me

Amalan Menyambut Ramadhan dengan Penuh Berkah dan Kegembiraan

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/deseyens
Amalan menyambut Ramadhan dengan kegembiraan

Umat muslim di seluruh dunia pasti menanti-nantikan datangnya bulan yang agung dan penuh berkah, yaitu Ramadhan. Bulan di mana kita sebagai umat muslim bisa mendapat banyak berkah dan pahala berkali-kali lipat ketika beribadah dan menjalankan amalan dengan sungguh-sungguh. 

Lalu, apa aja sih yang harus dilakukan untuk mempersiapkan bulan yang sangat spesial ini? Nah, di bawah ini ada amalan menyambut Ramadhan yang bisa kamu lakukan sendiri maupun dengan keluarga. Simak pembahasannya yuk!

Baca Juga:


Amalan Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Sahabat Nabi pada zaman dahulu banyak melakukan amalan sebagai persiapan menjelang datangnya bulan Ramadhan. Nggak jarang bahkan persiapan ini sudah dilakukan sejak 6 bulan sebelumnya lho, Blibli Friends. Wah, keren banget ya?

Jadi, apa aja sih persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan? Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  1. Berdoa Sambut Ramadhan

Pertama, disarankan kamu membaca doa khusus untuk menyambut bulan Ramadhan. Ada 2 doa khusus yang bisa kamu baca saat akan masuk ke bulan Ramadhan. Doa pertama yaitu:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya’baana wabaariklanaa fii ramadhaana.”

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan. (HR Ahmad)

Doa kedua yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

“Allahumma sallimni sila ramadhaana wasallim liiramadhaana watasallamhu mini mutaqabbal.”

Artinya: Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadan dariku dengan benar-benar diterima. (Doa Yahya bin Abi Katsir dalam Hilyah).

  1. Berdoa saat Melihat Hilal

Saat kamu telah melihat hilal Ramadhan yang mulai tampak, kamu juga disarankan membaca doa khusus. Berikut ini doa yang bisa kamu panjatkan ketika melihat hilal Ramadhan:

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ (وفي رواية بِاليُمْنِ) وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي (وفي رواية رَبُّنَا) وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Allaahu akbaru, allaahumma ahillahuu ‘alainaa bil amni (lain riwayat bil yumni), wal iimaani, was salaami, wal islaami, wat taufiiqi li maa tuhibbu wa tardhaa. Rabbii (lain riwayat rabbanaa) wa rabbukallaahu.”

Artinya: “Allah maha besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Kau suka dan restui. Tuhanku (Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah,” (HR Ad-Darimi dan Ibnu Hibban).

  1. Persiapkan Mental dan Fisik
freepik.com/author/EyeEm

Selain membaca doa ketika menyambut datangnya bulan Ramadhan, disarankan jauh sebelumnya kamu mempersiapkan mental dan fisik. Selama berpuasa di bulan Ramadhan, fisik bakal dipaksa melakukan penyesuaian karena kebiasaan yang berbeda dibanding bulan lainnya. 

Sebagian orang cukup kesusahan untuk menyesuaikan diri sambil tetap beraktivitas seperti biasa. Nah, makanya disarankan kamu wajib mempersiapkan kondisi fisik nih. Mental juga perlu diperhatikan, karena kamu wajib menahan hawa nafsu, menjaga lisan dan perilaku selama berpuasa di bulan Ramadhan.

  1. Berucap Tahniah
Berucap Tahniah
freepik.com/author/queenmoonlitestudio

Salah satu tindakan yang dianjurkan untuk dilakukan yaitu memberikan ucapan selamat atau tahniah atas datangnya bulan Ramadhan kepada kerabat sesama muslim. Mengucapkan tahniah ini dianggap sebagai keberkahan.

Mengucapkan tahniah ini sendiri sudah dicontohkan secara langsung oleh Rasulullah SAW. Rasulullah memberi kabar dan selamat kepada para sahabat tentang datangnya Ramadhan. Rasulullah bersabda,

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan mulia. Diwajibkan kepada kalian puasanya, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada malam yang lebih baik daripada 1.000 malam. Siapa saja yang terhalang dari kebaikannya, maka ia terhalang dari kebaikan” (HR Ahmad dan An-Nasai).

  1. Tingkatkan Pengetahuan Tentang Ramadhan
Tingkatkan Pengetahuan Tentang Ramadhan
freepik.com/author/EyeEm

Selain berdoa dan menyiapkan fisik serta mental, kamu juga perlu untuk meningkatkan atau menambah pengetahuan tentang bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan punya banyak keberkahan dan pahala berlipat yang bisa kamu dapatkan kalau beribadah dengan sungguh-sungguh.

Beribadah di bulan Ramadhan sebaiknya dilakukan dengan lebih ekstra lagi, seperti melakukan banyak amalan sunnah. Contohnya seperti sholat malam, khatam Al-Qur’an, memperbanyak sedekah dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga sebaiknya tahu dan paham apa saja yang dilarang dilakukan selama berpuasa dan menjalani bulan Ramadhan.

Tips Menyambut Ramadhan dengan Penuh Keberkahan

Nah, setelah kamu menyiapkan mental dan fisik untuk menyambut bulan Ramadhan, ada beberapa tips lain nih supaya kamu bisa menjalani dengan lebih optimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menyambut Ramadhan:

  1. Membersihkan Rumah
Membersihkan Rumah
freepik.com/author/EyeEm

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Slogan ini nggak cuma diucapkan, tapi juga sebaiknya dilakukan nih, termasuk saat menyambut datangnya bulan Ramadhan. 

Nah, maka dari itu bulan Ramadhan bakal makin spesial nih kalau kamu menyambutnya dengan kondisi rumah yang lebih bersih dan rapi. Ditambah lagi saat nanti hari kemenangan tiba, bakal ada banyak saudara, teman dan tetangga yang bakal bersilaturahmi dengan datang ke rumah kamu. Tentu kamu ingin rumah kelihatan bersih dan rapi, kan?

  1. Jadwalkan Ibadah Bersama Keluarga
Jadwalkan Ibadah Bersama Keluarga
freepik.com/author/EyeEm

Beribadah selama bulan Ramadhan bisa makin terasa spesial nih saat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. kamu bisa menjadwalkan ibadah bersama, seperti sholat berjamaah maupun kegiatan lain seperti tadarus Al-Qur’an. Kamu juga bisa menjadwalkan ibadah malam seperti shalat tahajud bersama.

  1. Buat Jadwal Menu Harian
Buat Jadwal Menu Harian
freepik.com/author/freepik

Kamu juga disarankan membuat menu harian nih selama berpuasa. Menu makanan yang menarik dan menggugah selera bisa membuat kamu makin semangat untuk menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

Nggak hanya makanan utama aja nih, kamu juga bisa menyiapkan menu camilan dan minuman yang biasanya dikonsumsi sesaat setelah waktu berbuka tiba. Sebaiknya pilih menu yang sehat, supaya kondisi fisik kamu terjaga tetap sehat dan fit, jadi kuat nih untuk berpuasa sebulan penuh. 

Kalau memungkinkan, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan atau vitamin supaya kuat beraktivitas seperti biasa walaupun sedang berpuasa. 

  1. Mengatur Waktu Istirahat
Mengatur Waktu Istirahat
freepik.com/author/odua

Selain mengatur makanan nih, kamu juga perlu memperhatikan jam istirahat. Selama berpuasa, jam tidur mungkin bakal berubah dan sedikit mempengaruhi kondisi fisik kamu. Nah, maka dari itu kamu butuh kembali mengatur waktu kapan kira-kira saat untuk istirahat supaya fisik lebih terjaga.


Baca Juga:

Nah, itu dia beberapa amalan yang bisa kamu lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Supaya ibadah kamu makin khusyu’, coba deh buka Blibli. Di sana ada banyak perlengkapan shalat seperti sajadah, tasbih, mukena bahkan pilihan fashion muslim kekinian yang siap di checkout kapan aja. Buka Blibli sekarang yuk!

Tag: