me

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Handphone Dihack dan Cek Cara Mengatasinya dengan Benar

Mar 25, 2023.By Jarvis
Bagikan

lifewire.com
Mengenali ciri-ciri hp dihack sebagai berikut ini.

Kini, di era yang sudah serba digital, handphone menjadi barang penting yang dimiliki dan dibawa kemana aja. Bahkan kebanyakan orang-orang menyimpan dokumen penting hingga melakukan transaksi pembayaran dari handphone. Oleh karena itu, keamanan handphone ini wajib dijaga dengan baik.

Meski begitu, nggak menutup kemungkinan kalau handphone kamu bisa mengalami hal buruk, misalnya dihack. Blibli Friends tetap jangan panik dan sudah harus tahu cara mengatasinya dengan benar. Tapi, sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya Blibli Friends paham cara mengetahui hp dihack atau tidak. Langsung aja cek ciri-cirinya disini! 

Baca juga:


Bagaimana Ciri-Ciri HP Kamu Dihack?

Bagaimana Ciri-Ciri HP Kamu di Hack
phonearena.com

1. Terdapat Aplikasi Aneh yang Terinstall di Handphone

Mungkin Blibli Friends sudah tahu ciri yang satu ini, karena biasanya para hacker menyadap handphone korbannya dengan cara memasang aplikasi khusus. Dan yang paling menarik, aplikasi tersebut dapat disembunyikan oleh hacker, loh. Nah, Blibli Friends bisa mengecek ciri yang satu ini dengan melihat Aplikasi yang terinstall di handphone kamu.

Nggak cuma itu, saat kamu membuka website yang disusupi oleh malware juga bisa membuat aplikasi aneh dan mencurigakan terinstall otomatis di handphone kamu. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari situs yang berbahaya atau terlarang yang mengundang muatan negatif.

Kemungkinan besar yang terjadi bisa aja data-data kamu yang ada di handphone dapat dicuri dengan waktu singkat, loh.

2. Baterai Handphone yang Mudah Habis

Berikutnya ciri-ciri handphone dihack adalah daya baterai yang lebih mudah habis. Hal itu bisa aja terjadi tanpa kamu sadari, dengan adanya aplikasi aneh yang diinstal hacker di handphone kamu dan terus bekerja di belakang layar. Nggak cuma membuat baterai lebih cepat habis, handphone kamu juga lebih mudah panas, loh.

Tentu aja hal tersebut dikarenakan aplikasi aneh yang terus berjalan di layar belakang dan mengirim data-data yang ada di handphone kamu kepada hacker. Oleh karena itu, cobalah Blibli Friends memperhatikan berapa lama ketahanan daya baterai yang kamu gunakan biasanya. Misalnya, untuk pemakaian normal seperti streaming dan game bisa menghabiskan daya baterai hingga 10 jam.

Nah, Blibli Friends bisa menjadikan waktu tersebut sebagai patokan. Jadi, saat handphone kamu tiba-tiba mengalami daya baterai yang lebih mudah habis, bisa langsung mewaspadainya, ya.

3. Performa Handphone Lama

Seringnya, para hacker memonopoli lintas data, yang mana berpengaruh dan mengganggu aplikasi lainnya. Nggak cuma itu, beberapa aplikasi sistem yang menggunakan internet juga terganggu dan membuat performa handphone kamu jadi lambat. Makanya, jika handphone kamu mengalami performa yang menurun dan lambat, bisa jadi sedang dihack.

iPhone 14 Pro

4. Seringnya Muncul Iklan Pop Up Aneh

Saat menggunakan handphone, pastinya kamu nggak pernah diganggu dengan iklan pop up aneh yang tiba-tiba aja muncul di layar. Tapi, kalau handphone kamu mulai mengalaminya dan muncul tanda peringatan aneh secara tiba-tiba, bisa jadi handphone kamu sedang dihack.

Selain itu, munculnya iklan pop up aneh di layar handphone juga bisa menguras memori RAM dan membuat kinerja handphone jadi lemot dan sering error.

5. Kuota Internet Boros

Masih berhubungan dengan aplikasi yang diinstal oleh hacker, biasanya kuota internet yang kamu gunakan lebih cepat habis dan boros. Hal ini disebabkan adanya kegiatan hacker yang mengirim data dari handphone kamu, yang mana membuat kuota internet terkuras. Proses ini dilakukan hacker secara pelan-pelan dan nggak kamu sadari, hingga akhirnya semua data pribadi dikuasai sepenuhnya.

Mungkin bagi Blibli Friends yang mengalami hal ini, kamu bisa mengatasinya secara langsung dengan mematikan sinyal seluler agar mencegah hacker terhubung dari aplikasi berbahaya tersebut. Selain itu, jangan hubungkan handphone kamu dengan Wi-Fi, sebab bisa jadi hacker melakukan pelacakan dan menghack perangkat yang juga terhubung ke jaringan yang sama.

Cara Melindungi HP Agar Tidak Dihack

Cara Melindungi HP Agar Tidak di Hack
focusdatasolutions.com

Sesudah mengetahui ciri-ciri handphone kamu dihack, Blibli Friends bisa mengatasinya dengan cara ini. Simak berikut ini cara melindungi HP agar nggak dihack:

1. Menginstall dan Menggunakan Aplikasi Resmi

Kebanyakan handphone yang dapat dihack dikarenakan terlalu sering mengunjungi dan mengunduh aplikasi dari situs yang nggak resmi. Hal itu berpengaruh karena aplikasi yang tersedia di luar Google Play Store dan Apple Play Store nggak melewati prosedur pemeriksaan malware, sehingga keamanannya nggak terjamin.

Oleh karena itu, pastikan kamu menginstall dan menggunakan aplikasi dari aplikasi resmi yang sudah tersedia di handphone kamu. 

2. Mengaktifkan Anti Malware

Cara lainnya untuk mengatasi handphone agar nggak dihack adalah dengan mengaktifkan anti malware. Mengingat kamu nggak bakal pernah tahu kapan hal buruk ini terjadi, usahakan kamu mengaktifkan anti malware sebagai cara pencegahan.

Cara pencegahan yang satu ini cukup mudah kok, kamu bisa mengaktifkan anti malware atau Google Play Protect dengan memindai aplikasi sebelum di unduh, lalu lakukan pembaruan sebelum melakukan penginstalan aplikasi, ya.

3. Hindari ‘Root’ atau ‘Jailbreak’ pada Handphone

Biasanya para pengguna handphone pintar melakukan jailbreak atau root untuk menghilangkan banyak pengaturan keamanan, sehingga lebih mudah mengunduh aplikasi atau file secara bebas. Tapi disisi lain, pengaturan ini dapat mengurangi keamanan pada handphone kamu dan bisa menyebabkan handphone di hack.

Jadi, usahakan untuk nggak melakukan root atau jailbreak pada handphone kamu dengan alasan apapun, ya.

BATT BATERAI BATTERY BASEUS IPHONE 6 1810MAH ORIGINAL BASEUS

4. Jangan Mengklik Link Email yang Nggak Dikenal

Para hacker selalu memiliki seribu cara untuk mendapatkan korbannya, termasuk mengirimkan link phising atau link email dari sumber yang nggak dikenal. Bisa jadi karena link tersebut mencurigakan dan aneh, Blibli Friends jangan membukanya, ya. Usahakan untuk membuka link email yang dikena atau dari sumber terpercaya.

5. Menghindari Pemakaian Wi-Fi Publik

Terakhir, cara untuk melindungi handphone kamu agar terhindar dari dihack yaitu dengan menghindari penggunaan Wi-Fi publik yang nggak dikenal atau nggak terpercaya. Memang Wi-Fi publik cukup membantu, apalagi kalau disediakan secara gratis. Tapi, bisa jadi hal itu membuat handphone kamu dapat dihack dengan mudah melalui lalu lintas Wi-Fi.

Oleh karenanya, pastikan kamu selalu menggunakan jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya. Jangan lupa untuk selalu menghapus daftar jaringan Wi-Fi kamu dan menonaktifkan fitur Wi-Fi sewaktu berada di tempat publik.


Baca juga: 

Nah, itulah ciri-ciri hp dihack yang perlu kamu ketahui dan cara mengatasinya dengan benar. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu dalam melindungi handphone agar tetap terjaga. Tentunya merawat handphone dengan baik bukan cuma dari luar aja, loh, tapi juga dari perangkat yang ada di dalam handphone tersebut. Makanya, mulai pahami dan jaga keamanan handphone kamu, ya hanya di Blibli sekarang juga!

Tag: