me

10 Ayat Alquran Tentang Sabar dengan Tulisan Latin dan Terjemahannya

Apr 01, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Berikut ayat Alquran tentang sabar yang mengajarkan pentingnya selalu bersabar di setiap situasi.

Ayat Alquran tentang sabar mengajarkan pentingnya bersabar. Adapun menurut pendapat dari Abu Ismail al Harawi yang terkutip dalam Kitab Manazil as-Sairin, sabar berarti menahan diri biar nggak melakukan hal-hal yang nggak disukai dan menahan lisan supaya nggak mengeluh, dan bersabar sesuai perintah Allah.

Tentang sabar juga tercantum dalam Alquran. Jadi coba lihat ayat-ayat Alquran tentang sabar, agar mendapat keyakinan yang lebih kuat mengenai kesabaran, berikut kumpulan ayatnya:

Baca juga :


Surat Al Baqarah ayat 45

Surat Al Baqarah ayat 45 merupakan salah satu ayat Alquran tentang sabar dan ikhlas. Ayat ini mengajarkan untuk bersabar dan melaksanakan salat sebagai cara untuk mendapat pertolongan. Adapun bunyi ayatnya sebagai berikut:

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ 

Wasta’iinu bis-sabri was-salaah, wa innahaa lakabiiratun illaa ‘alal-khaasyi’iin.

Artinya: “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS. Al Baqarah: 45)

Surat Al Baqarah ayat 177

Surat Al Baqarah ayat 177 menjelaskan bahwa bersabar adalah ciri-ciri orang yang beriman dan bertakwa. Berikut bunyi ayatnya:

لَّيْسَ ٱلْبِرَّ أَن تُوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلْكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّۦنَ وَءَاتَى ٱلْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآئِلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَٰهَدُوا۟ ۖ وَٱلصَّٰبِرِينَ فِى ٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلْبَأْسِ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُتَّقُونَ 

Laisal-birra an tuwallụ wujụhakum qibalal-masyriqi wal-magribi wa laakinnal-birra man aamana billaahi wal-yaumil-aakhiri wal-malaa`ikati wal-kitaabi wan-nabiyyiin, 

wa aatal-maala ‘alaa hubbihii zawil-qurbaa wal-yataamaa wal-masaakiina wabnas-sabiili was-saa`iliina wa fir-riqaab, wa aqaamas-salaata wa aataz-zakaah, 

wal-mufuna bi’ahdihim izaa ‘aahadu, ws-saabiriina fil-ba`saa`i wad-darraa`i wa hiinal-ba`s, ulaa`ikallaziina sadaqu, wa ulaa`ika humul-muttaqun.

Artinya: “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, 

nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat, 

dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 177)

Surat Al Baqarah ayat 153

Surat Al Baqarah ayat 153 merupakan ayat Alquran tentang sabar dalam cinta. Ayat ini mengajarkan bahwa sabar dan salat adalah penolong bagi orang-orang yang beriman. Berikut ayat dan terjemahannya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِين 

Yā ayyuhallaziina aamanusta’iinu bis-sabri was-salaah, innallaaha ma’as-saabiriin.

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 153)

Surat Ali Imran ayat 125

Dalam surat Ali Imran ayat 125 diungkapkan bahwa dengan bersabar, kamu bisa mendapat pertolongan dari Allah melalui lima ribu malaikat. Adapun bunyi ayatnya sebagai berikut:

بَلَىٰٓ ۚ إِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ وَيَأْتُوكُم مِّن فَوْرِهِمْ هَٰذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُم بِخَمْسَةِ ءَالَٰفٍ مِّنَ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ مُسَوِّمِينَ

Balaa in tasbiru wa tattaqu wa ya`tụkum min faurihim haazaa yumdidkum rabbukum bikhamsati aalaafim minal-malaa`ikati musawwimiin.

Artinya: “Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.” (QS. Ali Imran 125)

Surat Al Baqarah ayat 155-156

Surat Al Baqarah ayat 155-156 merupakan ayat Alquran tentang bersyukur dan bersabar. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa manusia selalu diberi cobaan kekurangan dan kelebihan, dan diberikannya kabar gembira untuk orang yang bersabar. Berikut ayatnya:

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ 

Wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-ju’i wa naqsim minal-amwaali wal-anfusi was-samaraat, wa basysyiris-saabiriin.

Artinya : “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 155-156)

Surat Az Zumar ayat 10

Surat Az Zumar ayat 10 menjelaskan bahwa orang yang bersabar akan mendapat balasan pahala yang nggak terbatas. Bunyi ayatnya sebagai berikut:

قُلْ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

Qul yaa ‘ibaadillaziina aamanuttaqu rabbakum, lillaziina ahsanu fii haazihid-dun-yaa hasanah, wa ardullahi waasi’ah, innamaa yuwaffas-saabiruna ajrahum bigairi hisaab.

Artinya: “Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10)

Surat Asy Syura ayat 43

Surat Asy Syura ayat 43 adalah salah satu ayat Alquran tentang sabar dan memaafkan. Ayatnya berbunyi seperti berikut:

وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ

Wa laman sabara wa gafara inna zaalika lamin ‘azmil-umur.

Artinya: “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy Syura: 43)

Surat Luqman ayat 17

Surat Luqman ayat 17 mengajarkan manusia untuk bersabar saat menghadapi apapun yang menimpa, seperti dalam ayatnya berikut ini:

يَٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَآ أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ 

Yaa bunayya aqimis-salaata wa`mur bil-ma’rụfi wan-ha ‘anil-mungkari wasbir ‘alaa maa asaabak, inna zaalika min ‘azmil-umur.

Artinya: “Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)

Surat Shad ayat 17

Surat Shad ayat 17 mengajarkan untuk bersabar dalam mengatakan hal apapun, adapun ayatnya seperti berikut:

ٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلْأَيْدِ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Isbir ‘alaa maa yaquluna wazkur ‘abdanaa daawuda zal-aiid, innahuu awwab.

Artinya: “Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan, dan ingatlah hamba kami Daud yang mempunyai kekuatan, sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan).” (QS. Shad: 17)

Surat Al Furqon ayat 75

Surat Al Furqon ayat 75 menjelaskan bahwa orang yang bersabar akan mendapat balasan martabat tinggi di surga, berikut ayatnya:

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Ulā`ika yujzaunal-gurfata bimā ṣabarụ wa yulaqqauna fīhā taḥiyyataw wa salāmā.

Artinya: “Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (QS. Al Furqon: 75)


Baca juga :

Demikian ayat-ayat Alquran tentang sabar. Nah, kamu bisa belajar tentang ayat-ayat dan doa muslim selengkapnya melalui buku kumpulan doa. Dapatkan buku-buku doa dan berbagai ajaran Islam di Blibli Hasanah, pas lagi ada promo di Blibli nih. Produknya lengkap! Belanja sekarang buat dapat diskon, cashback, hingga gratis ongkir.