me

Cara Menggunakan Panci Elektrik, Biar Nggak Salah

Apr 03, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.blibli.com

Cara menggunakan panci elektrik menjadi sesuatu yang harus kamu ketahui karena akan memudahkanmu dalam memasak. Buat kamu yang gemar banget memasak, wajib banget mengoleksi panci elektrik atau panci listrik ini di dapur. Kamu bisa mengganti tugas kompor gas ke panci listrik yang terbukti lebih cepat matang dan lebih hemat.

Bahkan, panci elektrik ini juga cocok dibawa saat travelling karena umumnya memiliki ukuran yang nggak terlalu besar. Buat kamu yang tinggal sendirian, jenis panci ini juga sangat cocok buat dimiliki karena sangat praktis.

BACA JUGA : Ingin Jadi Pastry Chef? Kamu Wajib Memiliki 13 Alat Ini

————————————————————————————————————————————

Apa Keistimewaan Panci Elektrik?

Panci elektrik memiliki sejumlah kelebihan yang nggak bisa kamu temukan di panci biasa. Pertama, dilengkapi dengan fitur kontrol suhu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga makanan nggak akan gosong. Kedua, panci elektrik umumnya dilengkapi dengan lapisan anti lengket dan sangat aman digunakan. Ketiga, proses memasak dan menghangatkan makanan jauh lebih cepat.

Keempat, panci ini dilengkapi dengan penutup transparan yang memudahkan kita untuk mengecek kematangan masakan. Kelima, panci ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Panci elektrik umumnya bersifat serbaguna, bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan dalam satu alat. Selain itu, konsumsi listriknya juga terbilang hemat.

Cara Menggunakan Panci Elektrik

Sebenarnya cara menggunakan panci elektrik adalah hal yang sangat gampang. Tapi kalau masih baru pertama kali memiliki, pasti kamu belum mengetahui cara penggunaannya. So, ini dia langkah-langkah menggunakan panci elektrik dengan mudah:

  1. Letakkan panci elektrik ke tempat yang dekat dengan aliran listrik. Setelah itu, colokkan steker ke stop kontak lalu nyalakan mesinnya.
  2. Mulailah memasak sebagaimana biasa dengan bahan-bahan yang telah kamu siapkan.
  3. Kalau digunakan untuk menghangatkan, saat air mulai bergejolak, matikan penghangat terlebih dahulu dan lepas steker dari aliran listrik.  Setelah itu buka dan tuang masakan ke wadah lain.
  4. Setelah proses memasak atau menghangatkan selesai, segera lepaskan stop kontak dari aliran listrik. Cuci bersih panci elektrik sesuai dengan prosedur yang tercantum dalam buku manual.

Panci Elektrik Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Sebagaimana panci biasa, panci elektrik juga paling umum digunakan untuk mengukus. Beberapa produsen memang menjual panci elektrik khusus untuk merebus atau mengukus saja. Namun, bukanlah hal yang sulit buat kamu mendapatkan panci elektrik yang serbaguna.

Di pasaran, kamu bisa dengan gampang mendapatkan satu buah panci yang bisa digunakan untuk mengukus, merebus, menggoreng, menumis, dan menghangatkan makanan. Dengan kata lain, satu alat bisa mempermudah semua urusan memasak sehari-harimu. Tapi perlu diketahui, memasak dalam jumlah besar nggak disarankan menggunakan jenis panci ini karena ukurannya kurang mumpuni.

Apa Saja Masakan yang Bisa Dimasak dengan Panci Elektrik?

Bukan hanya bisa untuk merebus air atau memasak mie, rupanya panci elektrik bisa memasak banyak jenis makanan, lho. Beberapa jenis makanan yang bisa dimasak dengan jenis panci ini antara lain adalah:

  1. Nasi

Nggak melulu pakai magic com, kamu juga bisa menanak nasi menggunakan panci elektrik, lho. Caranya kamu tinggal memasak beras hingga setengah matang dan mengembang dengan baik. Setelah itu masukkan beras yang sudah setengah matang tad ke panci kukusan elektrik. Tunggu sejenak sampai nasi benar-benar matang dan siap dinikmati dengan lauk dan sayur kesukaanmu.

  1. Aneka Camilan

Kamu bisa memanfaatkan panci elektrik multifungsi untuk membuat berbagai camilan rumahan yang lezat, mulai dari bakpao atau kue basah lainnya, nugget, bakso, atau berbagai macam gorengan. Panci elektrik yang berkualitas baik nggak akan merusak nutrisi pada makanan sehingga dijamin tetap aman buat keluargamu yang manis dan harmonis.

  1. Sup dan Makanan Berkuah Lainnya

Sup merupakan makanan sederhana yang sering ditemui di mana saja dan pastinya gampang dibuat. Selain enak, sup juga makanan sehat karena di dalamnya terdapat banyak jenis sayuran seperti wortel, buncis, kentang, daun bawang, daging, bakso, dan lain-lain. Kini, membuat sup dan aneka makanan berkuah lainnya bisa lebih cepat dan praktis dengan panci elektrik.

  1. Aneka Tumisan

Buat kamu yang sering bosan dengan makanan berkuah, kamu bisa tetap hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran yang di tumis, kok. Kalau sudah punya panci elektrik, kamu bisa memasak berbagai tumisan dengan mudah di panci yang biasa kamu pakai buat masak sayuran berkuah. Mulai dari tumis kangkung, tumis kacang panjang, tumis jamur, atau bahkan cap cay.

Rekomendasi Panci Elektrik

Kalau kamu lagi bingung banget mau beli panci tapi nggak ada referensi. Ini dia beberapa rekomendasi panci elektrik harga termurah yang wajib jadi koleksi di dapurmu!

  1. GD House MTA-27919980

GD House Panci Listrik Serbaguna Multifungsi Elektrik Cooker 1,2 Liter

Panci elektrik multifungsi dari GD House ini dilengkapi dengan mode untuk mengatur tingkat kepanasan sesuai dengan kebutuhan. Panci ini bahkan juga dilengkapi dengan alat untuk merebus telur dan steamer stainless. Pegangannya pun juga anti panas sehingga aman digunakan saat bersama anak-anak. Harganya lumayan miring, cuma sekitar Rp110 ribuan.

  1. Panci Elektrik MTA-37118251

Panci Elektrik Serbaguna dan Multifungsi Goreng + Kukus warna Random

Dengan panci elektrik dari brand MTA-37118251 ini makanan favorit keluarga bisa selesai kamu masak hanya dalam sekitar 25 menit saja.  Dilengkapi pula dengan fungsi penggorengan yang gampang banget dibersihkan. ada juga fitur kontrol suhu ganda yang membuat proses memasak makin aman dan gampang. Untuk mendapatkannya kamu cukup membeli seharga Rp70.000-an aja.

  1. Kels MTA-35993462

KELS - PANCI ELEKTRIK / PANCI LISTRIK SERBAGUNA / MULTIFUNCTION COOKER / HOT POT & STEAM / MULTI POT 1.2L HIJAU

Hadir dengan desain yang modern dan stylish, panci elektrik dari Kels ini siap mempermudah segala urusan dapur. Panci ini dibekali dengan fitur knob switch untuk menyesuaikan daya dan over temperature & dry boil protection. Buat memiliki panci ergonomis dan berkualitas ini, kamu bisa mendapatkannya dengan membeli seharga kurang lebih Rp300.000-an.

  1. Advance C-19

Advance C-19 Panci Listrik

Advance menghadirkan panci elektrik dengan desain yang lucu dan imut, cocok buat kamu yang sedang mengajari anak gadismu betah di dapur. Saat kekurangan air atau suhu tinggi, panci akan mati secara otomatis sehingga keamanan lebih terjamin. Kamu bisa mendapatkan panci berkapasitas 0,8 liter ini dengan merogoh kocek sekitar Rp80 ribuan saja.

  1. Arashi MTA-30663793

Arashi Panci Listrik Serbaguna 1,5L Promo Murah

Satu lagi rekomendasi panci elektrik yang nggak kalah berkualitas yaitu dari Arashi. Panci ini terbuat dari stainless steel food grade tebal yang sangat berkualitas. Panci berkapasitas 1,5 liter ini cocok banget untuk kamu yang butuh alat memasak di kamar kos. Harganya pun cukup miring, hanya sekitar Rp90 ribuan aja.

———————————————————————————————————————-

BACA JUGA : Beda Juicer dan Blender, Biar Nggak Ketuker

So, itulah beberapa keistimewaan, kegunaan, dan rekomendasi panci elektrik yang bisa kamu beli. Kalau kamu sudah punya budget yang cukup dan pengen segera membelinya, kamu bisa memesannya di Blibli. Selain menawarkan barang yang orisinal, Blibli juga memastikan bahwa harga yang ditawarkan selalu lebih murah dari toko lain.

Blibli menawarkan pilihan panci elektrik yang sangat lengkap sehingga kamu bisa bebas memilih sesuai selera. Kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya dengan harga bersahabat di Blibli, lho. Yuk, buruan cek dan serbu promo menariknya di Blibli!

 

Tag: