me

Mengenal Doa untuk Kedua Orang Tua dan Artinya

Nov 22, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

mediaindonesia.com
Ini dia penjelasan mengenai doa untuk kedua orang tua!

Sebagai seorang anak memang sudah kewajiban kita untuk selalu mendoakan orang tua baik semasa hidup maupun ketika sudah meninggal. Ternyata untuk mendoakan mereka ada bacaan khusus tersendiri yang perlu kita lantunkan. Biar kamu nggak salah dalam mendoakan bisa langsung cek dulu doa untuk kedua orang tua dan artinya ini. 

Baca juga:


Doa Untuk Kedua Orang Tua dan Artinya

artikel.rumah123.com

Ada banyak bacaan doa agar orang tua selalu dalam lindungan Allah SWT tergantung dengan kondisinya. Biar lebih jelas kamu bisa langsung cek semua detailnya lengkap di bawah ini!

Doa untuk Orang Tua 

Doa ini bisa digunakan untuk mendoakan kedua orang tua biar bahagia dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Doanya cocok ketika keduanya dalam kondisi sehat dan masih hidup. 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Doa Orang Tua yang Meninggal 

Kamu yang orang tuanya sudah meninggal bisa mengganti doa di atas dengan lantunan yang berbeda seperti di bawah ini!

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘afihim, wa’fu ‘anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa’ata ‘ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Setelah kamu melantunkan doa tersebut kemudian lanjutkan dengan membaca doa sapu jagat, membaca sholawat atas nabi dan surat Al Fatihah sebagai penutup atas doanya. 

Doa untuk Orang Tua yang Sakit 

Orang tuamu sedang sakit? Kamu bisa menggunakan doa ini untuk memberikan kesembuhan lebih maksimal dan sesuai sasarannya. Bacaannya bisa langsung cek di bawah ini!

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Doa untuk Orang Tua yang Sakit Keras 

Orang tua sedang sakit keras atau sakit yang nggak kunjung sembuh? Kamu bisa menggunakan lantunan doa yang ada di bawah ini!

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Doa untuk Orang Tua Lain yang Lebih Tua 

Maksud dari doa ini adalah kamu bisa mendoakan orang lain yang usianya lebih tua seperti guru, mereka yang berjasa bahkan pahlawan dan berhak mendapatkan doa ini. Adapun untuk bacaan yang bisa dilantunkan langsung cek di bawah ini!

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahya’i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushūshan ila aba’ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu’allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi ‘alayna.

Artinya: Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

Keutamaan Mendoakan Orang Tua 

Mengapa sih kita harus mendoakan orang tua semasa hidup sampai mereka meninggal? Ternyata ada beberapa keutamaan yang bisa kamu pahami seperti di bawah ini!

Mendapatkan Imbalan Surga 

sukabumiupdate.com

Nggak main-main bagi anak yang mendoakan kedua orang tuanya mereka bakalan langsung mendapatkan imbalan berupa surga. Doa anak yang sholeh dan sholehah memang bakalan mengangkat derajat orang tua sehingga bagi anak yang dengan ikhlas dan tulus melakukannya bakalan langsung mendapatkan imbalan berupa surga. 

Untuk itu, kamu harus banget mendoakan kedua orang tua semasa hidup sampai mereka meninggal paling nggak setelah sholat wajib. Untuk bisa terbiasa mungkin awalnya memang susah namun setelah dipaksa dan diupayakan maka nantinya kamu bakalan terbiasa juga. 

Dimudahkan Rezekinya 

detik.com

Keutamaan kedua dengan mendoakan kedua orang tua adalah rezeki bakalan menjadi lebih mudah. Rezeki yang diberikan Allah tentu nggak hanya dalam bentuk uang dan materi saja namun juga mengenai kemudahan segala bentuk urusan sampai dengan kesehatan dan nafas yang lega setiap harinya. 

Kamu yang rajin dan tulus mendoakan kedua orang tua nantinya bakalan mendapatkan rezeki yang lebih dimudahkan sebagai balasan untuk anak yang berbakti pada orang tua. Allah yang ridha dengan keberhasilan anak tersebut lantaran orang tuanya tentu nggak bakalan sulit bagi Allah untuk memberikan apapun yang sudah menjadi kehendaknya. 

Dijauhkan dari Hal Sulit dan Rumit 

duhamuslimwear.com

Keutamaan mendoakan kedua orang tua yang ketiganya adalah kita bakalan lebih dijauhkan dari hal sulit dan rumit. Kamu tentunya tahu ketika kita bertemu dengan hal yang rumit dan sulit maka otomatis kita bakalan pusing dan kehabisan tenaga. Hal ini juga menyebabkan seseorang mudah setres dan putus asa.

Jika kamu sering seperti ini maka cobalah untuk lebih banyak mendoakan kedua orang tuamu. Dengan begitu kamu bakalan mendapatkan lebih banyak kemudahan untuk menjalani masalah dan juga hal sulit yang hadir dalam kehidupanmu. 

Mendoakan Orang Tua Menjadi Perilaku yang Dicintai Allah SWT 

jatim.nu.or.id

Keutamaan selanjutnya yang perlu kamu tahu dari mendoakan kedua orang tua adalah salah satu hal yang paling dicintai Allah SWT terhadap anak yang sholeh maupun sholehah. Melaksanakan hal yang dicintai Allah tentu bakalan mendatangnya banyak berkah dan pahala dalam hidup sehingga kamu perlu banget untuk menyempatkannya. 

Doakan kedua orang tuamu baik ketika mereka masih hidup, sakit maupun ketika sudah meninggal tanpa terputus. Doa dari anak yang sholeh dan sholehah menjadi harta paling berharga tentunya. 


Baca juga: