me

5 Cara Menyetrika Rok Plisket, Dijamin Rapi!

Nov 29, 2022.By Nadine
Bagikan

farfetch.com

Biasanya pas lagi pilah-pilih outfit, cewek-cewek suka banget pilih model yang bisa memberikan ilusi ramping. Jadi nggak heran kalau rok plisket jadi favorit para cewek. Selain bikin tampilan kamu terkesan feminin, rok yang detailnya berlipat-lipat ini memang nggak pernah gagal bikin tubuh pemakainya terlihat lebih jenjang dan ramping. Tapi sudah tahu belum bagaimana cara menyetrika rok plisket?

Karena modelnya yang berlipat-lipat, kalau nggak kamu jaga dengan baik memang lipatannya bisa rusak. Bakal lebih susah kalau kamu harus mengulang lagi melipatnya, karena butuh ketelitian dan waktu yang nggak sebentar. Nah, supaya nggak ribet, kamu bisa kok menyetrikanya dengan cara yang tepat. Yuk, intip langsung beberapa caranya di bawah ini.

Baca juga:


1. Cara Menyetrika Rok Plisket Lipatan Besar

www.today.com

Rok plisket jenisnya ada yang lipatannya besar dan ada yang kecil. Ternyata, cara menangani rok plisket yang lipatannya besar dan kecil itu agak berbeda, lho. Misalnya Blibli Friends punya Eve Maternity Rok Plisket Lidi Panjang RALIDI yang harganya Rp 98 ribuan. Rok yang terbuat dari bahan katun dan berpinggang karet ini lipatannya cukup besar. Jadi cara menyetrikanya butuh trik khusus.

Pertama siapkan dulu alas yang lurus. Paling oke sih kalau pakai meja setrika. Lalu setrika dulu bagian pinggangnya, karena ini adalah bagian yang paling mudah. Setelah pinggang selesai, cubit bagian atas plisket lalu telusuri lipatannya sampai ke bawah untuk merapikan. Lalu setrika lipatan plisket yang besar itu satu-persatu sampai selesai. Cara ini dijamin nggak bakal bikin lipatan berantakan.

Kalau mau lebih yakin lagi tiap lipatan benar-benar rapi, tiap kali selesai setrika 1 lipatan, Blibli Friends bisa tambahkan uap di lipatan yang baru disetrika. Biarkan sebentar sampai lipatan tadi nggak panas lagi. Baru deh lanjutkan ke lipatan berikutnya.

2. Cara Menyetrika Rok Plisket Lipatan Kecil

dress-en.techinfus.com

Rok plisket yang ukuran lipatannya lebih kecil, cara menyetrikanya lebih sulit? Memang nggak bisa dipungkiri, sih. Tapi tetap bisa dilakukan, kok. Memang butuh waktu yang lebih panjang dan harus lebih teliti. Selain itu, sediakan juga alat bantu seperti jarum pentul untuk membuat lipatannya tetap rapi/

Setelah menyiapkan meja setrika, sama dengan cara sebelumnya, setrika dulu bagian pinggang rok. Setelah itu, bagi lipatannya menjadi beberapa bagian. Nah, bagian yang akan segera disetrika, biarkan dulu. Sedangkan bagian lipatan yang belum mau disetrika, kumpulkan jadi satu dengan beberapa jarum pentul. Baru deh mulai menyetrika.

Mulai dari bagian atas yang lipatannya paling rapi, yaitu di bawah pinggang. Setrika lipatan satu-persatu sampai ke bawah. Setelah satu bagian selesai, baru kamu bisa lepaskan jarum pentul di bagian yang mau disetrika selanjutnya. Lanjutkan begitu terus, sampai bagian yang disambungkan dengan jarum pentul habis.

3. Cara Menyetrika Rok Plisket dengan Lilin

Dream.co.id

Cara ketiga yang bisa bikin lipatan rok plisket tetap rapi saat disetrika adalah menggunakan bantuan lilin. Yang dimaksud lilin di sini adalah lilin putih yang sering kamu gunakan kalau lagi mati lampu. Nah sebelum disetrika, letakkan rok di atas meja setrika. Lalu di tiap sisi lipatan oleskan lilin. Tujuannya adalah supaya lipatan jadi lebih rapi dan nggak gampang bergerak-gerak pas lagi disetrika.

Setelah semua pinggiran lipatan sudah dioleskan lilin, nyalakan setrika. Gunakan suhu rendah sampai sedang saja, ya. Mulai deh setrika dari lipatan yang di bawah pinggang, terus menuju ke lipatan paling bawah. Kalau pakai cara ini, katanya sih lipatan rok plisket bisa diam di tempatnya dan hasilnya jauh lebih rapi. Blibli Friends jadi nggak perlu menggosok sampai berulang kali. Yuk, langsung dicoba!

4. Cara Menyetrika Rok Plisket dengan Klip Kertas

dress24h.com

Punya klip atau penjepit kertas di rumah? Lebih bagus lagi kalau klipnya terbuat dari plastik. Kalau klip kertas yang bahannya dari metal, kadang bisa menimbulkan noda karat di kain. Nah, kalau punya klip kertas plastik, bisa dijadikan alat untuk membantu kamu pas menyetrika rok plisket. Tujuan pakai klip adalah untuk memisahkan lipatannya, biar nggak tumpang tindih dan berantakan.

Pertama siapkan dulu setrika, atur ke suhu yang paling rendah saja. Sementara menunggu setrika siap, rapikan tiap lipatan rok, lalu di bagian bawahnya yang paling ujung jepit dengan beberapa klip kertas. jadi bentuknya lebih rapi. Begitu disetrika juga nggak akan bergerak-gerak dan merusak bentuk.

Setelah siap, langsung setrika dari lipatan paling atas, di bawah pinggang. Luncurkan setrika ke bawah. Kelebihannya kalau kamu pakai cara ini adalah, kamu bisa langsung menyetrika dari atas ke bawah dengan satu kali gosokan. Soalnya bagian bawahnya nggak bakal terbuka-buka, sudah tertahan dengan klip.

Kalau semua bagian sudah selesai disetrika dan rok plisket mau langsung kamu pakai, jangan lupa lepas klip kertasnya. Tapi kalau setelah disetrika mau disimpan, kamu bisa biarkan saja klipnya di sana. Asalkan pakai yang bahannya dari plastik, ya. Jadi nggak bakal meninggalkan noda yang mengganggu dan jadi masalah baru.

5. Cara Menyetrika Rok Plisket yang Ada Sakunya

Blibli.com

Beberapa merek fashion hadir dengan koleksi rok plisket yang ada kantongnya. Biasanya model kantongnya adalah kantong dalam, jadi nggak terlihat dari luar. Ada yang kantongnya hanya ada di satu sisi, misalnya di sebelah kiri, ada juga yang di kedua sisi. Jadi bagaimana cara menyetrika rok lipit yang berkantong supaya hasilnya tetap rapi?

Sebelum menyetrika bagian luar rok plisket, sebaiknya setrika dulu bagian kantongnya. Caranya gampang banget. Balikkan dulu rok lipat, jadi bagian dalamnya yang ada di atas meja setrika. Setelah itu, setrika bagian kantongnya sampai rapi. Baru lanjutkan dengan menyetrika bagian luar rok. Dengan cara ini, hasilnya jadi jauh lebih rapi. Kantong pun tetap terjaga bentuknya dan berfungsi seperti seharusnya.

Ada banyak cara menyetrika rok plisket. Ternyata nggak terlalu sulit, kan? Jangan lupa, pas menyimpan juga harus diperhatikan. Disarankan untuk menggantung rok plisket di lemari, jangan melipatnya kalau kepingin bentuknya tetap sempurna. Selain itu, pas mencuci juga disarankan direndam dan dicuci pakai tangan. Sebisa mungkin, hindari mencuci rok plisket pakai mesin.


Baca juga:

Nah, kalau sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari, jadi nggak ragu kan buat pakai rok plisket yang trendi? Langsung saja temukan beragam varian rok plisket di Blibli. Di sini, Blibli Friends bakal dapatkan model dan warna yang lengkap! Belanja di Blibli juga untung banget karena ada promo gratis ongkir. Jadi lebih hemat, kan?