Apakah setiap kali memakan cake, hidupmu terasa lebih bahagia? Kandungan gula yang ada dalam cake mungkin memang bisa meningkatkan mood-mu. Tapi, yang sesungguhnya berjasa membuat dirimu menjadi lebih bahagia itu bukanlah gula yang ada, melainkan para pastry chef – orang yang membuat sepotong kebahagiaan tersebut.

Pastry chef merupakan orang-orang berdedikasi tinggi yang selalu memperhatikan setiap detail terkecil untuk memastikan semua kue yang dibuat dapat membuatmu lebih bahagia. Mulai dari jenis bahan, ukuran, serta teknik yang dibutuhkan untuk membuat kue, ia pasti akan memperhatikan semuanya.

Untuk memperhatikan seluruh detail tersebut dan menciptakan cake yang sempurna, tentu saja para pastry chef membutuhkan alat-alat tertentu. Nah, jika kamu bercita-cita untuk mengikuti jejak mereka dan ingin ikut menyebarkan kebahagiaan, kamu harus memiliki perlengkapan pastry chef.

1. Balloon whiskballon-whisk

Via Baking Vintage

Sebuah cake yang enak tentunya nggak akan terasa lengkap tanpa cream. Namun, untuk membuat cream yang ringan dan fluffy, kamu membutuhkan teknik serta whisk yang tepat.

Meskipun terdapat banyak pilihan whisk yang dapat digunakan, biasanya para pastry chef akan memilih balloon whisk sebagai whisk yang wajib untuk dimiliki.

Balloon whisk merupakan whisk serba guna. Nggak hanya unggul dalam membuat cream yang fluffy, balloon whisk juga bisa kamu gunakan untuk mengaduk adonan kering.

Saat memilih balloon whisk ini, usahakan agar kamu memilih kawat yang berukuran tipis. Kawat tipis ini bisa membuat cream yang kamu buat menjadi semakin fluffy.

2. Rolling pin

rolling-pinVia Brika

Rolling pin tentunya sangat dibutuhkan untuk membentuk dan memipihkan adonan. Tanpa rolling pin, para pastry chef akan kesulitan saat harus meregangkan adonan dengan permukaan yang sama rata.

Para pastry chef lebih senang menggunakan rolling pin yang berbentuk lancip karena rolling pin jenis ini lebih mudah digerakkan dan diatur penekanannya. Dengan begitu, adonan pun akan terasa semakin enak dan halus.

3. Rubber spatula

rubber-spatulaVia Homyware

Dulu, spatula yang biasa digunakan para pastry chef untuk mengaduk dan memindahkan adonan menggunakan bahan dasar dari kayu. Namun, teknologi masa kini sudah membuat para chef beralih kepada spatula yang menggunakan bahan silikon.

Nggak hanya lebih ringan, rubber spatula ini juga sudah tahan panas sehingga para pastry chef bisa menggunakannya untuk mengaduk saus krim yang panas dan juga lelehan cokelat. Pilihan utama para pastry chef deh!

4. Baking scraper

baking-scracaperVia The Pioneer Woman

Bila adonan yang ada di dalam mangkuk masih tersisa dan nggak bisa diraih lagi oleh spatula, para pastry chef akan menggunakan baking scraper untuk mengambil seluruh sisa adonan.

Selain untuk mengambil adonan, baking scraper juga digunakan untuk memotong dan membagi-bagi adonan roti. Karena bentuknya yang beragam, ada juga baking scraper yang digunakan untuk mendekorasi kue dan membuat garnish cokelat.

5. Pallette knives/frosting spatula

palette-knifesVia Clumsy Chic

Untuk mempercantik penampilan dari cake, pastry chef akan mengoleskan cream untuk menutupi seluruh bagian kue. Agar cream bisa dioleskan dengan rapi dan merata, pastry chef akan menggunakan pisau tumpul yang biasa disebut dengan pallet knives atau frosting spatula.

Pallet knives memiliki berbagai macam bentuk yang akan menghasilkan tampilan cream yang berbeda. Tentu penggunaan pallet knives harus disesuaikan dengan kebutuhan dan cake yang ingin dibuat.

6. Pastry bag/piping bag dan nozzle tip

pastry-bagVia Howcast

Selain menggunakan pallet knives, para pastry chef juga mendekorasi kuenya dengan aneka cream. Untuk membuat bentuk-bentuk seperti bunga mawar, bunga matahari, dan juga bentuk lain, pastry chef harus membentuk cream dengan menggunakan piping bag.

Tentu saja untuk membuat bentuk yang cantik dan beragam, mereka membutuhkan nozzle tip sebagai cetakan cream. Kamu bisa menemukan berbagai jenis nozzle tip yang bisa memberi kesan yang berbeda pada setiap kue.

7. Candy thermometer

candy-thermometer

Walaupun candy thermometer memiliki fungsi yang sama seperti termometer pada umumnya (mengukur suhu), para pastry chef wajib memiliki candy thermometer.

Gula memiliki titik didih yang lebih tinggi dari makanan pada umumnya, sehingga pastry chef nggak bisa menggunakan termometer biasa. Gula harus dimasak hingga temperatur yang tepat untuk mendapat konsistensi yang sesuai, karenanya candy thermometer menjadi salah satu alat wajib buat pastry chef.


BACA JUGAΒ Kata Siapa Memasak Itu Sulit? 7 Hal Ini Bisa Membantu Acara Masakmu Menjadi Lebih Mudah


8. Measuring jug

measuring-jugVia Joseph Joseph

Agar kue yang dibuat memiliki bentuk dan rasa yang tepat, pastry chef harus menggunakan ukuran bahan persis dengan resep yang ada. Karena itu, mereka harus mengukur semua bahan mereka dengan hati-hati.

Measuring jug sangatlah mereka butuhkan untuk mengukur bahan berbentuk cair yang akan dimasukkan ke dalam adonan. Tanpa alat ini, mereka pun bisa gagal saat membuat adonan, karena takaran cairan yang nggak tepat bisa membuat adonan terlalu keras ataupun terlalu lembek.

9. Food scale

food-scale

Nggak hanya bahan berbentuk cair, para pastry chef juga wajib mengukur semua bahan kering yang mereka gunakan dengan seksama. Tanpa ketelitian dan ukuran bahan yang tepat, pastry chef nggak akan bisa menghasilkan kue yang enak.

Berbeda dengan savoury chef, para pastry chef nggak bisa menambahkan tepung, gula, ataupun bahan lain ketika makanan (kue) sudah matang. Jika kue itu terasa tawar, maka ia nggak bisa lagi menambahkan bahan-bahan lain untuk membuat kue itu lebih enak. Karena itu, food scale wajib dimiliki untuk mengukur seluruh bahan masakan.

10. Baking sheets dan loyang

loyangVia Sobeys

Untuk memanggang kue, tentu saja para pastry chef membutuhkan loyang sesuai dengan jenis kue yang ingin mereka buat. Nggak hanya sebagai alas untuk menaruh adonan di oven, loyang ini juga bisa digunakan sebagai cetakan kue. Karena itu, para pastry chef pasti akan mengoleksi berbagai bentuk loyang.

Sebelum menaruh adonan ke dalam loyang, para pastry chef wajib mengalasinya terlebih dahulu dengan baking sheets. Dengan begitu, adonan nggak akan menempel di loyang dan kue pun bisa lebih mudah diangkat ketika sudah matang.

11. Tamis Sieve (pengayak)

pengayakVia Gretchens Bakery

Pada setiap tepung ataupun gula yang paling halus sekalipun, biasanya tetap akan ada beberapa bagian partikel yang menggumpal. Jika tepung dan gula dibiarkan seperti itu tanpa diayak, maka adonan pun akan sulit untuk tercampur dengan sempurna.

Karena itu, pengayak adalah salah satu barang yang sangat wajib untuk dimiliki para pastry chef. Tanpanya, ia akan sangat kesulitan untuk membuat rasa kue yang merata seluruhnya.

Nggak hanya itu, para pastry chef juga menggunakan pengayak untuk memberi hiasan gula halus pada bagian atas kue setelah selesai dibuat.

12. Cake levelercake-leveler

Via Mainly Gluten Free in NYC

Setiap kali memotong kue ulang tahun, kamu pasti akan melihat bahwa kue ulang tahunmu terdiri dari beberapa lapisan yang dipisahkan oleh cream. Nah, untuk membuat kue yang berlapis seperti itu, para pastry chef menggunakan cake leveler.

Dengan menggunakan cake leveler, kue akan terpotong dengan permukaan yang rata. Hasilnya pasti akan sangat berbeda dibanding dengan saat kue dipotong hanya dengan menggunakan pisau biasa.

13. Cooling rack

cooling-rack

Hal terakhir yang pasti dimiliki semua pastry chef adalah cooling rack, tempatnya seluruh kue yang baru selesai dipanggang akan dipajang. Cooling rack biasanya memiliki rongga-rongga yang membuat kue bisa dingin dengan lebih cepat. Dengan begitu, kue pun bisa lebih cepat untuk didekorasi.

Ketiga belas alat ini merupakan alat yang penting banget bagi para pastry chef. Tanpa alat-alat ini, mereka nggak bisa menghasilkan kue yang enak dan juga cantik.

Kalau kamu mau belajar untuk menjadi salah satu dari mereka, kamu juga harus memiliki alat-alat ini. Yuk belanja keperluan membuat kuemu di Blibli.com. Semua yang kamu butuhkan ada di sini lho!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY