Beda Juicer dan Blender, Biar Nggak Ketuker

Apr 03, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Beda Juicer dan Blender – Pola hidup sehat belakangan ini mulai banyak disukai oleh para kawula muda hingga orang dewasa. Salah satu metode yang paling populer dan mudah dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Nah, biar nggak melulu itu aja, kini kamu bisa mencoba berinovasi menyantap makanan yang diolah menggunakan mesin juicer atau blender.

Namun, tahukah kamu kalau beda juicer dan blender itu? Masih banyak orang yang beranggapan kedua alat itu sama karena memiliki fungsi yang serupa, yakni sebagai food processor. Meski begitu, juicer dan blender sebenarnya mempunyai beberapa perbedaan lho, baik dari segi bentuk maupun cara penggunaannya. Sebelum salah beli, yuk simak perbedaan juicer dan blender berikut.

BACA JUGA : Ingin Jadi Pastry Chef? Kamu Wajib Memiliki 13 Alat Ini

———————————————————————————————————————————

Apa Perbedaan Juicer dan Blender

Kalau bicara soal persamaannya, juicer dan blender sama-sama bisa digunakan untuk membuat jus segar. Tetapi, jika kamu lebih suka membuat jus dengan kecepatan tinggi, maka lebih disarankan menggunakan blender karena mempunyai mata pisau yang berguna untuk menghaluskan buah dan sayur di dalamnya.

Kalau kamu lebih menyukai alat yang nggak menimbulkan suara bising saat digunakan dan bisa memisahkan ampas dengan maksimal nggak ada salahnya juga memilih alat juicer. Sebab, juicer nggak menggunakan pisau berputar dengan kecepatan sekitar 44 rpm. Jadi, lebih ringan dan nggak gampang panas.

Juicer alat yang berfungsi mengekstrak sari buah atau sayuran dari ampasnya tanpa menggunakan tambahan air. Kamu nggak perlu repot membelah buah menjadi bagian kecil-kecil seperti pada blender. Berbeda dengan blender yang fungsi utamanya untuk menghancurkan dan mencampurkan bahan sayuran dan buah-buahan. Jadi, pada blender ini nggak ada serat yang terbuang.

Buat yang gemar mengkonsumsi jus smoothies, blender sangat direkomendasikan. Namun, jika kamu lebih menyukai jus murni tanpa ampas, juicer juga bisa kamu pilih. Terlebih, dari segi harga nggak berbeda jauh kok. Untuk juicer, umumnya berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp8 jutaan tergantung merk dan spesifikasinya. Sementara, blender harganya sekitar Rp150 ribu-Rp3 juta rupiah.

Rekomendasi Juicer dan Blender

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghasilkan minuman yang menyehatkan. Nah, berikut ada beberapa produk juicer dan blender yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

  1. Cosmos CJ-3910 Slow Juicer
Cosmos CJ-3910 Slow Juicer (800 mL)

Juicer dari Cosmos ini mampu diandalkan untuk membuat minuman sehat yang penuh nutrisi bagi seluruh anggota keluarga. Dengan adanya fitur auto cleaning, juicer Cosmos seri CJ-3910 ini proses pencuciannya juga lebih mudah. Terdapat pula sistem saringan yang mampu membersihkan ampas dengan sempurna sehingga bisa diperoleh jus murni.

Jus dengan kapasitas 800 ml ini mampu bekerja dengan low rpm, sehingga jus buah yang dihasilkan akan terbebas dari oksidasi. Kamu juga nggak perlu khawatir boros listrik, karena produk ini hanya mengkonsumsi daya 150 watt saja. Juicer Cosmos harganya juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp1.4 jutaan saja.

  1. Kirin KJE-398 Juicer
Blender Juicer Kirin KJE-398

Memang nggak terlalu banyak produk juicer keluaran Kirin, tetapi juicer seri KJE-398 sangat recommended kamu pilih. Produk ini dilengkapi dengan fitur safety locking handle yang akan mencegah juicer akan menyala sebelum benar-benar terkunci rapat. Ditambah lagi, produk ini bisa secara otomatis menampung ampas buah pada bagian pulp bin dengan cepat.

Kapasitasnya pun juga cukup besar, yakni 1.2 liter dengan daya 400 watt. Produk ini juga nggak mudah karatan karena terbuat dari stainless steel berkualitas. Hadirnya tombol speed button pada juicer Kirin juga membantumu dalam mematikan dan mengatur kecepatan dengan lebih leluasa. Produk ini dibanderol hanya Rp640 ribuan saja.

  1. Maspion  MSJ-01 Juicer
Maspion MSJ-01 Slow Juicer

Maspion hadir dengan juicer tipe MSJ-01 yang mampu menghasilkan jus lebih banyak dengan tetap mempertahankan nutrisinya. Slow juicer ini juga dilengkapi dengan filter pemisah ampas supaya nggak tercampur bersama sari jus. Kecepatan pressing-nya yang bertenaga 35 rpm dan hemat listrik sehingga lebih mudah pengoperasiannya.

Juicer ini juga memiliki fruit container ekstra besar dengan diameter 83 mm sehingga memungkinkan kamu membuat jus dari sepotong apel utuh tanpa perlu memotongnya. Materialnya yang berkualitas tinggi juga lebih tahan lama dan nggak gampang rusak ketika digunakan. Juicer dari merk Maspion ini bisa kamu dapatkan berkisar Rp2.3 jutaan.

  1. Miyako BL-101 Blender 
Pilihan Blibli Miyako BL-101 PL Blender

Blibli Friends pasti udah nggak asing dong dengan produk elektronik Miyako. Nah, blender dari merk Miyako ini mampu membantumu dalam menghaluskan bumbu masakan atau membuat jus dengan lebih mudah, nggak perlu lagi deh cara konvensional. Makanan yang kamu olah juga terjamin higienis karena mata pisaunya terbuat dari stainless steel anti-karat.

Blender dengan kapasitas besar hingga 1 liter ini bisa kamu pilih jika ingin memiliki blender dengan harga murah, tetapi dengan kualitas yang nggak murahan. Blender Miyako seri BL-101 ini bisa kamu dapatkan seharga Rp.200 ribuan aja.

  1. National Omega Bl-T11A/HC Blender 
Blender National Omega BL-T11A/HC NATIONAL BL-T8 Blender 2 in 1 Murah

Blender berkaca putih dengan perpaduan grinder bumbu yang menawan dari merk National ini sangat memudahkan kamu dalam menghaluskan bahan makanan hingga es batu sekalipun. Blender ini juga sudah dilengkapi teknologi circuit breaker yang membuat kinerjanya lebih optimal dengan mengurangi panas dan mencegah terjadinya korsleting.

Selain itu, blender dengan kapasitas 1.2 liter ini konsumsi dayanya cukup sedikit hanya 220 watt saja dan bunyi yang dihasilkan juga cukup halus untuk proses penggilingan.  Nah, produk ini sangat ideal dipilih karena dilengkapi tiga pilihan kecepatan yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Untuk harganya, bisa didapatkan berkisar Rp120 ribuan.

  1. Nutribullet Blender Combo 1000W7-Pc 
Nutribullet Blender Combo 1000W 7-Pc Dark Gray

Mirip dengan namanya, blender dari merk Nutribullet ini mempunyai bentuk mirip sebuah bullet atau peluru. Memiliki mata pisau yang terbuat dari stainless steel, blender ini bisa menghancurkan makanan dengan sangat singkat mulai dari bumbu dapur, es batu, buah, sayuran, hingga daging.

Meskipun blender ini membutuhkan daya konsumsi cukup besar sekitar 1000 watt, tetapi bodinya yang tercipta dari komponen terbaik mampu membuatnya nggak gampang rusak dan kokoh. Nah, blender multifungsi seharga Rp2.3 juta rupiah ini juga mempunyai kapasitas jumbo mencapai 1.6 liter, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan smoothies keluarga.

————————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Apa Sih Bedanya Beras Setra Ramos, Pandan Wangi, dan Rojolele? Yuk Cari Tahu!

Itu dia penjelasan tentang beda juicer dan blender yang ternyata banyak orang yang belum ketahui. Meski sedikit berbeda, fungsi kedua alat itu sama yaitu berguna untuk membantumu membuat jus segar yang sehat dan bergizi. Nah, buat kamu yang mempunyai rencana gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus tiap hari, akan lebih bagus lagi kalau kamu beli blender atau juicer di Blibli.

Nggak cuma dapat potongan ongkir dan voucher diskon aja, produk juicer dan blender yang kamu pilih juga dijamin ori nggak bakal mengecewakan. Kalau kamu udah punya incaran produknya yang akan dibeli di Blibli, yuk segera checkout saja! Cek juga penawaran menarik lainnya.

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel