Hikmah Puasa Ramadhan dan Keistimewaannya

keistimewaan ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari nih, Blibli Friends. Wah, pastinya kamu yang memeluk agama Islam sudah bersiap-siap menyambut bulan suci ini dengan penuh sukacita. Di bulan Ramadhan ini, semua umat Islam di seluruh dunia diwajibkan buat berpuasa selama sebulan penuh. Selain berpuasa, ada banyak banget lho hikmah dan keistimewaan bulan Ramadhan yang wajib banget kamu tahu. Supaya ibadahmu makin maksimal, baca dulu ulasan tentang keistimewaan dari bulan Ramadhan, yuk!


Baca juga: 6 Tradisi Menjelang Ramadhan. Yuk Nostalgia, Blibli Friends!

Pengertian Bulan Ramadhan

Blibli Friends pastinya sudah tahu dong tentang beberapa keistimewaan bulan Ramadhan. Tapi, ada berapa persen dari kamu nih yang tahu pengertian dari bulan suci ini? Bulan Ramadhan adalah bulan ke-sembilan yang ada di dalam kalender Islam. Nah, ini sedikit beda dengan sistem kalender Gregorius yang kita pakai selama ini, ya. Tapi, hitungan bulan ini kurang lebih sama dengan penanggalan yang dipakai di dunia modern, yaitu selama 29 – 30 hari.

Kedatangan bulan Ramadhan ditandai dengan munculnya hilal atau bulan sabit muda pertama. Nah, hilal ini dijadikan patokan datangnya bulan baru dalam kalender Islam. Bahkan, di beberapa negara seperti Indonesia biasanya menggelar sidang khusus buat mengamati datangnya hilal ini. Dari situlah tanggal jatuhnya bulan Ramadhan dalam penanggalan kalender modern ditentukan. Unik, kan?

Amalan Bulan Puasa

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah bulan ini merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Konon, selama bulan Ramadhan, seluruh pintu langit terbuka semua buat menjawab doa-doa yang umat Islam panjatkan. 

Pintu taubat juga dibuka selebar-lebarnya, lho. Ini jadi kesempatan emas buat kamu kejar target ibadah sebanyak-banyaknya. Berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari sudah pasti jadi salah satu amalan utama bulan puasa. Selain itu, apa saja nih amalan-amalan bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan?

  1. Sholat Tarawih

Blibli Friends, tahu nggak? Ternyata ibadah sholat tarawih termasuk ke dalam salah satu amalan utama di dalam bulan Ramadhan. Sifatnya memang sunnah, sih. Alias, kamu nggak harus melakukannya. Tapi, kalau kamu beribadah sholat Tarawih selama bulan Ramadhan, Blibli Friends bakal dapat pahala. Lumayan banget, kan? Kamu jadi bisa dapat pahala tambahan buat tabungan akhiratmu.

2. Sahur

Selama berpuasa, Blibli Friends jangan sampai lupa buat sahur, ya! Sahur adalah aktivitas makan yang dilakukan sebelum azan Subuh berkumandang. Fungsinya, supaya kamu nggak lemas dan loyo selama berpuasa seharian penuh nanti. Sahur ternyata juga termasuk ke dalam amalan Sunnah di dalam bulan Ramadhan, lho. Dengan makan sahur, tubuhmu jadi lebih berenergi supaya tetap bisa beraktivitas selama bulan puasa. Rasulullah SAW bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu).

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan keistimewaan dari makan sahur? Jangan lupa pasang alarm, ya! Kalau perlu, Blibli Friends bisa minta si doi buat bangunin kalian sahur. Supaya, kamu juga jadi makin bersemangat!

3. Tadarus Al-Qur’an

Kalau selama ini kamu selalu sibuk dengan pekerjaan, bulan Ramadhan jadi kesempatan emas buat mengkhatamkan Al-Qur’an. Membaca kitab suci Al-Qur’an selama bulan puasa termasuk ke dalam amalan utama yang bikin kamu bisa dapat pahala berlipat ganda. 

Menamatkan 30 Juz memang kedengarannya berat. Supaya terasa lebih ringan, coba deh Blibli Friends mencicilnya dengan baca 1 Juz setiap hari. Membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan ternyata juga jadi salah satu amalan yang dilakukan Rasulullah, lho. Menurut Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma:

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

“Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya” (H.R. Bukhari No. 3220).

Gimana? Jadi makin bersemangat kan buat mengamalkan amalan satu ini?

4. Bersedekah

Bulan puasa nggak cuma soal dirimu yang berusaha menggapai pahala sebanyak mungkin. Bulan Ramadhan juga melatihmu supaya jadi lebih peka dan punya sifat welas asih pada sesama. Makanya, salah satu amalan utama selama bulan Ramadhan adalah bersedekah. Nggak perlu cari yang jauh-jauh. Coba deh lihat ke sekitarmu, ada nggak tetangga yang lagi struggling dalam hidupnya? Atau, ada nggak yayasan panti asuhan dan sejenisnya yang butuh bantuan? 

Kamu bisa bersedekah uang atau bahan-bahan makanan buat mereka yang membutuhkan. Menyumbangkan uang lewat kotak amal masjid juga jadi salah satu cara bersedekah, lho. Memberikan sedekah juga jadi salah satu amalan selama bulan Ramadhan yang dilakukan Rasulullah, lho. Sang nabi besar sendiri juga sering banget bersedekah selama bulan Ramadhan. Ini berdasarkan kesaksian Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma, yaitu: 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus” (HR. Bukhari No. 3220).

5. Menjauhi Perbuatan yang Bikin Batal Puasa

Eits, yang dimaksud di sini nggak cuma makan dan minum sebelum waktu berbuka, ya. Selama bulan puasa, kamu juga harus menghindari perbuatan-perbuatan yang bikin amalan puasamu berkurang atau malah batal sama sekali. Perbuatan yang bisa mengurangi amalan puasa antara lain julid, berghibah, atau bikin dan menyebarkan berita hoax. Marah-marah juga bisa bikin pahalamu berkurang, lho. Kelihatan sepele, sih. Tapi, kalau perbuatan-perbuatan itu kamu lakukan selama bulan puasa, bisa-bisa yang kamu dapatkan cuma rasa haus dan lapar saja. Rasulullah bersabda:

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ

“Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja. (HR. Ahmad No. 9685, Ibnu Majah No. 1690, Ad Darimi No. 2720).

Hikmah Ramadhan

 

Hikmah Bulan Puasa

Selain keistimewaan bulan Ramadhan di atas, Blibli Friends juga perlu tahu hikmah dari bulan puasa ini. setelah tahu hikmah yang kamu dapatkan, pastinya Blibli Friends jadi makin bersemangat buat jalankan ibadah puasa, deh! Apa saja?

  1. Dibukanya Pintu Kebaikan

keistimewaan bulan ramadhanSeperti yang diulas sebelumnya, keistimewaan bulan Ramadhan adalah bulan ini merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Pintu-pintu langit dibuka selebarnya. Sedangkan, pintu neraka ditutup dan para syaitan pun dibelenggu. Di bulan ini, umat Islam punya kesempatan besar banget buat dapatkan pahala dan pengampunan dari Allah Yang Maha Kuasa. Rasulullah SAW sendiri bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Hadis Muttafaq ‘Alaih).

Nah, lho! Bulan Ramadhan ternyata istimewa banget, kan? Tapi, buat dapatkan semua kebaikan dan hikmah bulan Ramadhan, ada 2 hal yang harus Blibli Friends amalkan. Yang pertama, kamu harus benar-benar paham tentang hikmah dan tujuan berpuasa Ramadhan. Jadi, nggak bisa asal ngikut puasa saja, ya. Syarat kedua, kamu harus benar-benar berniat berpuasa demi dapat pahala dari Allah Yang Maha Esa. 

2. Waktunya Tubuh Beristirahat dari Makan dan Minum

Selain dari segi spiritual, kamu juga bisa dapat manfaat puasa buat tubuhmu. Berpuasa selama bulan Ramadhan kasih kesempatan buat organ-organ pencernaanmu beristirahat. Selama ini kan kamu selalu menggunakan organ pencernaan nonstop buat mengolah makanan. Nah, selama berpuasa, tubuhmu nggak akan kemasukan makanan dan minuman apapun dalam waktu yang lumayan lama. 

Di saat itulah, tubuh bisa beristirahat dan melakukan detoks. Alias, zat-zat racun yang menempel di ususmu bakal dibuang keluar oleh tubuh. Jadi, nggak heran dong tubuhmu jadi berasa lebih ringan selama puasa. Selain itu, berpuasa juga bantu menurunkan tekanan darah, lho. Bagus banget nih buat kamu yang ada kecenderungan terkena hipertensi. 

3. Menjalin Kembali Silaturahmi

foto lebaran
Via – Al-Arabiya

Agama Islam memang menekankan betapa pentingnya menjalin hubungan silaturahmi. Keutamaan silaturahmi ada banyak banget lho, Blibli Friends. Rasulullah bersabda melalui HR. Bukhari:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

Silaturahmi juga mencegah kamu merasa kesepian, lho. Apalagi, buat Blibli Friends yang tinggal di kota besar memang lebih rawan merasa kesepian. Apalagi, dengan kondisi pandemi seperti saat ini. Sebelum pandemi, bersilaturahmi selama bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan memasakkan menu takjil atau berbuka puasa bareng kerabat dan tetangga dekat. 

Kamu juga bisa ikutan buka bareng alumni sekolah atau kampus buat mempererat ikatan kekeluargaan. Nah, selama pandemi pun bukan berarti kamu nggak bisa mempererat silaturahmi. Kamu tetap bisa kok menjalin silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman dengan video call atau mengirim ucapan-ucapan buat menyambut bulan Ramadhan.

4. Mendekatkan Diri PadaNya

keistimewaan bulan ramadhanNggak cuma mempererat silaturahmi sesama manusia, kamu juga harus jadikan bulan Ramadhan sebagai kesempatan buat mendekatkan diri padaNya. Allah berfirman melalui Rasulullah SAW:

“Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang-orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi” (Hadis Muttafaq ‘Alaih).

Selama puasa, kamu memang diperintahkan buat meningkatkan ibadah dan menjauhi hal-hal yang dilarangNya. Kalau kamu sukses melakukan itu semua, jiwa Blibli Friends sudah pasti semakin dekat dengan Sang Pencipta. Kalau sudah dekat dengan Allah, pastinya hidupmu akan diberkahi OlehNya. Siapa sih yang nggak mau hidupnya jadi terasa lebih mudah dan dapat rahmat dari Yang Maha Kuasa? Makanya, tingkatkan ibadah puasa bulan ini, yuk.

5. Memperbanyak Rasa Syukur

Selain meningkatkan rasa empati pada sesama, ibadah bulan Ramadhan juga melatih supaya umat Muslim pandai bersyukur. Hidup memang nggak selalu gampang. Tapi, paling nggak ada hal-hal kecil yang bisa kamu syukuri mulai dari sekarang. Misalnya, buat berpuasa kamu harus dalam kondisi sehat fisik dan mental. 

Nah, bersyukurlah jika Blibli Friends termasuk golongan yang diwajibkan berpuasa. Kamu juga masih diberi rejeki yang cukup buat menikmati menu lezat buat berbuka puasa dan berburu takjil. See? Ada banyak banget hal yang bisa kamu syukuri, kan?


Baca juga: [Infografis] Menyambut Keluarga Besar di Bulan Ramadhan, Pelajari dulu Tips Menata Meja Makan agar Terlihat Cantik

Itulah ulasan keistimewaan bulan Ramadhan yang penting banget kamu hayati. Supaya ibadah puasamu di bulan Ramadhan makin khidmat, ikutan promo Hikmah Ramadhan di Blibli, yuk! Blibli Friends bisa dapatkan bonus cashback, diskon, hingga flash sale yang bisa dinikmati cukup dengan rebahan dari rumah saja. Dijamin, Ramadhan bulan ini jadi nggak boring sama sekali!

Temukan Kenikmatan Belanja Hemat Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY