me

Cara Ganti Batre iPhone Biar Performanya Kembali Lancar

Mar 25, 2023.By Jarvis
Bagikan

pcguide.com
Setelah tahu ciri-ciri baterai iPhone harus diganti, yuk, simak cara ganti batre iPhone berikut ini.

Blibli Friends, setangguh apapun smartphone kamu, dia bisa bekerja dengan benar hanya karena tersemat baterai di dalamnya. Namun, baterai yang menjadi suplai daya ini, ada kalanya mengalami masalah yang membuatnya nggak lagi bekerja dengan semestinya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara ganti batre iPhone.

Hal tersebut karena, jika baterai HP nggak bekerja dengan normal, efeknya bisa sangat terasa pada kinerja iPhone kamu. Jadi, kamu perlu memahami tanda-tanda yang umumnya muncul ketika baterai iPhone mulai nggak beres. Yuk, langsung kita simak ulasan selengkapnya. Scroll ke bawah, ya.

Baca juga: 


Tanda-Tanda Kamu Perlu Ganti Batre iPhone

Tanda-Tanda Kamu Perlu Ganti Batre iPhone
reddit.com

Mengetahui tanda-tanda baterai iPhone yang mulai nggak berfungsi dengan normal, itu penting untuk bikin kamu paham, kapan kamu perlu ganti batre iPhone. Berikut tanda-tanda kamu perlu mengganti baterai iPhone:

1. Jadi Lebih Sering Nge-Charge

Pertama, tanda yang paling terlihat jelas yaitu kamu jadi semakin sering nge-charge iPhone kamu. Terlebih apabila biasanya saat pemakaian normal sehari, itu kamu hanya nge-charge 2 kali. 

Namun, sekarang, tiba-tiba dalam sehari, kamu jadi harus nge-charge sebanyak 4 sampai 5 kali. Hal tersebut berarti pasti bahwa baterai kamu mulai rusak. Walau battery health di angka aman, baterai ini mungkin saja bocor atau pernah diganti tapi dengan KW-nya.

2. Baterai Menggelembung

Kondisi ini beneran serius bahkan fatal karena sudah berkaitan dengan bentuk fisik baterai. Apabila baterai iPhone kamu mulai menggelembung, bisa dipastikan bahwa cell yang ada di dalam baterai itu sudah rusak. 

Kamu bisa melihat ciri-ciri ini pada bodi iPhone di sisi kiri. Kalau baterai menggelembung itu bakal ada sela kecil yang kalau kau tekan bakal terasa keras. 

3. Cek Baterai di Peak Performance

Ini khusus buat pengguna iOS 12, kamu cek aja di menu Battery Health, lihat bagian Peak Performance Capability. 

Coba lihat, kalau ada tulisan “This iPhone has experienced an unexpected shutdown because the battery was unable to deliver the…”, biasanya ini tanda kalau baterai iPhone kamu wajib diganti segera.

iPhone 14 Pro

4. iPhone Sering Mendadak Mati atau Restart

Jadi, kalau iPhone kamu jadi sering banget mati atau tiba-tiba saja restart, kamu perlu curiga kalau ini disebabkan kondisi baterai yang sudah buruk. Biasanya, iPhone mati atau restart ini terjadi saat persentase baterai di bawah 50%.

Penyebabnya yaitu arus baterai udah nggak stabil lagi. Maka dari itu, saat baterai mengalami kondisi arus turun, iPhone jadi kekurangan daya sehingga mati.

5. iPhone Jadi Cepat Panas

Umum banget terjadi kondisi di mana smartphone panas, terlebih kalau suhunya sudah melebihi batas wajar. Kamu juga boleh banget curiga kalau baterainya mungkin sudah rusak.

Terlebih, kalau ada tanda-tanda ketika kamu pakai buat penggunaan ringan, mendadak persentase baterainya naik turun. Berarti, ini beneran waktunya ganti baterai.

6. iPhone Nggak Bisa Di-Charge

Kamu menghubungkan iPhone ke charger-nya tapi HP kamu nggak merespons apapun, misalnya persentase baterai nggak naik, berarti kemungkinan baterai Lithium iPhone kamu sudah rusak.

Selain daya baterai yang nggak mau naik, tanda lainnya yang biasa terlihat yaitu nggak muncul ikon charging pada layar iPhone.

Cara Ganti Batre iPhone

Cara Ganti Batre iPhone
ifixit.com

Nah, jadi, kamu boleh mengganti baterai iPhone sendiri kalau memang memahami caranya. Bisa dibilang, cara ganti batre iPhone sendiri lebih sulit daripada beberapa tipe smartphone lainnya, karena iPhone kebanyakan pakai baterai tanam atau built-in.

Maka dari itu, disarankan kamu bawa iPhone kamu ke Service Center Apple buat diperbaiki oleh teknisi profesional, karena ini penting untuk keselamatan iPhone kamu. Namun, apabila kamu sendiri seorang teknisi yang sudah berpengalaman, dan sekiranya bisa reparasi iPhone, berikut caranya:

1. Mempersiapkan Peralatan untuk Ganti Baterai

Sebelum mulai mengganti baterai iPhone, siapkan dahulu alat-alatnya, yaitu obeng kecil dengan ukuran sesuai sekrup iPhone, dan plastik tipis buat mengeluarkan baterainya.

2. Memastikan iPhone dalam Kondisi Mati

Sekarang, setelah peralatannya lengkap, kamu bisa mematikan iPhone terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu dapat membongkar komponennya.

3. Membuka Penutup Bagian Belakang iPhone

Kalau iPhone sudah mati, buka serkup di bagian bawah yang mengapit port USB, gunakan obeng kecil khusus dengan ukuran sesuai. Setelah sekrup lepas, buka penutup bagian belakang iPhone dengan ditekan sedikit. Geser penutup tersebut ke atas dengan perlahan.

4. Melepas Sekrup di Sebelah Batre iPhone

Sekarang, lepaskan sekrup di kanan bawah baterai pakai obeng khusus. Perlahan saja, karena fungsi sekrup ini adalah untuk mengamankan konektor baterai yang tersambung ke motherboard. Setelah sekrup lepas, angkat baterai pakai plastik tipis, hati-hati biar nggak mengganggu komponen lain.

5. Memasang Baterai iPhone yang Baru

Begitu baterai iPhone sudah terlepas, pasang komponen batre baru. Pastikan posisinya tepat saat kamu memasangnya. Kalau sekiranya sudah sesuai, kencangkan sekrup pengaman konektor baterai, pakai obeng buat mengencangkannya.

6. Memasang Kembali Penutup Bagian Belakang iPhone

Saat semua prosesnya selesai, kamu bisa langsung memasang kembali penutup iPhone bagian belakang, lakukan perlahan.

7. Pemasangan Baterai iPhone Selesai

Proses ganti baterai sudah selesai. Sekarang, iPhone kamu sudah pakai baterai yang baru. Nah, kamu bisa cek dengan cara menghidupkan iPhone kamu seperti biasanya.

Resiko yang Terjadi Jika Batre iPhone Tidak Original

Resiko yang Terjadi Jika Batre iPhone Tidak Original
nypost.com

Ada baiknya juga kalau kamu mempersiapkan bujet untuk harga ganti batre iPhone. Sebab, kamu nggak disarankan menggunakan baterai KW, karena nanti bisa muncul risiko seperti berikut ini:

1. Ada Masalah pada Pembaruan Perangkat Lunak

Jika baterai iPhone tersebut nggak asli, bisa jadi bakal ada masalah saat kamu memperbarui perangkat lunak iPhone kamu. Mungkin prosesnya terkendala atau sistem perangkat lunak nggak berjalan dengan semestinya, dan sebagainya.

2. Pengisian Daya Nggak Bekerja Secara Normal

iPhone yang menggunakan baterai KW bisa jadi nggak akan dapat di-charge secara normal. Kamu mungkin akan mengalami kendala terkait charging.

3. Menimbulkan Masalah Keamanan

Selain kendala pembaruan perangkat lunak dan pengisian daya, bisa pula terjadi masalah keamanan ketika terpasang baterai iPhone yang bukan ori.

4. Nggak Bisa Mendapat Informasi Kesehatan Baterai

Masalah lainnya yang bisa terjadi, yaitu iPhone kamu bisa mengalami kendala nggak mampu untuk mendapat informasi tentang kesehatan baterai.

Maka dari itu, mengetahui resiko yang terjadi jika ganti batre iPhone tidak original, bisa bikin kamu paham pentingnya menggunakan baterai iPhone yang asli.


Baca juga: 

Demikian ulasan tentang cara untuk mengganti baterai iPhone dengan yang baru. Tentu saja kamu perlu membawa iPhone ke pusat layanan resmi Apple, kecuali, kamu benar-benar menguasai skill dan punya pengalaman buat servis HP.

Nah, kamu bisa menerapkan cara ganti batre iPhone paling aman, dan tentunya wajib pakai baterai original. Kamu bisa cari baterai iPhone original di Blibli, produknya asli dan banyak diskonnya hanya di Blibli sekarang juga!

Tag: