan sehingga mudah dikonsumsi.

Dahulu terasa sagu lempeng cukup tawar, sebab fungsinya sebagai makanan pokok yang biasa dipadukan dengan makanan lain. Namun semakin kesini, pembuatan sagu lempeng semakin bervariasi sehingga dicampurkan gula untuk membuatnya manis. Begitu juga dengan sagu lempeng yang kamu dapatkan nanti, pasti manis, bukan tawar lagi.

____________________

BACA JUGA: 4 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Turis

Kini kamu sudah tahu apa saja pilihan makanan yang asli berasal dari Papua. Saatnya untuk mengetahui di mana yang jual makanan-makanan tersebut supaya bisa buktikan langsung rasanya. Kamu bisa dapatkan info makanan khas Papua dengan mudah dan berapa harganya di Blibli. Cek sekarang, yuk!

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY