me

Doa untuk Orang Sakit dan Keutamaannya

Oct 23, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

image source: pexels.com

Doa untuk orang sakit – Saat pandemi berkepanjangan seperti sekarang ini, ketika Blibli Friends mendapat kabar bahwa kerabat maupun teman-teman terdekat kamu sedang mendapat ujian sakit, sebagian besar dari kamu mungkin ingin bergegas menjenguk tetapi terbatas oleh kondisi pandemi yang tidak kondusif.

Dalam kondisi seperti ini, yang bisa kamu lakukan adalah saling memberikan support secara virtual, melalui pesan, telepon serta video call dan mendoakan untuk kesembuhan kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit tersebut.

BACA JUGA:


Mendoakan orang yang sedang sakit agar lekas sembuh merupakan salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk mengetuk pintu langit, memohon rahmat dan ampunan Allah SWT agar sakit yang sedang dirasakan oleh kerabat maupun teman-teman kamu segera diangkat dan dan digantikan dengan kesembuhan, kesehatan seperti sedia kala. 5 Keutamaan Doa untuk Orang Sakit yang perlu kamu ketahui, antara lain.

  1. Didoakan pula oleh Malaikat

Gratis Orang Tak Dikenal Duduk Di Dalam Ruangan Foto Stok

Ketika kamu mendoakan kebaikan, dalam hal ini kesembuhan bagi kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit, maka Malaikat pun akan berdoa untuk kebaikan hidup kamu. Diriwayatkan dalam sebuah Hadits Riwayat Muslim yang shahih, bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya dengan tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya (malakun muwakkil). Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu.”

  1. Mendapatkan Ampunan dan Rahmat dari Allah

Gratis Foto stok gratis agama, iman, Islam Foto Stok

Seorang muslim wajib menunaikan kewajibannya atas saudara sesama muslimnya, salah satu diantaranya adalah menjenguk dan mendoakannya saat sakit. Kewajiban ini tertuang dalam sebuah hadits Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.

Dalam hadits tersebut dikatakan bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda, di antara 6 kewajiban muslim terhadap saudara sesama muslimnya yang wajib ia penuhi, dua di antaranya adalah menjenguknya ketika sakit dan mengantarkan jenazahnya hingga ke pemakaman ketika meninggal dunia.

Jika menjenguknya saat sakit tidak memungkinkan, karena situasi dan kondisi pandemi saat ini, maka kamu cukup mendoakannya dengan penuh ketulusan  untuk kesembuhannya ya, Blibli Friends.

  1. Mendapatkan Cinta Allah

doa untuk orang sakit

Bersikap baik pada kerabat, teman-teman, dan orang lain pada umumnya selain membawa kita pada rahmat dan ampunan Allah SWT juga akan membuatmu mendapatkan cinta dan tempat terbaik di sisi-Nya, terlebih saat kondisi mereka sedang down karena sakit.

“Sebaik-baik teman di sisi Allah adalah orang yang paling baik di antara mereka terhadap temannya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya.” (HR Tirmidzi).

  1. Menyempurnakan Iman

doa untuk orang sakit

Berbuat kebaikan bagi saudara sesama muslim, dalam hal ini mendoakannya saat sakit, selain membawa kebaikan yang berlipat bagi dirimu sendiri juga akan menyempurnakan keimanan kamu sebagai seorang muslim. Dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik RA dikatakan,

“Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah SAW, dari Rasulullah Muhammad SAW, Beliau berkata, “Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya.”

So, Blibli Friends rasa cinta dan sayang kamu untuk kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit yang kamu tunjukkan lewat doa untuk kesembuhannya, akan membuat keimananmu semakin sempurna di hadapan Allah SWT.

  1. Membuka Pintu Surga

doa untuk orang sakit

Di antara hamba-hamba yang dicintai Allah adalah orang-orang yang berbuat baik karena ingin mendapatkan keridhoan-Nya.

Bahkan, di dalam Al-Qur’an pun telah banyak disebutkan bahwa perbuatan baik yang kamu lakukan untuk mengharap ridho Allah SWT, termasuk di antaranya mendoakan kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit, akan membuat kamu dicintai oleh Allah yang pada akhirnya, akan membukakan pintu surga untuk kamu.

Sebagai salah satu contoh adalah firman Allah dalam salah satu ayat Al Qur’an Surat Al Baqarah 195, yang artinya:

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, Karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Jika kamu ingin mendapat cinta Allah dan dibukakan pintu surga, maka jangan ragu untuk selalu mendoakan kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit ya, Blibli Friends.

Cukup mengagumkan bukan keutamaan yang bisa kamu dapatkan saat mendoakan kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit? Jangan lupa diamalkan agar kamu bisa membantu mereka yang sedang sakit serta mendapatkan manfaat dari doa tersebut untuk diri kamu juga ya, Blibli Friends.

Doa untuk Orang Sakit Beserta Bacaan Latin dan Artinya

Agar kamu mendapatkan 5 Keutamaan Doa untuk Orang Sakit ini, berikut doa-doa untuk orang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, untuk kamu amalkan ketika ada kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit.

  1. Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat yang lain, disebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW, juga membawa doa berikut saat meruqyah salah satu sahabat.

  1. Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,”

Selain dua doa tersebut, kamu juga bisa menyebut nama kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit secara langsung dalam doamu, Blibli Friends. Ini dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash saat sakit. Lafadz doa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

Ketika mengucapkan doa ini, kamu bisa mengganti nama Sa’ad dengan nama kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit.

Dalam riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, disebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW juga menganjurkan untuk membaca doa berikut sebanyak tujuh kali di hadapan orang yang sedang sakit, dengan harapan agar Allah segera menyembuhkan orang yang sedang sakit tersebut dari penyakit yang di deritanya.

  1. As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”


Baca juga:

Nah, itulah beberapa doa yang bisa Blibli Friends baca untuk mendoakan kerabat maupun teman-teman kamu yang sedang sakit. Nggak hafal doa-doa ini? Jangan khawatir, kamu bisa membacanya dalam buku doa harian yang dijual di Blibli, jadi kamu bisa lebih mudah untuk melafalkan doa-doa ini tanpa perlu menghafalkannya.

Selain buku doa harian, kamu juga bisa menemukan berbagai produk muslim friendly mulai dari makanan hingga make up di Blibli Hasanah, lho. So, tunggu apa lagi? Segera check-out produk-produk halal ini di Blibli ya, Blibli Friends!

TEMUKAN BERBAGAI PRODUK MUSLIM FRIENDLY DI SINI!