me

8 Rekomendasi Kuliner Underrated Semarang yang Wajib Dicoba!

Mar 22, 2024.By Nadine
Bagikan

facebook.com/semarangpemerintahkota
Ini dia 8 rekomendasi kuliner underrated Semarang untukmu!

Kuliner Underrated Semarang – Semarang menjadi destinasi yang menarik untuk disinggahi dengan suasana yang nyaman banget apalagi orang-orangnya juga sangat ramah pada pendatang. Nyatanya belum lengkap kalau kamu nggak coba juga beberapa menu kuliner yang rasanya khas banget. Ada banyak kuliner underrated Semarang yang kurang banyak dibicarakan.

Kamu yang mau ke Semarang jangan lupa untuk cek dulu rekomendasi kuliner underrated Semarang yang ada di bawah ini!

Baca Juga: 


1. Soto Bangkong 

Soto Bangkong
wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Lokasi: Soto Bangkong, Perempatan Bangkong, Jl, Brigjend Katamso No. 1, Semarang, Jawa Tengah

Harga: Rp24 ribu-Rp100 ribu

Rekomendasi kuliner underrated pertama yang perlu kamu coba adalah soto bangkong. Soto bangkong menjadi salah satu menu khas Semarang yang wajib banget dicoba saat berkunjung ke sana. Bangkong ini merupakan soto dengan kuah kaldu ayam yang harum dan gurih saat disajikan kuahnya nggak begitu kental namun rempahnya terasa. 

Di dalamnya ada potongan daging ayam yang empuk ditambah dengan perkedel dan telur dimasak pindang. Tentu saja lebih mantab dimakan bersama dengan nasi hangat jadi kuahnya bisa langsung meresap ke dalam nasi dalam setiap sendoknya. Kamu bakalan ketagihan sekali mencoba, soto ini cocok untuk makan siang yang lebih kenyang. 

2. Gulai Kepala Ikan 

Gulai Kepala Ikan
travel.tribunnews.com

Lokasi: Gulai Kepala Ikan, l. Siwalan No. 1, Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp22 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi kuliner underrated kedua yang bisa kamu beli adalah gulai kepala ikan. Gulai kepala ikan di Semarang tentu berbeda dengan gulai kepala ikan yang ada di daerah lainnya mengingat racikan bumbu dan rempahnya juga beda. Hidangan ini menggunakan kepala ikan segar yang dimasak dengan kuah gulai kental jadi aromanya memang pekat banget. 

Rasanya pedas dan gurih ditambah dengan aroma wangi daun kemangi saat penyajiannya. Menu ini cocok banget dikonsumsi langsung dengan nasi putih hangat yang menggugah selera. Kuahnya juga banyak jadi bakalan kenyang banget. Cocok banget untukmu yang suka dengan olahan ikan segar khas Semarang. 

3. Bakmi Jowo 

Bakmi Jowo
qraved.com

Lokasi: Bakmi Jowo Pak Gareng, Jl. Wotgandul Dalam No. 171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp15 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi kuliner underrated ketiga yang nggak kalah enak untuk dicoba saat ada di Semarang adalah bakmi jowo. Bakmi ini enak banget dengan bumbu khas yang otentik sehingga membuatmu bakalan langsung ketagihan ketika mencobanya. Mienya lebih nyemek dengan tekstur bakmi yang kenyalnya lebih pas untuk dikunyah. 

Mie ini disajikan dengan kuah kaldu yang gurih banget kemudian ada tambahan lauk sebagai toppingnya seperti ayam, tahu dan pangsit. Tentu saja rasanya lebih medok dan cocok untuk makan pagi maupun makan malam. Dalam satu porsinya kamu langsung mendapatkan satu piring penuh yang mengenyangkan. 

4. Tahu Pong 

ahu Pong
food.detik.com

Lokasi: Tahu Pong Gajah, Jl. Gajahmada No. 63B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp10 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi kuliner keempat yang underrated dan patut untuk dicoba saat pergi ke Semarang adalah tahu pong. Tahu ini memang khas banget dengan penyajian berbeda dari tempat lainnya. Tahu pong isi sangat populer dengan isian berupa daging cincang ditambah bumbu rempah yang membuat cita rasanya menjadi gurih banget. 

Tahu pong ini bisa dimakan bersama petis maupun sambal kecap yang pedasnya pas. Bakalan jadi camilan yang pas banget untuk mengganjal rasa lapar namun belum pengen makan. Nggak jarang juga yang banyak membeli tahu pong untuk lauk pauk dan dimakan bersama nasi. 

5. Gulai Kambing 

phinemo.com

Lokasi: Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp30 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi kuliner kelima underrated yang perlu kamu coba adalah gulai kambing. Gulai kambing dari Semarang ini punya cita rasa yang enak banget dan menggugah selera. Dagingnya dimasak dalam kuah gulai yang kental ditambah adanya bumbu rempah yang kaya banget. Tentu saja kuah santannya bikin ketagihan siapapun yang mencobanya. 

Uniknya meskipun menggunakan daging kambing namun dagingnya nggak bau saat dimakan. Biasanya langsung disajikan dalam mangkuk besar ditambah seporsi nasi hangat. Kamu bisa mendapatkan cita rasa yang bikin nagih. Menu ini paling cocok dimakan saat sore atau malam hari terlebih saat cuaca sedang dingin. 

6. Asem-Asem Semarang 

Asem-Asem Semarang
masakapahariini.com

Lokasi: Asem-Asem Koh Liem, Jl. Karang Anyar 28/C-4, Genuk Ruko Baru, Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp22 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu kuliner keenam yang bisa kamu coba adalah asem-asem Semarang. Menu ini enak dan segar banget untuk dicoba terlebih jika kamu suka dengan olahan menu rasa asam yang bikin nagih. Hidangan ini merupakan campuran dari sayuran dan daging empuk yang dimasak bersamaan bersama rasa pedas yang otentik. 

Kamu bakalan langsung suka saat mencoba menu ini apalagi ketika memakannya bersama nasi bakalan jadi lauk yang paling aman saat nggak pengen makan. Satu porsinya kamu sudah mendapatkan menu lengkap semangkuk berisikan daging dan sayuran jadi kebutuhan protein dan serat sudah langsung terpenuhi. 

7. Mie Siang Kie 

larismanis.com

Lokasi: Mie Siang Kie, Gang Lombok No. 10 Kauman, Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp15 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu underrated ketujuh yang bisa kamu beli adalah mie siang kie. Mie ini hanya ada di Semarang dengan cita rasa yang otentik banget untuk dicoba. Mienya menggunakan kaldu yang rasanya sangat mantap dan gurih. Mie ini mampu memberikan kelezatan yang maksimal dan bikin kamu pengen coba lagi dan lagi. 

Mienya punya tekstur yang kenyal ditambah bumbu yang lebih pekat dan banyak sehingga rempahnya bakalan kerasa banget. Nggak hanya itu topping yang ada pada mie ini juga melimpah sehingga membuatnya langsung kenyang saat memesan satu porsinya. 

8. Bebek Goreng 

Bebek Goreng
kampusnesia.com

Lokasi: Bebek Goreng Pak Thori Gunungpati, Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Semarang, Jawa Tengah.

Harga: Rp22 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu underrated yang kedelapannya adalah bebek goreng. Siapa yang suka dengan olahan bebek goreng? Menu yang satu ini memang enak banget dengan ciri khas rasa gurih renyah kekinian. Bakalan jadi menu yang enak banget dan anti gagal saat pergi ke Semarang. Bebek ini digoreng dengan bumbu khusus sehingga warnanya jadi kecoklatan yang enak banget. 

Biasanya menu ini disajikan lengkap dengan sambal pedas dan ada lalapan segar yang bisa dimakan barengan dengan bebeknya. Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat untuk makan menu ini biar lebih kenyang. Tentu saja menu berat ini cocok dimakan kapan saja namun lebih direkomendasikan untuk makan siang dan makan malam. 


Baca Juga: 

Tertarik untuk mencoba wisata kuliner ke Semarang? Jangan lupa untuk beli voucher hotel Semarang sekarang juga di Blibli saja. Banyak pilihan hotel penginapan terbaik dengan fasilitas yang lengkap banget untuk digunakan!

Tag: