me

8 Game Ngabuburit Tradisional dan Modern

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua
Intip ide game ngabuburit yang seru ini sebelum belanja keperluan Ramadan!

Ngabuburit sudah jadi istilah yang biasa digunakan di Indonesia, untuk menjelaskan aktivitas yang dilakukan atau waktu menjelang buka puasa di bulan Ramadan. Sambil menunggu azan magrib berkumandang, masyarakat perkotaan ada yang jalan-jalan di mal. Sementara anak-anak pasti suka main dengan teman-teman sebaya. Apa saja sih game ngabuburit yang seru?

Main game sambil ngabuburit bukan cuma bisa dilakukan anak-anak saja, lho. Untuk mendekatkan hubungan keluarga, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk bermain bersama. Ada juga game yang bisa dilakukan remaja atau orang dewasa. Seru, waktu pun berlalu tanpa terasa! Yuk, cari tahu apa saja sih game ngabuburit yang seru di bawah ini.

Baca Juga:


Petak Umpet

inibaru.id

Petak umpet atau dikenal juga dengan nama tak umpet atau sembunyi-sembunyian, bisa kamu coba bareng anak-anak sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Terutama kalau punya rumah yang cukup luas dan ada banyak tempat bersembunyi, permainan ini bakal seru banget, lho. 

Biasanya, siapa yang menjaga dan siapa yang bersembunyi dilakukan secara bergantian. Untuk giliran jaga pertama dilakukan dengan suit. Setelah itu, biasanya dilakukan secara bergantian. Serunya, permainan ini bisa mengasah kreativitas untuk mencari tempat bersembunyi yang sulit ditebak. Menariknya lagi, petak umpet nggak perlu menghitung nilai. Tanpa terasa, waktu tiba-tiba sudah berlalu!

Perang Sarung

Perang Sarung
kabarsurabaya.org

Permainan tradisional ini sering banget dilakukan oleh anak laki-laki menjelang buka puasa dan setelah melakukan ibadah Tarawih. Sarung yang mereka pakai untuk shalat dijadikan “senjata” utama di permainan ini. Jadi, bagian ujung sarung akan diikat supaya sarung menjadi tipis dan mudah digoyangkan. Lalu mereka akan membagi diri menjadi 2 kelompok. 

Setelah itu, mereka akan saling menyerang dengan sarung. Siapa yang terkena sarung terlebih dulu maka mereka langsung tersingkir dari permainan. Tim yang anggotanya lebih dulu habis adalah yang kalah. Seru, permainan ini juga bisa dimainkan perorangan, lho. Kalau ada suara anak laki-laki ramai  berlarian dan berseru menjelang magrib, mungkin mereka sedang main perang sarung. 

Engklek

Engklek
bola.com

Permainan ini memang mulai jarang dimainkan anak-anak, terutama di kota-kota besar. Tapi di berbagai kota lain di Indonesia, engklek masih dijadikan game untuk mengisi ngabuburit yang seru. Nah, kalau kebetulan kamu punya halaman yang cukup untuk main engklek dan ada area tanahnya, coba deh perkenalkan lagi permainan ini ke anak-anak atau keponakan di rumah. 

Jenis engklek berbeda-beda. Biasanya pola engklek digambar dulu di tanah dengan menggunakan batu yang ujungnya cukup runcing. Setelah itu, setiap orang akan memilih batu sendiri untuk dilemparkan ke setiap petak satu-persatu. Lalu, satu pemain bakal melompat ke setiap petak menggunakan satu kaki. Kalau sampai keseimbangan terganggu dan jatuh, maka dia kalah dan harus mulai dari awal. 

Bola Bekel

Bola Bekel
idntimes.com

Kalau lebih suka menyimpan tenaga dan nggak mengeluarkan keringat sambil ngabuburit, kamu juga bisa main game di rumah. Salah satu permainan tradisional yang seru adalah bola bekel. Permainan ini dipercaya berasal dari Jawa Tengah, meskipun ternyata permainan ini juga dikenal di Eropa dan negara Asia lain seperti di Korea. 

Kita akan melempar bola karet yang membal dan 6 biji bekel. Lalu kita harus mengambil bijinya satu-persatu sesuai aturan. Permainan ini nggak cuma seru dan bisa menghabiskan waktu dengan cepat, tapi bakal membantu stimulasi motorik anak, lho! 

Congklak

Congklak
kompasiana.com

Congklak adalah permainan tradisional lainnya yang seru banget dilakukan sambil menunggu azan magrib berkumandang. Meski dianggap berasal dari Jawa, tapi ternyata beberapa ahli yakin kalau permainan ini berasal dari Arab, yang disebut dengan Mancala. Di Afrika, ada juga permainan sejenis yang disebut Wari. 

Kita bakal main di papan congklak khusus yang terdiri dari beberapa lubang untuk menempatkan biji congklak yang bisa terbuat dari kerang atau batu. Dua pemain akan main bergiliran. Di akhir, pemain dengan jumlah kerang terbanyak adalah pemenangnya. 

Marbel Gim Petualangan Puasa

Marbel Gim Petualangan Puasa
marbel-puasa-ramadhan.bg.aptoide.com

Nggak bisa dipungkiri, jaman sekarang anak-anak lebih suka main game dari gadget. Apalagi kalau cuaca lagi kurang mendukung, ngabuburit justru hujan deras di luar, maka salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah main game di gadget. Pastikan pilih game yang cocok dengan tema Ramadan, seperti Marbel Gim Petualangan Puasa dai Educa Studio. 

Permainan spesial Ramadhan ini bisa diunduh di perangkat Android. Di dalamnya, ada berbagai game edukasi yang seru. Bukan cuma game saja, di aplikasi ini juga ada informasi tentang niat puasa Ramadhan, doa buka puasa, dan berbagai info penting lainnya yang penting dipelajari anak-anak. Jadi dalam satu aplikasi saja, bisa dapat hiburan dan pelajaran! 

Ramadhan Run

Ramadhan Run
youtube.com

Game berikutnya yang bisa dimainkan di gadget anak-anak adalah Ramadhan Run dari Own Games. Ukurannya cukup ringan, kamu cukup mengunduh sebesar 41.37 MB saja dan sudah bisa main beberapa permainan seru. Sesuai namanya, fitur utama Ramadhan Run adalah menghitung langkah kita selama bulan Ramadhan. 

Misalnya jalan untuk membangunkan warga menjelang sahur, jalan ke masjid sebelum Tarawih, dan lain-lain. Selain itu, ada juga permainan mencocokkan baju muslim yang nggak kalah seru. Permainannya simpel, tapi bisa digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang berbagai tradisi Ramadan di Indonesia. 

Warung Makan Ramadhan 2024

Warung Makan Ramadhan 2024
play.google.com

Suka game restoran di mana kita memegang peran sebagai pemilik atau pelayan restoran yang harus menyajikan setiap makanan yang dipesan tamu? Ada juga lho versi Ramadan yang dibuat oleh developer Solite Kids. Cocok untuk anak-anak, Warung Makan Ramadhan 2024 bisa dijadikan hiburan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. 

Menariknya, karena dibuat oleh developer lokal, jadi hidangan yang ditampilkan di game ini adalah makanan rumahan atau khas warung. Misalnya saja nasi yang diletakkan di wadah nasi tempo dulu, lalu ada telur ceplok, sate, ikan goreng, ayam goreng, hingga lalapan. 

Ajarkan anak-anak untuk bisa melayani tamu dengan cepat dan tepat. Kalau nggak, bisa-bisa kalah terus! Warung Makan Ramadhan 2024 didesain dengan level yang cukup banyak, tingkat kesulitannya akan meningkat di setiap level. Dijamin seru dan ngabuburit jadi nggak terasa! 


Baca Juga:

Nah, dari 8 game ngabuburit di atas, pilihanmu jatuh ke permainan tradisional atau modern? Yang pasti seru, bisa jadi aktivitas Ramadan yang menyenangkan. Satu lagi aktivitas seru selama Ramadan adalah berbelanja Fashion Muslim di Blibli untuk keperluan selama bulan puasa dan Hari Raya. Bukan cuma pakaian saja yang ada di sini, tapi juga berbagai keperluan untuk beribadah. Pokonya, dijamin lengkap!