me

Adu Fitur Hingga Spesifikasi Hyundai Creta vs Xpander

Mar 28, 2024.By Rio
Bagikan

image source: carros2022.com.br

Hyundai Creta vs Xpander – Lagi cari mobil berukuran besar untuk dipakai seluruh anggota keluarga setiap hari? Ada dua pilihan yang oke banget, Hyundai Creta dan Mitsubishi Xpander. Tak perlu bingung pilih yang mana, karena di sini ada perbandingan lengkap antara Hyundai Creta vs Xpander. Yuk, simak dulu!

Baca Juga: Beli Mobil Baru? Cek Spesifikasi Hyundai 10 berikut Ini Yuk!


Sekilas tentang Hyundai Creta

Hyundai Creta adalah subcompact crossover SUV yang sudah diproduksi Hyundai sejak tahun 2014. Di China, mobil ini dipasarkan dengan nama ix25. Generasi pertamanya dirilis di China bulan April 2014. Sedangkan generasi keduanya diperkenalkan tahun 2019. Generasi keduanya hadir dengan pilihan bodi lebih panjang dengan 3 baris jok, dengan nama Hyundai Alcazar, Creta Grand, dan Grand Creta.

Saat ini Hyundai Creta manufakturnya dilakukan di 5 negara yaitu China, India, Rusia, Brasil dan Indonesia. Nama Creta sendiri diambil dari pulau Crete yang ada di Yunani. Nama ini juga dimaksudkan mengarah ke kara “creative”. Hyundai Creta sukses jadi SUV terlaris di Rusia sejak tahun 2017. Di India juga menjadi SUV dengan penjualan tertinggi di tahun 2020.

Kalau tertarik dengan Hyundai Creta, dapatkan Hyundai Creta Prime Two Tone yang dipasarkan dengan harga Rp 405.5 jutaan. Mobil ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Dragon Red with Black Roof, Magnetic Silver Metallic with Black Roof dan Creamy White Pearl with Black Roof.

Sekilas tentang Xpander

Xpander adalah MPV 7 penumpang yang diproduksi Mitsubishi sejak tahun 2017. Mobil ini dirancang dan diproduksi di Indonesia. Perakitannya dilakukan di PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Mobil ini diperkenalkan tanggal 24 Juli 2017 dan diluncurkan tanggal 10 Agustus 2017 di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017.

Pilihan tipenya ada 5 yaitu GLX Manual, GLS Manual, Exceed Manual/Automatic, Sport Automatic dan Ultimate Automatic. Versi facelift Xpander pertama dirilis tanggal 21 Februari 2020 di pameran Mitsubishi Motors Autoshow yang diadakan di Central Park, Jakarta. Pada facelift pertama ini hanya terdapat peningkatan minor.

Baru kemudian di facelift kedua yang dirilis tanggal 8 November 2021 terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Di antaranya adalah transmisi otomatis terbaru yaitu CVT 8-speed yang performa mesinnya lebih efisien. Selain itu, ada perubahan dari segi interior, eksterior dan fiturnya.

Dapatkan salah satu varian Mitsubishi Xpander, Mitsubishi New Xpander Exceed MT yang dipasarkan dengan harga Rp 266.7 jutaan. Ada 3 pilihan warna yaitu Jet Black Mica, Silver Metallic, dan Quartz White Pearl. Varian ini sudah mendapatkan desain bumper grille depan baru, head light dengan desain T-Shape, dan velg Two Tone berukuran 17 inci. Selain itu, bagian belakangnya juga berdesain baru.

1. Perbedaan Secara Exterior

Perbedaan eksterior Hyundai Creta vs Mitsubishi Xpander langsung terlihat dari dimensinya. Mitsubishi Xpander sedikit lebih besar. Dimensi panjangnya adalah 4595 mm, lebarnya 1750 mm, dan tingginya 1730 mm. Sedangkan dimensi Hyundai Creta panjangnya 1630 mm, lebarnya 1790 mm dan tingginya 1630 mm.

Perbedaan lainnya yang langsung tampak adalah Hyundai Creta dilengkapi dengan roof rails, sedangkan Mitsubishi Xpander tidak. Terakhir, lampu belakang Hyundai Creta menggunakan lampu kombinasi yang belum menggunakan LED. Sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan kombinasi LED.

Pilihan warna Hyundai Creta ada 7. ketujuhnya adalah Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic, Glowing Silver Metallic, Galaxy Blue Pearl, Dragon Red Pearl dan Creamy White. Sedangkan Xpander tersedia dalam 6 warna yaitu Red Metallic, Quartz White Metallic, Graphite Gray Metallic, Deep Bronze Metallic, Jet Black Mica dan Blade Silver Metallic.

2. Perbedaan Secara Interior

Sedangkan perbedaan interior yang langsung terlihat adalah dari layar touchscree display. Hyundai Creta menggunakan layar berukuran 8 inci. Bisa digunakan untuk AM dan FM radio, WAV, MP3 dan WMA. Kamu juga bisa menyambungkan audio via Bluetooth dan terintegrasi dengan smartphone secara nirkabel.

Untuk Mitsubishi Xpander, layar sentuhnya berukuran lebih kecil, 7 inci. Sudah mendukung AM dan FM radio, USB player, sambungan dnegan iPhone, iPad dan iPod, Bluetooth dengan fungsi handsfree, pengenalan suara, dan koneksi dengan smartphone.

3. Perbedaan Fitur

Untuk fitur suspensi dan rem terdapat sedikit perbedaan. Rem depan Hyundai Creta menggunakan Ventilated Disc, sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan Disc Brake. Sedangkan rem belakang Hyundai Creta menggunakan Solid Disc dan Mitsubishi Xpander menggunakan Drum Brake.

Fitur lain yang berbeda adalah dari segi keselamatan. Hyundai Creta sudah dilengkapi dengan sensor parkir, sedangkan Mitsubishi Xpander belum ada. Untuk sistem airbag, Hyundai Creta menghadirkan 2 airbag di bagian depan. Sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan Srs Airbag.

Dari segi kenyamanan mengemudi, Hyundai Creta pengaturan posisi setirnya baru dilengkapi dengan fitur Tilt saja. Sedangkan Mitsubishi Xpander sudah hadir dengan fitur Tilt & Telescopic. Terakhir, Hyundai Creta sudah hadir dengan tombol start dan stop, sedangkan Mitsubishi Xpander belum dilengkapi dengan fitur  ini.

4. Perbedaan Spesifikasi

Untuk perbedaan spesifikasi antara Hyundai Creta vs Mitsubishi Xpander, di antaranya adalah:

  • Kapasitas Tempat Duduk

Hyundai Creta yang masuk ke Indonesia adalah model awalnya yang kapasitas penumpangnya 5 orang. Sedangkan Mitsubishi Xpander kapasitas tempat duduknya mencapai 7 orang penumpang.

  • Detail Mesin

Hyundai Creta kapasitas silindernya adalah 1497 cc dengan 4 silinder. Kapasitas tangki bahan bakarnya 40. Konfigurasi transmisinya 6 speed manual. Mesinnya mampu mencapai tenaga maksimal 84.4 kW (115 PS) / 6300 r/min. Sedangkan torsinya mencapai 143.8 Nm pada 4500 r/min.

Sedangkan Mitsubishi Xpander kapasitas silindernya adalah 1499 cc. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 45. Konfigurasi transmisinya 5 speed manual. Tenaga maksimalnya mampu mencapai 77 kW (105 PS) / 6000 Rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 141 Nm / 4000 Rpm.

  • Jarak Sumbu Roda dan Ukuran Roda

Hyundai Creta jarak sumbu rodanya 2610 mm. Ukuran bannya 215 / 60, dengan ukuran velg 17 inci. Material velgnya terbuat dari alloy. Sedangkan Mitsubishi Xpander jarak sumbu rodanya 2775 mm. Ukuran bannya 195 / 65 R16. Velgnya berukuran 16 inci dengan material alloy.


Baca Juga: Spesifikasi Hyundai Custo dan Besaran Konsumsi BBMnya.

Sudah tentukan mau beli yang mana? Atau mau cek dulu biar makin yakin? Yang mana pun pilihan kamu, pastikan mendapatkan Hyundai Creta atau Mitsubishi Xpander di Blibli. Karena di Blibli, pilihan otomotifnya lengkap. Kamu bisa pilih dealer yang lokasinya dekat denganmu.

Selain itu, pilihan pembayaran di Blibli juga variatif dan lengkap. Tinggal pilih metode yang paling nyaman untuk kamu. Yang pasti, ada promo spesial juga, dong. Yuk cek dulu varian Hyundai Creta dan Mitsubishi Xpander yang tersedia di Blibli!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya