me

10 Hal Pertama yang Dilakukan Setelah Beli Hp, Pasti Aman!

Oct 05, 2023.By Jarvis
Bagikan

idntimes.com
Ini dia 10 hal pertama yang dilakukan setelah beli Hp!

Cicilan 0% Gadget

Kegiatan membeli Hp baru memang menyenangkan karena kita bisa mendapatkan tampilan dan pengalaman baru dengan perangkat tersebut. Hanya saja kebanyakan orang masih suka kebingungan mengenai hal pertama yang dilakukan setelah beli Hp. Sehingga banyak pengecekan penting yang akhirnya terlewatkan. 

Baca juga :


Hal Pertama yang Dilakukan Setelah Beli Hp

Apa saja sih yang bisa dilakukan pertama kali setelah membeli Hp? Kamu yang penasaran bisa banget langsung cek semuanya lengkap di bawah ini!

Cek Perangkat dan Kelengkapannya 

teknologi.id

Hal yang perlu dilakukan saat pertama kali beli Hp baru adalah cek perangkat dan kelengkapannya. Meskipun kamu sudah mengeceknya sebelum membeli di toko namun nggak ada salahnya untuk mengeceknya kembali setelah sampai di rumah terlebih jika masih dalam waktu garansi toko. Jadi, jika ada yang kurang atau tertinggal kamu bisa cepat melakukan konfirmasi. 

Pastikan ponselnya bisa menyala dengan baik, layarnya responsif dan nggak ada keretakan apapun dari semua bagian ponselnya. Cek kembali semua kelengkapan penting seperti charger, headseat, panduan buku, kardus dan lain yang seharusnya kamu dapatkan saat membeli ponselnya. Segera datang ke tokonya ketika ada yang memang belum kamu dapatkan. 

Baca Buku Panduan Ponsel 

heriheryanto.com

Hal kedua ini memang membosankan dan nggak semua orang sering melakukannya. Namun buku panduan yang kamu dapatkan ketika membeli ponsel itu memang dipakai sebagai guide atau pemandumu yang kebingungan menggunakan ponselnya. Ada semua hal penting yang mungkin selama ini kamu belum tahu di dalamnya. 

Beberapa informasi yang biasanya diberikan adalah cara menggunakan fitur ponsel, cara merawat baterai ponsel sekaligus rekomendasi pengisian daya. Begitu juga dengan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada ponsel secara mandiri. Sehingga kamu bisa lebih cepat memberikan tindakan untuk ponsel sebelum eror dan kerusakannya semakin parah. 

Jangan Langsung Digunakan 

koran.tempo.co

Banyak yang belum tahu kalau ponsel baru memang sebaiknya jangan digunakan langsung dulu karena mereka belum prima untuk memberikan performanya. Kamu direkomendasikan untuk mematikan dayanya kemudian mengisi baterainya penuh sampai dengan 100 persen. Cara ini bakalan membuat baterai ponsel menjadi lebih awet kedepannya. 

Lakukan cara ini sebelum proses aktivasi SIM card sehingga semua proses pendaftaran dan instalasi data lain nantinya menjadi lebih mudah. Dengan mematikan ponsel pengisian daya bakalan lebih maksimal dan menghindari keinginan untuk menggunakannya. Proses ini biasanya membutuhkan 2-3 jaman sebagai standar ponsel baru yang masih adaptasi. 

Cadangkan Data dari Ponsel Lama 

trustedreviews.com

Hal keempat yang penting untuk dilakukan adalah mencadangkan data dari ponsel lama jika kamu memang ingin memindahkannya ke ponsel baru. Biasanya kebanyakan orang memang nggak pengen kehilangan data yang ada di ponsel sebelumnya meskipun sudah menggunakan ponsel baru sehingga penting banget untuk mencadangkan semua data pentingnya. 

Biar lebih mudah kamu bisa memilih pencadangan melalui Google Cloud. Pencadangan ini nggak ribet dan bisa dilakukan secara otomatis dengan waktu cepat sehingga nantinya ketika akun-akunmu dimasukkan ke ponsel baru bakalan langsung melakukan sinkronisasi. Kamu nggak perlu lagi memasukkan semua data secara manual ke ponsel baru. 

Aktifkan SIM Card 

bankbjb.co.id

Jika kamu pengen memasukkan nomor baru atau SIM card baru di dalam ponsel baru maka penting banget untuk mengaktifkannya terlebih dahulu. Alasannya adalah biar kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan komunikasi atau untuk akses internet nantinya. Jika nggak diaktifkan nomor ini bakalan nggak berfungsi apapun. 

Pengaktifan SIM card ini membutuhkan data dari KTP dan KK serta pengisian manual lainnya sesuai dengan ketentuan setiap providernya. Selesaikan semua tahapan pendaftaran dan muat ulang ponsel sampai bisa digunakan kembali untuk pengaturan selanjutnya. 

Atur Kata Sandi dan Kunci Layar 

harapanrakyat.com

Hal keenam yang perlu kamu lakukan adalah mengatur kata sandi dan kuncian layar untuk ponselmu. Ingat, keamanan memang harus didahulukan sebelum memasukkan semua data dan sinkronisasi dari ponsel sebelumnya. Pengaturan privasi ini bisa kamu temukan di bagian pengaturan ponsel dan pilih jenis kata sandi yang diinginkan tergantung ketersediaan fitur dari ponselnya. 

Saat ini pengaturan kunci layar ada yang menggunakan PIN, finger pin, face lock, pola dan lainnya. Kamu bisa menggunakan verifikasi yang menurutmu lebih aman dan nggak merepotkan untuk mengakses datamu sendiri. 

Tautkan Akun Google 

liputan6.com

Hal ketujuhnya adalah segera tautkan ponselmu dengan akun Google. Kamu bebas untuk menggunakan akun Googlemu sebelumnya atau membuat baru untuk ponsel barumu. Akun Google fungsinya sangat penting dalam menunjang segala bentuk aktivitas dan penginstalan aplikasi maupun penyimpanan data penting pada ponsel barunya. 

Apalagi saat ini semua hal di dalam ponsel memang sudah bergantung dengan Google jadi Hpmu nggak bakalan bisa digunakan jika nggak tertaut dengan akun Google. Caranya adalah kamu bisa masuk ke Google kemudian masukkan akun dan kata sandinya. Setelah proses verifikasi dan pengisian datanya selesai otomatis kamu bisa langsung menggunakan layanan Google lengkap. 

Jika kamu menggunakan akun Google lama dan telah melakukan pencadangan data maka otomatis semua data yang sudah tersimpan tersebut bakalan masuk ke dalam ponsel barumu. Jadi, kamu nggak perlu takut bakalan kehilangan data dari ponsel lama maupun harus memasukkannya satu persatu secara manual. 

Cek Pembaharuan Sistem 

harapanrakyat.com

Hal kedelapan yang perlu kamu lakukan adalah cek pembaruan sistem dari ponselnya. Meskipun hpnya memang baru namun nggak menutup kemungkinan kalau membutuhkan pembaharuan sistem menjadi tipe yang lebih tinggi dari sebelumnya. Biar Hpnya nggak lelet atau lemot kamu bisa langsung cek pembaharuan ini di bagian pengaturan. 

Jika memang ada pembaharuan sistem maka lakukan update terlebih dahulu sampai selesai barulah bisa lanjut untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Install Aplikasi Seperlunya 

liputan6.com

Hal kesembilan yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah lakukan instalasi mengenai aplikasi yang memang kamu sering pakai. Ingat, jangan terlalu banyak mengisi ponsel dengan aplikasi apalagi jika penggunaannya juga nggak begitu sering sehingga fungsionalitasnya juga kurang nantinya. Pilih aplikasi yang memang kamu pakai seperti chatting, media sosial dan pemutar musik.

Pastikan ponselmu terhubung dengan jaringan internet atau Wifi yang kecepatannya mumpuni sehingga proses pengunduhan aplikasi ini bisa lebih cepat. Lakukan pendaftaran atau langsung masuk menggunakan akun yang sudah ada. Selesaikan satu persatu urusan daftar atau masuk akun ini sampai tuntas jangan ada yang ketinggalan. 

Atur Display 

gadgetren.com

Setelah semuanya sudah beres barulah kamu bisa mengatur tampilan dari display. Display ini berkaitan dengan wallpaper, tema, gambar kunci, font, ukuran font dan lainnya yang menunjang kenyamanan mata. Pilih dan aturlah biar kamu merasa lebih puas dan nyaman ketika menggunakan ponselnya. 


Baca juga :

Blibli Friends tertarik untuk membeli Hp lebih mudah? Jangan khawatir karena di Blibli semuanya lengkap dan aman untuk transaksinya termasuk HP Cicilan 0% + Gratis Biaya Admin dari BliProteksi. Cek dan pilih semuanya sekarang juga!

Tag: