me

9 Waktu Yang Mustajab untuk Berdoa dan Memohon Kepada-Nya

Oct 23, 2023.By
Bagikan

deskjabar.pikiran-rakyat.com
Ini dia 9 waktu yang mustajab untuk berdoa!

Waktu Yang Mustajab untuk Berdoa — Sebenarnya ketika berdoa kita bisa menggunakan waktu kapan saja sesuai dengan keinginan kita apalagi saat membutuhkan doanya. Hanya saja biar lebih mustajab ternyata ada waktu-waktu tertentu yang perlu kamu tahu. Biar lebih diijabah doanya pahami dulu waktu yang mustajab untuk berdoa ini sebagai pertimbangan.

Baca juga : 


Waktu yang Mustajab untuk Berdoa 

Waktu mana saja sih yang mustajab untuk berdoa? Biar kamu nggak salah memilih waktu bisa langsung cek semua penjelasan waktunya di bawah ini!

Sehabis Sholat Malam 

liputan6.com

Waktu mustajab pertama yang bisa kamu ambil untuk berdoa adalah sehabis sholat malam. Kamu tentunya tahu bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud memang sulit namun jika dilakukan bisa menjadi bukti bahwa kita memang sungguh-sungguh membutuhkan pertolongan Allah. Di waktu inilah doa-doa apapun dari kita akan mudah diijabah oleh Allah SWT. 

Alasannya karena nggak semua orang mampu untuk bangun tidur dan melaksanakan sholat terlebih untuk bersimpuh memohon padanya. 

Saat Hari Jumat 

Waktu mustajab kedua yang bisa kamu gunakan untuk berdoa adalah ketika Hari Jumat. Hari Jumat memang hari yang mulia bahkan banyak sekali amalan sunnah yang bisa dilakukan sata Hari Jumat tiba salah satunya adalah doa yang mujarab ketika dilantunkan saat Hari Jumat. Tentu saja semua ini ada dasarnya sesuai dengan sabda Rasulullah. 

Rasulullah Saw bersabda, “Pada hari Jumat itu ada saat yang apabila kebetulan seorang muslim sholat sambil meminta sesuatu kepada Allah Swt, maka Allah akan memberi apapun yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Saat Malam Lailatul Qadar 

detik.com

Waktu mustajab yang ketiganya adalah saat malam Lailatul Qadar. Malam ini memang didefinisikan sebagai malam 1000 bulan dan menjadi malam yang lebih baik dibandingkan dengan malam lainnya. Meskipun tidak ada yang tahu kapan tepatnya namun kita diberikan penjelas datangnya memang di malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Malam Lailatul Qadar memang diutamakan sesuai firman Allah SWT “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu para malaikat turun, tak terkecuali malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbitnya fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-4). 

Mengapa kita harus berdoa? Doa menjadi amalan terbaik saat malam tersebut, hal ini dijelaskan melalui Aisya ra yang bertanya pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, apa petunjukmu bila aku mendapati malam (Lailatul) Qadar itu, apa yang harus aku ucapkan?” Rasulullah Saw menjawab, “Ucapkanlah (doa).”

Saat Hari Arafah 

mdindonesia.id

Waktu mustajab keempat yang bisa kamu gunakan untuk berdoa adalah saat Hari Arafah tiba. Kapan hari ini tiba? Tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Hari Arafah memang mulia karena pada saat itu Allah memberikan kemuliaan pada hambanya yang tengah berkumpul di padang Arafah. Jadi, pada tanggal tersebut jangan lupa memperbanyak amal ibadah dan doa yang baik-baik. 

Kamu bisa melengkapinya dengan puasa sunnah dan juga banyak bersedekah biar apa yang sedang kamu inginkan bisa dipermudah oleh Allah SWT. 

Saat Hujan Turun 

detik.com

Waktu mustajab kelimanya adalah ketika sedang turun hujan. Hujan memang banyak membawa keberkahan bagi hidup kita sehingga waktu ini juga cocok banget digunakan untuk banyak melakukan permohonan pada Allah SWT. Hujan juga menjadi berkah bagi semua umat yang ada di dunia ini dan termasuk rezeki karena datangnya air dari langit. 

Hal ini sesuai dengan landasan sabda Rasulullah SAW, “Dua orang yang tidak ditolak doanya adalah ketika adzan dan ketika rapatnya barisan saat perang.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Dan ketika hujan turun.” (HR. Abu Dawud). 

Ketika Sedang Merasa Cukup 

dream.co.id

Waktu mustajab yang keenamnya adalah ketika kita sedang merasa cukup. Biasanya orang-orang yang berdoa pada Allah SWT memang hanya ketika sedang merasa sulit sementara ketika sedang cukup justru mereka melupakannya. Sehingga jarangnya momen berdoa ini membuat doanya orang ketika cukup banyak diijabah oleh Allah SWT. 

Hal ini sesuai dengan landasan “Barangsiapa yang menginginkan doanya dipenuhi Allah ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa di waktu lapang.” (HR. Tirmidzi dan Hakim). Jadi, kamu memang harus tetap berdoa saat keadaan cukup karena Allah lebih suka hambanya yang meminta. 

Saat Antara Adzan dan Iqomah 

waktu yang mustajab untuk berdoa
detik.com

Waktu mustajab yang ketujuhnya adalah antara adzan dan iqomah. Kamu harus tahu selain menunggu waktunya sholat waktu antara adzan dan iqomah ini memang mustajab banget digunakan untuk berdoa sehingga nggak boleh dilewatkan begitu saja. Kebanyakan doa memang akan dikabulkan pada saat ini. 

Hal ini sesuai dengan landasan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi “Jika adzan untuk sholat telah dikumandangkan, maka dibukalah pintu-pintu langit, dan doa pun dikabulkan.” (HR. Ahmad dan Turmudzi). 

Saat Setelah Sholat Wajib 

waktu yang mustajab untuk berdoa
berita.99.co

Siapa yang setelah sholat langsung berdiri dan sibuk dengan duniawi? Nyatanya kamu memang banyak melewatkan waktu penting untuk mendapatkan kesempatan bakalan dikabulkan doanya. Salah satunya adalah setelah menjalankan sholat wajib ini. Dalam sehari umat muslim mendapatkan kewajiban sholat wajib sebanyak 5 kali jadi ada 5 waktu yang bisa kamu manfaatkan. 

Hal ini sesuai dengan landasan yang berbunyi “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat, berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, ataupun berbaring, di atas lambung-lambung kalian.” (QS. An-Nisa: 103). Selain ini pedoman lain yang bisa kamu gunakan adalah hadist dari riwayat Tirmidzi. 

Bunyinya, Rasulullah SAW pernah ditanya, “Wahai Rasulullah, kapankah doa yang paling didengar Allah?” Rasulullah SAW menjawab dan menjelaskan, “Doa di tengah malam dan doa setelah sholat fardhu.” Jadi, jangan pernah melewatkan waktu penting ini karena kita sendiri yang bakalan merugi nantinya. 

Saat Sepertiga Malam Terakhir 

waktu yang mustajab untuk berdoa
tvonenews.com

Waktu selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk berdoa adalah saat sepertiga waktu malam terakhir. Waktu ini adalah ketika malam hari mendekati waktu subuh atau di waktu sahur, banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan di malam ini termasuknya membaca doa-doa dan keinginan kita pada Allah SWT. 

Tentu saja ada pedoman yang membuat kita bisa berdoa di waktu ini yakni Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu ada suatu waktu yang jika kebetulan seorang muslim berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat ketika itu, maka Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu yang mustajab itu ada terus setiap malam.” (HR. Ahmad dan Muslim). 

Jadi, jangan malas dan mudah dikendalikan dengan rasa malas untuk selalu tidur. Bangunlah untuk meminta banyak pertolongan dari Allah SWT. 


Baca juga :

Tag: