me

Amalan Wajib Malam Nuzulul Quran dan Keutamaan Malam 17 Ramadhan

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/lunarvisualstudio
Dapatkan keutamaan malam 17 Ramadhan dengan amalan wajib malam Nuzulul Quran

Wah, Blibli Friends, nggak terasa sudah mau masuk malam ganjil 17 Ramadhan, ya? Tahukah kamu ada peristiwa besar apa di tanggal tersebut? Yups, turunnya wahyu pertama untuk Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Nah, momen penting yang disebut malam Nuzulul Quran ini diperingati oleh seluruh umat Islam dunia dengan amalan wajib malam Nuzulul Quran. Apa saja?

Baca Juga:


Apa Itu Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran adalah momen istimewa yang terjadi di hari 17 Ramadhan. Allah SWT pertama kalinya menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira yang berupa Alquran. Peristiwa Nuzulul Quran ini seperti yang tercantum dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 185, di mana dijelaskan Allah SWT menurunkan petunjuk kepada manusia di muka Bumi.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

syahru ramadlânalladzî unzila fîhil-qur’ânu hudal lin-nâsi wa bayyinâtim minal-hudâ wal-furqân, fa man syahida mingkumusy-syahra falyashum-h, wa mang kâna marîdlan au ‘alâ safarin fa ‘iddatum min ayyâmin ukhar, yurîdullâhu bikumul-yusra wa lâ yurîdu bikumul-‘usra wa litukmilul-‘iddata wa litukabbirullâha ‘alâ mâ hadâkum wa la‘allakum tasykurûn

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.” [QS. Al-Baqarah: 185]

Kapan Nuzulul Quran Terjadi?

Ada beberapa pendapat mengenai waktu terjadinya momen istimewa bagi umat Islam dunia. Menurut pendapat pertama menyebutkan 17 Ramadhan adalah wakty turunnya wahyu pertama, yaitu surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5. Dikatakan Alquran nggak turun sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur, seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Isra ayat 106 sebagai berikut:

وَقُرْءَانًا فَرَقْنَٰهُ لِتَقْرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ وَنَزَّلْنَٰهُ تَنزِيلًا

wa qur’ânan faraqnâhu litaqra’ahû ‘alan-nâsi ‘alâ muktsiw wa nazzalnâhu tanzîlâ

Artinya: “Dan Al-Qur’an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.” [QS. Al-Isra: 106]

Sementara disebutkan dalam pendapat lain, sesuai dengan surat Al-Qadr ayat 1 sampai 5, momen Nuzulul Quran terjadi ada 10 hari terakhir Ramadhan. Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman, Alquran diturunkan pada Lailatut Qadar yang merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yakni ketika para malaikat diperintah turun ke Bumi.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ۝١

innâ anzalnâhu fî lailatil-qadr

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar.”

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ۝٢

wa mâ adrâka mâ lailatul-qadr

Artinya: “Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu?”

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ۝٣

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Artinya: “Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.”

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ۝٤

tanazzalul-malâ’ikatu war-rûḫu fîhâ bi’idzni rabbihim, ming kulli amr

Artinya: “Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”

سَلٰمٌۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِࣖ ۝٥

salâmun hiya ḫattâ mathla‘il-fajr

Artinya: “Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.”

Amalan yang Dianjurkan di Malam Nuzulul Quran

freepik.com/author/user36718402

Ketika masuk malam ganjil 17 bulan Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Ada beberapa amalan yang dianjurkan di malam Nuzulul Quran agar kita bisa mendapat keutamaannya dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Nah, di bawah ini adalah amalan wajib malam Nuzulul Quran yang mulia bagi seluruh umat Islam dunia:

Dzikir

Amalan pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan malam Nuzulul Quran adalah dengan memperbanyak berdzikir dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Oleh Aisyah RA., Rasulullah pernah ditanya apa doa yang paling utama dibaca saat Nuzulul Quran, dan beliau menjawab yang artinya:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Iktikaf

Iktikaf
freepik.com/author/odua

Mengisi malam Nuzulul Quran juga bisa dengan cara beriktikaf. Beriktikaf atau yang diartikan dengan berdiam diri di masjid ini harus kamu niatkan untuk mendekatkam diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya. Bahkan manusia yang mendapat jaminan surga dari Allah pun melakukan iktikaf, lho, Blibli Friends. Apalagi kita, manusia yang penuh dosa ini?

Aisyah RA. berkata yang artinya: “Nabi Muhammad SAW beriktikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beriktikaf sepeninggal beliau.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tilawah

Tilawah
freepik.com/author/syifastudio

Bertilawah artinya sama dengan membaca Alquran. Kamu bisa mengisi malam 17 Ramadhan dengan membaca Alquran. Agar bacaanmu lancar dengan tajwid yang benar, gunakan Alquran yang dilengkapi tajwid warna, seperti yang tersedia di Blibli. Dengan begitu kamu tahu di mana harus dengung dan kapan harus dibaca panjang.

Qiyamul Lail

Qiyamul Lail
freepik.com/author/EyeEm

Saat Nuzulul Quran juga dianjurkan menghidupkan malam ganjil bulan Ramadhan dengan memperbanyak sholat malam. Adapun amalan sholat malam yang bagus dilaksanakan pada waktu istimewa ini seperti, sholat tarawih, tahajud, witir hingga sholat taubat. Luruskan niat ingin mendapat ampunan dari Allah dan pahala berlipat.

“Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sedekah

Sedekah
freepik.com/author/odua

Kamu pun bisa bersedekah atau berinfak untuk menghidupkan malam Nuzulul Quran. Amalan ini nggak cuma bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur, tapi juga demi mendapat ridho Allah SWT. Dengan menyedekahkan sebagian harta, kamu memiliki amalan yang pahalanya nggak bakalan terputus meski sudah meninggal dunia.

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Keutamaan Malam Nuzulul Quran
freepik.com/author/nongsurachai

Umat Muslim dianjurkan melakukan amalan-amalan baik saat Nuzulul Quran, seperti memperbanyak sholat sunnah, berdzikir, membaca Alquran, beriktikaf, berdoa memohon ampunan hingga bersedekah. Hal itu karena ada banyak keutamaan dari malam yang penuh kemuliaan ini. Apa saja kemuliaan dan keistimewaan malam Nuzulul Quran?

  1. Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul dengan diberikannya wahyu berupa Alquran.
  2. Malaikat turun ke Bumi untuk mendoakan siapa saja yang memperbanyak ibadah dan beriktikaf di masjid pada waktu ini.
  3. Allah SWT memberikan pertolongan kepada hamba-Nya yang berjuang di jalan Allah dan hanya mengharap ridho-Nya.
  4. Di malam ini Allah SWT menurunkan takdir semua urusan, mulai dari rizky hingga ajal umat manusia di Bumi.
  5. Penuh kemuliaan yang menyelimuti malam Nuzulul Quran, ditandai dengan suasana terasa tenang dan sunyi, sejuk dan langit terlihat bersih tanpa awan.

Baca Juga:

Itulah 5 amalan wajib malam Nuzulul Quran yang bisa kamu kerjakan untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT. Mau lebih semangat hidupkan malam ganjil 17 Ramadhan? Penuhi kebutuhan ibadahmu, seperti baju koko dan Fashion Muslim, mukena, sajadah, Alquran hingga tasbih, cuma di Blibli. Produk ORI dijamin berkualitas, dengan promo menarik, lho!

Tag: