Cara Mencuci Pompa ASI Supaya Tetap Higienis

Cara Mencuci Pompa ASI
Image Source: ParentingDream

Cara Mencuci Pompa ASIPompa asi bisa jadi solusi terbaik bagi para wanita karir yang telah menjadi seorang ibu. Sekalipun harus berada di kantor selama beberapa jam, hal itu bukan menjadi persoalan yang besar. Pasalnya, sebelum berangkat ke kantor, kamu bisa menyimpan persediaan ASI di kulkas. Dengan begitu, si kecil masih bisa menikmati ASI secara eksklusif sekalipun kamu sedang bekerja. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pompa ASI menjadi salah satu produk yang wajib dimiliki para ibu.

Mengingat alat ini akan bersentuhan langsung dengan tubuh kamu, kebersihannya tentu perlu dijaga dengan baik agar tetap bersih, steril dan higienis. Bingung bagaimana mencuci pompa ASI? Intip cara mencuci pompa ASI berikut.

BACA JUGA: Rekomendasi Pompa ASI Manual Di Bawah Satu Jutaan

______________________________________

1. Pisahkan Bagian Pompa ASI

Sebelum mulai mencuci, pastikan kamu terlebih dahulu memisahkan setiap bagian dari pompa ASI. Pisahkan mana saja bagian yang boleh dicuci dan yang nggak boleh. Bagian pompa ASI seperti mesin tentu nggak boleh kamu cuci. Sebaliknya, bagian yang bisa dicuci diantaranya seperti leher, corong, batang, hingga katup. Jika sudah mengetahuinya, segera lepaskan setiap bagian pompa ASI tersebut satu per satu.

2. Siapkan Wadah Khusus

Kini saatnya kamu mulai menyiapkan wadah khusus untuk mencuci bagian pompa ASI. Pastikan kamu nggak mencuci pompa ASI ini bersamaan dengan alat dapur lainnya, ya. Jika hal itu terjadi, bukan nggak mungkin kotoran sisa makanan yang ada di alat dapur akan bercampur dengan pompa ASI kamu. Di sisi lain, jangan juga meninggalkan pompa ASI kamu di tempat cucian piring. Pasalnya, tempat tersebut menjadi sarang dari kuman dan bakteri. Blibli Friends nggak ingin kan jika hal pompa ASI sampai mengalami kontaminasi?

3. Rendam Pompa ASI dalam Air Panas

Langkah selanjutnya, kamu harus merendam seluruh bagian pompa ASI yang akan dicuci dengan menggunakan air panas. Mengapa harus air panas? Pasalnya, air panas mampu membuat komponen pompa ASI kembali dalam kondisi yang benar-benar bersih. Biar proses membersihkan lebih maksimal, jangan lupa juga untuk menambahkan sabun pencuci botol bayi dalam rendaman air panas tersebut. Cuci seluruh bagian pompa ASI secara menyeluruh menggunakan air rendaman tersebut. Setelah memastikan pompa ASI telah bersih sepenuhnya, bilas seluruh komponen pompa ASI menggunakan air panas yang mendidih.

4. Keringkan Pompa ASI

Setelah seluruh proses mencuci komponen pompa ASI telah kamu selesaikan dengan baik, kini saatnya kamu mulai mengeringkan pompa ASI tersebut. Gunakan lap pembersih khusus untuk membuat pompa ASI kering dengan lebih mudah. Jika tak ada, kamu juga bisa menggunakan tisu yang lembut. Agar pompa ASI yang telah bersih tak lagi terkontaminasi kotoran, pastikan lap pembersih atau tisu yang kamu gunakan dalam kondisi yang bersih, ya.

______________________________________

BACA JUGA: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Pompa ASI

Itu tadi cara mencuci pompa ASI yang bisa kamu terapkan di rumah. Sebelum digunakan kembali, pastikan seluruh komponen pompa ASI sudah dalam kondisi yang kering, ya. Namun, jika pompa ASI yang kamu miliki dipenuhi dengan kotoran yang sulit dibersihkan, akan lebih baik jika kamu membeli pompa ASI yang baru.

Tak hanya jual pompa ASI manual, kamu juga bisa menemukan koleksi pompa ASI elektrik secara lengkap, lho. Jangan lewatkan promo menariknya untuk dapatkan pompa ASI yang lebih murah, Friends!

DAPATKAN POMPA ASI BERKUALITAS DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY