me

7 Makanan Underrated Jogja yang Harus Dicoba

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

id.wikipedia.org
diantara daftar makanan underrated Jogja berikut, mana yang paling menggoda selera?

Promo Dream On Mei 2024

Makanan Underrated Jogja — Jogja adalah kota wisata yang terkenal karena kuliner tradisionalnya yang beragam. Memiliki citarasa yang mayoritas serba manis, ternyata Jogja bukan hanya identik dengan Gudeg dan bakpianya, lho. Kalau dijelajahi lebih jauh sebenarnya masih banyak makanan underrated Jogja yang nggak kalah lezat dan bahkan bisa mengalahkan pamor makanan ikonik yang selama ini populer di antara turis.

Menariknya lagi, sebagian besar makanan underrated tersebut masih bernuansa tradisional. Harganya bersahabat dan cocok di lidah hampir semua orang baik anak-anak maupun dewasa. Di bawah ini adalah daftar makanan underrated Jogja yang wajib dicoba ketika kamu plesir ke kota tersebut. Mumpung lagi bulan puasa, boleh lah, dijadikan menu berbuka.

Baca Juga: 


1. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam
youtube.com

Lokasi: Bubur Hayam Kotabaru, Jl. Johar Nurhadi No.5, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja

Harga: 10 ribu – 20 ribu

Kita mulai dari makanan yang ringan dulu. Saat pagi menjelang, paling enak sarapan dengan makanan yang mengenyangkan namun nggak berat, salah satunya adalah bubur ketan hitam. Kamu bisa menemukan kuliner ini di Jogja dengan rasa yang nggak perlu diragukan lagi. Menariknya, kuah bubur ketan hitam yang kamu pesan bisa dibuat hangat atau dingin dengan menambahkan es.

Soal harga nggak perlu ditanya. Hanya dengan 10 ribuan aja kamu udah bisa menikmati satu porsi bubur ketan hitam yang manis dan gurihnya bikin kamu selalu kangen dengan Jogja. Apalagi jika ditambah dengan teh hangat setelahnya, sarapanmu di kota budaya ini bakalan terasa lengkap. Kamu bisa mencicipi bubur ketan hitam salah satunya di seputaran Jalan Johar Nurhadi, Kotabaru.

2. Iga Sapi

Iga Sapi
olret.viva.co.id

Lokasi: Sop dan Sate Sapi Mas Bayu, Jalan Yudistiro No. 2, Ngaglik, Sleman

Harga: 10 ribu – 96 ribuan

Siapa nih, yang suka banget sama olahan daging sapi dan tulangnya? Menawarkan citarasa yang gurih dan mantap, iga sapi menjadi hidden gem selanjutnya yang wajib kamu buru saat berada di Yogyakarta. Kamu harus mencicipi lezatnya Balung Dinosaurus yang ada di Warung Sop dan Sate Sapi Mas Bayu, Ngaglik, Sleman.

Namanya emang nyeremin dan ekstrem, namun rasanya bikin kamu nggak berhenti mengunyah. Di sini kamu bisa menikmati berbagai menu iga bakar, sengkel sapi, hingga sumsum sapi yang ukurannya jumbo, makanya diberi embel-embel “Dinosaurus”. Harganya terbilang wajar untuk kenikmatan yang hakiki seperti ini. 

3. Oseng Mercon

Oseng Mercon
viva.co.id

Lokasi: Angkringan Seputaran Malioboro

Harga: 20 ribu – 40 ribuan

Kalau menurutmu kuliner khas Jogja serba manis dan “adem ayem”, itu salah. Pasalnya, ada makanan underrated Jogja yang mendobrak pandangan tersebut. Namanya adalah Oseng Mercon. Dari namanya aja kamu bisa menebak gimana pedasnya sajian tersebut. Disantap dengan nasi putih hangat dan kerupuk, Oseng Mercon menjadi menu makan siang yang nikmatnya maksimal.

Oseng Mercon terbuat dari potongan kikil dan tetelan sapi yang dimasak dengan cabe serta berbagai rempah dan bumbu yang rasanya nendang bikin ngiler. Pedasnya bikin lidah bergoyang! Tapi hati-hati, jangan sampai berlebihan makannya supaya nggak sampai sakit perut karena kebanyakan cabe. Kamu bisa menemukan kuliner ini di hampir semua angkringan di seputaran Malioboro.

4. Pempek

Pempek
nagantour.com

Lokasi: Pempek Bu Kamto, Jalan Prof. Herman Yohanes No. 1076, Terban, Gondokusuman

Harga: 25 ribu – 50 ribuan

Pempek adalah makanan khas Palembang yang udah terkenal seantero Nusantara. Menariknya, ternyata Pempek bukan hanya ada di daerah asalnya namun udah berkembang di kota lain termasuk Yogyakarta. Walaupun bukan makanan ikonik atau bener-bener khas Jogja, namun rasanya bakalan sayang jika melewatkan kuliner ini. 

Salah satu yang paling legend dan banyak peminatnya adalah Pempek Bu Kamto yang terletak di daerah Sagan, Gondokusuman, Yogyakarta. Di sini kamu bisa mencicipi berbagai varian Pempek mulai dari kapal selam dengan isian kuning telur, lenjer, baso hingga Pempek keriting. Semuanya enak dan bikin ketagihan, apalagi cuko-nya yang mantap.

5. Sate Klatak

Sate Klatak
jogjakita.co.id

Lokasi: Sate Klatak Pak Pong, Jl. Sultan Agung No.18, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Harga: 20 ribu – 30 ribuan

Selanjutnya, untuk para penggemar sate jangan sampai melewatkan yang namanya Sate Klatak. Meskipun bukan merupakan kuliner khas Yogyakarta namun menu makanan ini enaknya nggak nahan! Perpaduan antara potongan daging kambing yang besar, kenyal dan juicy, ditambah dengan bumbunya yang meresap sampai ke serat daging, sempurna!

Salah satu hal yang menarik dari Sate Klatak adalah dia dibakar tanpa menggunakan tusukan bambu atau yang biasa disebut dengan sujen. Sate Klatak dibakar dengan menggunakan besi panjang yang semakin menyebarkan panas dari api hingga ke dalam daging. Makanya, walaupun potongannya tebal namun dagingnya bisa empuk gitu.

6. Pizza

Pizza
food.indozone.id

Lokasi: Nanamia Pizzeria, Jl. Mozes Gatotkaca B 15-17 Gejayan, Yogyakarta

Harga: 20 ribu – 70 ribuan

Ada kalanya kamu bosan dengan kuliner tradisional yang banyak tersedia di kota budaya seperti Yogyakarta. Namun, beli makanan modern juga malas karena udah kebanyakan. Berarti, ini waktunya untuk berpetualang mencicipi menu kekinian dari brand yang nggak banyak dikenal, salah satunya adalah Nanamia Pizzeria.

Di sini kamu bisa menemukan pizza dengan aneka topping menggoda yang memanjakan indera pengecap. Dengan bumbu rahasia dan cara memanggang yang istimewa, pizza yang ditawarkan di sini memiliki keunikan yang nggak ada di tempat lain. Porsinya juga gede, bisa banget dipakai sharing dengan sahabat atau keluarga yang ikutan ke Jogja.

7. Kopi Klotok

Kopi Klotok
republika.id

Lokasi: Jalan Kaliurang Kilometer 16, Yogyakarta

Harga: 3 ribu – 11 ribuan

Terakhir, untuk kamu yang hobi ngopi di warung pinggir jalan sambil ngobrol ringan dengan warga setempat, Kopi Klotok akan menjadi spot yang menyenangkan. Tipikal warung sederhana, di sini kamu diberikan beberapa opsi menu rumahan seperti nasi hangat dan telur dadar, sayur lodeh hingga camilan macam pisang goreng.

Namun, yang paling melegenda adala kopi klotoknya yang diseduh dengan air yang direbus menggunakan arang. Cara pembuatan kopi yang unik ini memberikan nuansa smokey yang berbeda dari kopi pada umumnya. Harganya juga super duper ramah di kantong karena kamu bisa menyesap pahit manis kopi klotok mulai harga 3 ribuan aja.


Baca Juga: 

Dengan banyaknya referensi makanan underrated Jogja yang mesti kamu coba, jadi nggak sabar buat main ke kota ini lagi, kan? Sambil merencanakan liburan, pastikan kamu udah booking voucher hotel Jogja di Blibli. Selain mudah pemesanannya, pemilihan tanggal menginap juga sangat fleksibel. Dengan harga bersaing, asli nggak rugi beli kupon menginap di hotel Jogja di Blibli!