Kumpulan Ucapan Menyambut Ramadhan

ucapan menyambut ramadhan

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Ada kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia tiap kali Ramadhan menjelang. Bukan hanya menyiapkan makanan yang mudah disantap saat sahur, ini tentu juga penting. Tapi ada kebiasaan lain yang tak kalah penting, yaitu saling mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan dan memohon maaf atas kesalahan yang mungkin pernah dibuat baik secara sengaja maupun nggak sengaja. 

Ya, memohon maaf dan bermaaf-maafan memang nggak cuma dilakukan di Hari Raya Idul Fitri saja, sih. Sebelum bulan Ramadhan, bermaaf-maafan juga baik dilakukan, agar selama menjalankan ibadah puasa 1 bulan ke depan bisa lebih tenang dan ikhlas. Selain itu, mengirimkan ucapan untuk menyambut bulan Ramadhan juga jadi cara yang baik untuk tetap menjaga silaturahmi. Siapa tahu ada sanak keluarga dan kerabat yang sudah lama nggak pernah berhubungan karena kesibukan, jarak yang jauh, dan berbagai alasan lainnya. Mengucapkan selamat menyambut Ramadhan adalah cara yang baik untuk kembali menyambung tali silaturahmi yang hampir terputus. Silaturahmi selain menenangkan hati, juga mendatangkan pahala. 

Jadi, yuk, kirim ucapan menyambut Ramadhan pada orang terdekat dan sanak keluarga serta kerabat yang sering maupun jarang kamu hubungi. Nggak perlu bingung dengan isi ucapan, karena di sini ada deretan ide ucapan menyambut bulan Ramadhan.


Baca juga: 5 Perlengkapan Ramadhan Buat Ayah Supaya Ibadahnya Lancar sampai Lebaran

Ide Ucapan Menyambut Ramadhan

Ucapan menyambut bulan Ramadhan memang biasanya serupa. Pada intinya kamu mengharapkan agar lawan bicara bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan sehat selama sebulan penuh hingga Hari Raya Idul Fitri tiba. Agar ucapan terasa lebih personal, tentu saja kamu bisa menambahkan kata-kata dari hati kamu sendiri agar si penerima merasa ucapannya lebih spesial, bukan hanya sekedar template, aja. Untuk mengawali ucapan, ini dia 10 ide ucapan menyambut Ramadhan yang bisa dipilih:

  1. “Marhaban yaa Ramadhan.
  2. “Selamat datang bulan Ramadhan, bulan yang mulia. Semoga kami dapat memuliakan bulan ini sebagaimana Rasulullah memuliakanmu.”
  3. “Tiada hari seindah Jumat, tiada ibadah seindah shalat, tiada bulan seindah Ramadhan.
  4. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.”
  5. ”Semoga di bulan Ramadhan ini Allah memberkahi Anda dan keluarga. Selamat menjalankan ibadah puasa.”
  6. “Di antara 12 bulan, Allah memberikan 1 bulan Ramadhan yang penuh ampunan. Mari gunakan bulan ini dengan sebaik-baiknya. Selamat menunaikan ibadah puasa.”
  7. “Rasa syukur memenuhi hati karena kamu masih bersua kembali di bulan Ramadhan. Mari jadikan bulan ini sebagai bulan yang penuh dengan perbuatan baik. Tak akan kami sia-siakan bulan ini, Ya Allah. Marhaban yaa Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”
  8. “Sebelum hidup berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, sebelum bulan Ramadhan tiba, izinkan kami sekeluarga memohon maaf lahir dan bathin. Segala kekhilafan yang disengaja maupun tidak semoga bisa termaafkan agar ibadah kamu lancar. Marhaban yaa Ramadhan.”
  9. “Bumi gersang tanpa hujan, hati pun gersang tanoa adanya iman. Jiwa gersang tanpa adanya amal, jiwa pun gersang tanpa maaf darimu. Menyambut bulan Ramadhan, mohon maafkan segala kekhilafan dan kesalahan kami. Selamat menjalankan ibadah puasa.”
  10. “Bagai roda yang berputar, pasti akan terkena kerikil dan debu yang menggores dan menodainya. Sama halnya dengan perjalanan hidup kamu yang pasti pernah dihinggapi kesalahan sehingga menjadi noda. Di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini, kami mohon maaf atas segala kekhilafan yang mungkin pernah menggores hubungan kamu. Mohon maaf lahir dan bathin, selamat menjalankan ibadah puasa.”
  11. “Selamat menyambut bulan Ramadhan yang penuh rahmat.
  12. “Ya Allah, berikanlah kami ilmu dan berkah, jagalah hati kami, agar kami dapat menyempurnakan ibadah di bulan yang suci ini. Mari tekun beribadah di bulan Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa.”
  13. “Mari isi bulan Ramadhan dengan kebaikan. Siang penuhi dengan amal kebajikan, malam perbanyak belajar Al-Qur’an dan shalat. Bulan Ramadhan jadi penerang hati yang mulai remang-remang. Semoga bulan puasa ini mendatangkan berkah dan rahmat bagi kamu semua. Selamat menjalankan ibadah puasa.”

Rekomendasi Bentuk Kartu Ucapan Ramadhan

Emang, sih, dengan teknologi yang berkembang begitu pesat saat ini, orang udah jarang menggunakan kartu untuk mengirim ucapan. Nah, justru karena udah jarang dilakukan, mengirim kartu untuk mengucapkan selamat menyambut Ramadhan bisa jadi spesial, lho. Bayangkan aja nih ya, ketika kamu yang menerimanya. Meskipun hanya kartu saja, tanpa ada bingkisan ekstra pun kamu pasti merasa senang dan begitu dihargai. 

Ini menunjukkan kalau sang pengirim perhatian dan mau berusaha untuk membuat dan mengirim kartu. Jadi kalau bulan Ramadhan kali ini berencana mengirim bingkisan atau kartu ucapan, jangan ragu-ragu. Agar kartu ucapan jadi spesial bagi si penerima, bisa pilih kartu yang unik atau dengan ucapan yang menarik. Ini dia beragam rekomendasi bentuk kartu ucapan Ramadhan yang variatif. Bisa pilih sesuai selera.

  1. Pilih Kartu dengan Gambar

Image Source: freepik

Jenis kartu yang paling simpel adalah kartu berbentuk kotak persegi panjang atau persegi biasa. Agar lebih menjelaskan isi kartu, kamu bisa pilih kartu yang bergambar ilustrasi bernuansa Ramadhan. Misalnya nih, kartu bergambar masjid, gambar Ka’bah, atau pasangan yang mengenakan busana muslim, dan masih banyak lagi. 

Kartu semacam ini biasanya mudah didapat di toko buku, perlengkapan alat tulis, dan toko online. Jangan lupa tuliskan ucapan yang personal agar kartu jadi lebih terasa spesial begitu sampai ke tangan penerimanya.

  1. Bentuk Masjid

ucapan menyambut ramadhan
Image Source: freepik

Kalau ingin kartu yang lebih unik dari sekedar bentuk kotak biasa, bisa pilih kartu yang bentuknya bertema Ramadhan. Salah satu yang paling populer adalah bentuk masjid. Ketika melihat bentuknya saja, si penerima sudah bisa menebak maksud dari kartu tersebut. kartu semacam ini ada yang dijual dalam warna hitam putih maupun berwarna. Tinggal disesuaikan dengan selera saja.

  1. Bentuk Bulan Sabit

Image Source: freepik

Bentuk kartu unik lainnya yang juga berhubungan dengan bulan Ramadhan adalah bulan sabit, yang biasa ada di puncak kubah masjid. Memang benar, menulis ucapan di kartu berbentuk bulan sabit bisa cukup rumit, apalagi kalau ukurannya kecil. Tapi seru juga kan bagi si penerima mendapatkan kartu unik ini. Kalau ingin menuliskan ucapan yang agak panjang, sebaiknya pilih kartu bulan sabit yang ukurannya cukup besar.

  1. Bentuk Bedug

ucapan menyambut ramadhan
Image Source: freepik

Satu lagi kartu ucapan dengan bentuk unik yang identik dengan nuansa Islami. Kartu ucapan bentuk bedug. Biasa ada di masjid, bedug sangat lekat dengan budaya umat Muslim di Indonesia. Biasanya bedug akan dipukul menjelang adzan Maghrib, sebagai penanda kalau waktu shalat sebentar lagi akan tiba. 

Tapi setiap masjid punya kebiasaan yang berbeda. Ada yang membunyikan bedug di waktu shalat lainnya, dan bahkan ada yang hanya membunyikan bedug di bulan Ramadhan dan saat-saat spesial bagi umat Muslim saja. Yang jelas, bedug punya makna tersendiri bagi rakyat Indonesia yang menjalankan ibadah puasa. Jadi menerima kartu dengan bentuk bedug pasti akan terasa spesial, deh!

  1. Bentuk Ketupat

Image Source: freepik

Memang ketupat lebih identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Tapi nggak ada salahnya menggunakan kartu bentuk ketupat untuk ucapan menyambut bulan Ramadhan. Ketupat sebenarnya bukan makanan yang hanya bisa dinikmati di saat Idul Fitri saja. Tapi keberadaan ketupat di Hari Raya suci ini memang sudah melekat di budaya masyarakat Indonesia. Jadi kartu bentuk ketupat sangat pas dijadikan kartu untuk menyambut Ramadhan.

  1. Tempel Ornamen

Image Source: carousell

Nah, bagi yang punya tangan-tangan kreatif dan jiwa seni tinggi, banyak sekali ide untuk kartu ucapan Ramadhan yang bisa dibuat. Nggak masalah kalau kamu cuma menemukan kartu persegi warna polos yang super simpel. Karena kamu bisa mempercantik kartu sendiri. Salah satunya adalah dengan menempelkan ornamen. 

Nah, kalau gitu apa nih bentuk ornamennya? Ada banyak pilihan ornamen yang bisa digunakan sesuai selera. Misalnya, bunga kering. Bunga akan membuat kartu yang sangat sederhana jadi jauh lebih spesial. Kartu akan tampak cantik dan penerimanya akan senang menerima sesuatu yang dibuat dengan tangan si pengirim. Ide lain selain bunga? Bisa juga pilih ornamen berbentuk ketupat yang biasanya dijual di toko alat tulis menjelang bulan Ramadhan. Simpel, mudah dibuat, tapi unik!

  1. Hiasi dengan Doodle 

Image Source: dreamstime.com

Masih untuk yang bertangan kreatif, terutama yang bisa menggambar. Kartu polos warna putih atau warna lainnya bisa kamu hiasi dengan coretan kamu sendiri. Doodle atau mencoret-coret kertas bisa jadi indah kalau dihasilkan dari mereka yang berbakat. Doodle biasanya merupakan ilustrasi yang lucu dan bersifat komikal. 

Yang pasti, kartu semacam ini terasa sangat personal karena dibuat langsung oleh si pengirim. Niat si pengirim pasti tersampaikan bahkan sebelum penerimanya membaca pesan di kartu. Kamu bisa menggambar ilustrasi yang berhubungan dengan bulan Ramadhan sesuka hati. Kamu juga bisa pilih mau buat versi hitam putih atau berwarna. Keduanya sama-sama cantiknya!


Baca juga: Agar Puasamu Makin Berkah, Yuk Bahagiakan Hati Tetanggamu dengan Dua Resep Takjil Ramadhan Ini!

Ucapan Sambutan Ramadhan dengan Bingkisan

Image Source: padusi.id

Masih ada cara lain untuk memberi ucapan Ramadhan, yaitu dengan mengirimkan bingkisan. Siapa yang nggak suka menerima hadiah di saat-saat khusus? Termasuk menjelang Ramadhan. Saat ini ada banyak sekali pilihan bingkisan atau hampers yang cocok dikirimkan untuk menyambut bulan Ramadhan. 

Misalnya aja nih, bingkisan makanan. Jenis makanannya bisa disesuaikan dengan selera si penerima. Misalnya si penerima suka dengan aneka coklat, bisa kirimkan Van Houten x Ireneandflowers Choco Hampers. Bingkisan dengat bobot 220 gram ini berisi 4 jenis coklat Van Houten, yaitu rasa Almond, Semi Sweet Almond, Fruit & Nut, dan Milk. 

Tapi, bukan cuma itu aja, lho. Ada bunga kering eksklusif dari ireneandflowers yang dihias cantik di dalam hampers. Kalau ingin mengirimkan bingkisan makanan yang lebih deragam, bisa pilih happy Fasting Hampers yang berisi 1 kg beras, Simply Cookies, Kusamba Salt, Palm Sugar, Chia Seeds, dan Roasted Cashew. Semua bahan makanan ini sehat dan sangat cocok untuk menjalani ibadah puasa agar tetap kuat dan sehat. 

Selain itu, bingkisan menyambut Ramadhan nggak melulu soal bahan makanannya aja, nih. Bisa juga mengirimkan bingkisan berisi perlengkapan makan seperti Dekayu hampers Flavo. Isinya adalah piring jati, gelas jati, sendok mahoni motta, dan kartu. Unik banget, kan? Semua bingkisan ini bisa didapatkan di Blibli. Selain itu, masih banyak lagi ragam hampers lainnya yang bisa dipilih di Blibli sesuai selera. Jangan lupa gunakan Promo Hikmah Ramadhan Blibli ya!

Temukan Berbagai Hampers untuk Melengkapi Keistimewaan Ramadhan Hanya di Sini!

Hikmah Ramadhan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY