Doa Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Mar 31, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Hai Blibli Friends, bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari lagi aja nih! Jadi, supaya puasamu semakin dilancarkan, nggak ada salahnya untuk mengingat kembali bacaan doa niat puasa Ramadhan sebagai wujud persiapan diri. Nah, ibadah puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam, sehingga hukumnya wajib bagi seluruh umat Islam.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah karena semua pintu taubat terbuka seluas-luasnya. Pada bulan ini, setiap amal ibadah akan diberi pahala 2 kali lipatnya, sehingga banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan.  Agar puasa Ramadhan yang kamu lakukan nggak sia-sia, jangan lupa untuk mengucapkan bacaan niat puasa Ramadhan sebagai berikut.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit di Masa Pandemi

————————————————————————————————————————————————————

  • Perkiraan Hari Pertama Ramadhan 2022

Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah

Umat Islam di Indonesia kini tengah berbahagia menantikan datangnya bulan Ramadhan. Lantas kapan perkiraan hari pertama Ramadhan 2022? Hingga detik ini pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum memberikan informasi resmi terkait pelaksanaan puasa Ramadhan.

Untuk menentukan permulaan Ramadhan ini bisa dilakukan melalui dua acara, yakni metode hisab dan penentuan hilal. Kemenag umumnya menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan melalui perhitungan matematis dan astronomis, serta pengamatan bulan yang akan diumumkan sesudah sidang isbat.

Akan tetapi, berdasarkan prediksi keputusan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022, awal Ramadhan ditetapkan mulai hari Sabtu, 2 April 2022 mendatang dan berakhir pada hari Minggu, 1 Mei 2022. Namun, perkiraan ini masih belum resmi dan bisa berubah karena model Kalender Islam Global bersifat purwarupa atau hanya perkiraan sementara.

  • Keutamaan Membaca Niat Puasa

Di bulan Ramadhan ini memang menjadi momen yang sangat pas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta dan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terlebih, puasa Ramadhan memiliki segudang keutamaan bagi yang menjalankannya.

Keutamaan-keutamaan itu diantaranya, dengan berpuasa, kamu akan dikabulkan doa-doanya, diampuni segala dosa dan kesalahannya, dilancarkan rezekinya, dan masih banyak lagi. Membaca niat puasa Ramadhan lebih diutamakan dibandingkan ibadah dan kamu bisa meraih balasan pahala atas amal puasa yang kamu kerjakan.

Ternyata niat ini juga menjadi bentuk kesungguhan kamu untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT. Begitu pula puasa Ramadhan, sehingga harus dilandasi dengan berniat hanya untuk Allah SWT. Sebab, keutamaan ini sangat berhubungan dengan segala aspek kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat.

Nah, segudang keutamaan puasa Ramadhan ini bisa kamu ketahui dengan lebih menyeluruh melalui buku Pintar Puasa Wajib dan Sunah yang bisa kamu pesan secara online. Nggak cuma menjelaskan tentang keutamaan dan niat puasa Ramadhan aja, buku ini juga memberi panduan tata cara segala jenis puasa lho, jadi pastikan kamu memilikinya.

  • Doa Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Untuk mengawali puasa Ramadhan terdapat beberapa ketentuan yang harus dijalankan, salah satunya dengan membaca niat puasa Ramadhan. Mengingat kedudukannya yang penting, niat merupakan syarat utama dan wajib kamu ucapkan saat hendak melaksanakan semua ibadah.

Masalah waktu mengucapkan niat puasa Ramadhan, pastinya setiap ulama memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun, seluruh ulama sepakat kalau pelafalan niat puasa Ramadhan ini nggak wajib dilafalkan kok. Jadi, kamu boleh aja mengucapkan niat puasa hanya di dalam hati.

Kecuali, kalau kamu mengikuti pandangan ulama imam Syafi’i, maka disarankan untuk mengucapkan niat puasa dengan lantang supaya lebih memantapkan diri. Nah, berikut doa niat puasa Ramadhan lengkap dengan artinya dan huruf latinnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin sebagai berikut:

“Nawaitu shouma ghadin ‘an ada’I fardhi syahri ramadhani hadzhihisanati lillahi ta’ala”

Artinya:

“Aku niat besok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

  • Tata Cara Membaca Niat Puasa Ramadhan

Dalam kitab fiqih disebutkan bahwa salah satu fardhu melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah membaca niat, sebab tanpa niat maka puasamu dinilai nggak sah. Nah, biar kamu semakin paham berikut ada beberapa tata cara membaca niat puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui.

  • Niat Puasa Ramadhan Dibaca Saat Malam Hari

Mengenai hal ini telah disebutkan dalam banyak hadis riwayat, baik dari Imam Abu Daud, Imam Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Nasai. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Hafshah r.a yang mengatakan bahwa nabi Saw pernah bersabda:

“Barang siapa tidak berniat puasa saat malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak akan sah puasa yang dilakukannya.”

Nah, niat puasa ini bisa kamu lakukan mulai sesudah Magrib hingga mendekati waktu Shubuh. Jika kamu melakukannya saat siang hari, maka niatnya nggak akan sah karena telah memasuki waktu berpuasa.

  • Menyebutkan Niat Berpuasa

Tata cara yang kedua, kamu wajib menyebutkan niat berpuasa itu untuk kepentingan puasa wajib atau puasa sunah. Sebab, dalam agama Islam ada banyak sekali jenis puasa yang dapat dilakukan. Misalnya nih, kalau kamu berniat puasa Ramadhan, maka menyebutkan “Ramadhan” dalam setiap niat hukumnya fardhu.

  • Mutlak Niat Puasa Ramadhan Aja

Poin ini masih menyangkut poin kedua, dimana saat kamu berpuasa Ramadhan, maka wajib mengkhususkan niat hanya untuk menjalankan puasa Ramadhan aja. Jadi, nggak boleh nih Blibli Friends berniat puasa untuk tujuan ganda.

Misalnya, saat hendak bepergian, kamu berniat puasa Ramadhan sambil ingin menjalankan puasa sunnah. Nah, niat yang seperti ini nggak diperbolehkan karena melanggar mutlaknya niat puasa Ramadhan itu sendiri.

  • Lafalkan Niat Puasa Ramadhan Setiap Hari

Original FIQIH PRAKTIS PANDUAN LENGKAP IBADAH HC Buku Agama Islam

Niat puasa Ramadhan hanya berlaku untuk semalam aja, sebab termasuk ibadah yang independen (mustaqillah). Sehingga, nggak bisa nih kamu mengaitkan niat puasa Ramadhan hari ini dengan hari sebelumnya atau sesudahnya.

Oleh sebab itu, bacaan niat puasa Ramadhan harus diulangi setiap harinya. Bukan menggabungkan niat di awal malam hari sampai berakhirnya bulan Ramadhan. Nah, biar kamu semakin mengerti tentang tata cara dan hukum niat puasa Ramadhan, sebaiknya belilah Buku Fiqih Praktis Panduan Lengkap Ibadah di toko online.

Ini supaya kamu bisa membedakan bacaan niat puasa wajib Ramadhan dan puasa sunah. Apalagi, buku ini juga dilengkapi dengan dalil-dalil puasa yang menjadikan puasamu lebih mantap dan nggak ragu menunaikannya.

—————————————————————————————————————–

BACA JUGA : Tunjukkan Kehebatanmu Mencuci Piring Bersama Sparkle!

Demikian penjelasan mengenai doa niat puasa Ramadhan beserta artinya yang bermanfaat buat kamu untuk bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lebih baik dan khusyuk. Nah, jangan lupa juga untuk menikmati kemudahan berbelanja berbagai peralatan dan perlengkapan Ramadhan secara online hanya di Blibli.

Nikmati pula beragam voucher dan diskon menarik karena Blibli sekarang sedang mengadakan promo Ramadhan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas lainnya seperti gratis ongkir, pengiriman super cepat, dan pastinya barang dijamin asli 100%. Jangan sampai kelewatan ya dan selamat mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan!

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel