me

7 Tips Membeli Smartphone Baru, Biar Nggak Salah Beli

Mar 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/lookstudio
In dia tips membeli smartphone baru. 

Cicilan 0% Gadget

Tengah berencana beli smartphone baru karena yang lama rusak atau sudah ketinggalan zaman? Membeli smartphone baru bisa jadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus cukup membingungkan saking banyaknya pilihan yang ditawarkan. Mulai dari jenis smartphone, model, fitur yang disematkan, merek sampai harga.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat beli smartphone? Begini, memilih smartphone yang tepat tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet masing-masing pengguna. Tiap orang bisa berbeda karena kebutuhannya juga berbeda. Supaya nggak mumet dan bisa memilih produk yang tepat, berikut beberapa tips membeli smartphone baru yang bisa diketahui.

Baca juga :


Sesuaikan Kebutuhan

freepik.com/author/EyeEm

Sebelum memutuskan beli smartphone baru coba, deh tanyakan lagi pada diri sendiri smartphone tersebut dipakai untuk kebutuhan apa? Apakah untuk kebutuhan dasar (telepon, chating, browser, main sosial media), kebutuhan profesional (presentasi, bikin jadwal), untuk main gim, mobilitas tinggi ata untuk fotografi dan vlog. Setiap kebutuhan tersebut butuh smartphone yang beda.

Akan jadi mubazir jika beli smartphone dengan spek tinggi, punya sistem pendingin ciamik dan baterai tahan lama yang oke untuk main game jika hanya dipakai untuk kebutuhan dasar. Begitu juga jika untuk kebutuhan fotografi, vlog dan content creator maka bisa memilih smartphone yang dibekali kamera depan dan belakang yang oke punya.

Sesuaikan dengan Bujet

Performa Smartphone
freepik.com/author/EyeEm

Setelah tahu pasti smartphone tersebut kebutuhannya untuk apa, hal berikutnya adalah sesuaikan dengan bujet. Untuk diketahui, smartphone yang beredar di pasaran terbagi menjadi 4 golongan. Ada kelas low end atau budget phone (sekitar 1-2 juta), kelas middle range (sekitar 2-5 juta), kelas middle-range to high (sekitar 5-8 juta) dan high end (sekitar 8 juta ke atas).

Setelah mengetahui kelas-kelasnya bisa membuatmu lebih mudah untuk menentukan pilihan yang sesuai kebutuhan dan dana yang disiapkan. Contohnya jika dana antara 1-2 juta dan ingin smartphone yang bisa mendukung mobilitas yang tinggi bisa cari perangkat yang punya kapasitas baterai besar (minimal 5.000 mAh) yang sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat.

Dengan kapasitas baterai yang memadai nggak akan bikin repot harus sering mengisi daya. Bakalan cocok buat kamu yang suka keluyuran atau driver ojek online.

Performa Smartphone

Tipe Layar dan Kualitas Kamera
freepik.com/author/sitthiphong

Spek seperti apa smartphone yang bagus? Pertanyaan seperti ini masih sering dipertanyakan dan memang urusan performa pada smartphone nggak boleh lepas dari perhatian terlebih buat kamu yang memilih smartphone berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan. Bisa memperhatikan sistem operasi yang dipakai entah itu OS Android dan iOS (iPhone).

Selain sistem operasi, perhatikan chipset yang digunakan. Pengguna iPhone hanya pakai chipset Apple A. Sementara chipset Android bisa berbeda-beda (disesuaikan dengan tipe dan harganya). Selain itu perhatikan kapasitas memori dan memori internal, tipe layar, kapasitas baterai, kamera, fitur tambahan (GPS, NFC) dan jaringan (4G, 5G).

Tipe Layar dan Kualitas Kamera

Kelengkapan Fitur
freepik.com/author/katemangostar

Tipe kamera juga nggak kalah penting untuk diperhatikan apalagi jika kebutuhan kamu membeli smartphone untuk kebutuhan fotografi, vlog, content creator dan main gim. Umumnya smartphone Android sekarang ini sudah dibekali layar yang mengusung rasio 20:9 yang bisa menampilkan work area luas. Perhatikan juga resolusi layar HD, Full HD atau Quad HD (pada kelas atas).

Pastikan layar smartphone sudah dibekali pelindung layar yang oke supaya nggak mudah tergores saat digunakan sehari-hari. Selanjutnya adalah kamera yang disematkan. Jika perangkat sering dipakai untuk nge-vlog atau selfie bisa memilih yang dibekali kamera depan ciamik. Namun jika sering dipakai untuk merekam video atau foto perhatikan kualitas kamera belakangnya.

Kalau memungkinkan bisa memilih yang kamera depan dan belakang memiliki kualitas bagus. Sebetulnya hal tersebut bisa didapat pada smartphone kelas atas, namun nggak semua orang punya dana cukup, kan? Jadi bila dana mepet masih bisa, kok memilih perangkat kelas menengah yang punya kamera cukup oke dan bisa merekam sampai resolusi 4K.

Kelengkapan Fitur

Pilih Merek Terpercaya
freepik.com/author/lifeforstock

Soal kelengkapan fitur pada handphone & tablet  sebetulnya subjektif karena beda harga maka fitur yang disematkan pun akan menyesuaikan. Jadi bisa dibilang kelengkapan fitur ini bisa dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan setiap orang bisa berbeda kebutuhannya.

Misalnya smartphone yang kamu miliki sering dipakai untuk main gim jadi sebisa mungkin pilih yang dibekali sistem pendingin yang baik supaya perangkat nggak mudah panas. Sementara jika smartphone dipakai untuk mendukung mobilitas tinggi bisa memilih perangkat yang dibekali baterai berkapasitas besar dan ada fitur pengisian daya cepat sehingga nggak sering mengisi daya.

Jaminan Garansi 

Jaminan Garansi
freepik.com/author/rawpixel-comv

Jangan lupa, saat membeli smartphone baru untuk memperhatikan jaminan garansi yang ditawarkan. Ini penting banget supaya jika ada sesuatu yang nggak diinginkan pada perangkat, garansi bisa diklaim. Biasanya, sih garansi ada dua jenis yakni garansi pabrik dan garansi toko. Masa garansi yang diberikan bervariasi bisa 1 tahun atau 2 tahun.

Garansi ini juga bisa sebagai bentuk perlindungan buat konsumen akan perangkat yang dibeli. Selain itu garansi juga untuk mengurangi risiko kerugian pada pembeli karena bila terjadi kerusakan karena proses pembuatan di pabrik maupun kesalahan pada toko kamu bisa mendapatkan ganti rugi atau penanganan yang baik dan dicarikan solusinya.

Pilih Merek Terpercaya

Sebetulnya merek ini juga soal selera karena tiap orang bisa berbeda. Bahkan ada sebagian orang yang fanatik pada merek tertentu, lho jadi setiap beli smartphone baru selalu merek itu yang dipilih alias nggak bisa pindah ke lain hati.

Walaupun soal selera tapi setidaknya supaya lebih aman usahakan pilih merek yang terpercaya dan produk-produknya sudah banyak digunakan. Jika ditawarkan smartphone dengan merek tertentu yang masih asing, bisa cari info sebanyak-banyaknya terlebih dulu untuk memastikan kualitasnya.

Jangan pernah juga mudah tergoda dengan iming-iming penawaran harga murah atau banting harga kalau kualitas produk nggak bisa dipertanggungjawabkan.


Baca juga :

Demikian tips membeli smartphone baru yang perlu untuk diperhatikan supaya Blibli Friends bisa mendapatkan smartphone sesuai kebutuhan dan bujet. Untuk beli, nggak perlu pilih cara yang repot cukup mampir ke Blibli dan semua beres. Pilihan produk bervariasi dari berbagai merek dengan kualitas yang sudah pasti terjamin.

Dana mepet? Tenang saja karena Blibli menawarkan solusi Blibli gadget cicilan 0% dengan tenor sampai 24 bulan. Syarat dan ketentuannya nggak rumit, kok tinggal gunakan kartu kredit dengan logo tertentu dan belanja minimum Rp 500.000/bag. Jadi nggak perlu menunggu nanti ayo, segera belanja smartphone incaran kamu hanya di Blibli.