me

Panduan Wisata Candi Prambanan Lokasi, Review, Rute, & Fasilitas

Apr 19, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/EyeEm
Ini dia panduan wisata Candi Prambanan untukmu!

Promo Dream On Mei 2024

Wisata Candi Prambanan — Candi Prambanan menjadi salah satu candi menarik yang bisa kamu kunjungi untuk kebutuhan wisata edukasi bersama keluarga maupun teman. Candi ini letaknya ada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571 dan termasuk candi yang selalu ramai dikunjungi. 

Beberapa syarat masuk yang perlu kamu pahami adalah nggak boleh membawa senjata, nggak membawa drone dan nggak boleh membawa makanan atau minuman kemasan kecuali jika memang ada masalah tertentu seperti halnya anak kecil atau sesuai anjuran dokter. Adapun panduan lengkap wisata ini bisa langsung kamu cek semuanya di bawah ini!

Baca Juga: 


Panduan Wahana Atraksi di Prambanan 

Apa saja wahana atraksi yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Prambanan? Biar nggak penasaran kamu bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

1. Menikmati Keindahan Relief Candi Prambanan 

Menikmati Keindahan Relief Candi Prambanan
freepik.com/author/EyeEm

Wahana pertama yang bisa kamu nikmati saat berada di Prambanan adalah menikmati keindahan relief Candi Prambanan. Tentu saja hal ini juga menjadi kegiatan utama yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Kamu bakalan terpukau dengan detail relief yang diberikan oleh candinya. Detail relief ini menceritakan kisah dari Ramayana dan Krishnayana.

Kisah yang diberikan juga sangat lengkap mulai dari kelahiran Rama sampai dengan penculikan istrinya yakni Sinta yang dilakukan oleh Rahwana. Semuanya diceritakan secara runtut bahkan juga ada Hanoman (panglima kera) yang membantu penyelamatan Sinta sampai dengan penyerahan tahta Rama ke anaknya. 

Semua relief ini bisa kamu nikmati di dinding bagian dalam sebelah pagar sepanjang lorong yang mengelilingi area dari candi utama. Untuk bisa membaca relief ini kamu bisa memutar searah jarum jam dari sisi timur candi Siwa sampai ke Candi Brahma. Ada sekitar 42 adegan di candi Siwa dan 30 adegan di candi Brahma. 

2. Mengabadikan Foto Estetik 

Mengabadikan Foto Estetik
freepik.com/author/EyeEm

Kegiatan kedua yang bisa kamu lakukan saat berada di Candi Prambanan ini adalah mengabadikan foto estetik. Sepertinya semua orang memang sangat suka dengan foto estetik terlebih jika memang ada momen khusus yang bisa dibagikan ke media sosial. Saat berada di Candi Prambanan ini memang setiap sudutnya memiliki suasana yang nyaman dan bagus untuk dijepret. 

Terlebih jika kamu berkunjung pada sore hari maka pemandangan dari Lapangan Siwa Mandela yang ada di bagian dekat pintu keluar pelataran candi utama memang nggak bakalan mengecewakan sama sekali. Kemudian pada malam hari biasanya diselenggarakan Sendratari Ramayana yang sayang untuk dilewatkan terlebih adanya lampu yang menyinari bangunan candi membuatnya semakin indah.

3. Menikmati Pertunjukan Sendratari Ramayana 

Menikmati Pertunjukan Sendratari Ramayana
pandooin.com

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya di sini kamu juga bisa menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana yang sesungguhnya. Pertunjukan ini memadukan drama dan tarian yang diiringi oleh musik Jawa. Pertunjukan ini dimainkan lebih dari 200 penari profesional dan musisi lokal menggunakan perspektif Hindu dan diadaptasi budaya Jawa. 

Kamu jangan kaget karena drama ini nggak ada dialognya namun jalan ceritanya bisa dirasakan dengan mudah. Biasanya Sendratari ini diselenggarakan di Panggung Termuka atau Gedung Trimurti setiap Sabtu pukul 19.30-21.30 malam. Jangan lupa untuk mengamankan tiket yang kamu butuhkan untuk masuk. 

Panduan Tempat Makan & Belanja di Candi Prambanan 

Panduan Tempat Makan & Belanja di Candi Prambanan
borobudurpark.com

Saat berwisata tentunya nggak lengkap kalau nggak mencoba makanan dan mengisi perut di sekitar area wisatanya. Kamu nggak perlu khawatir karena banyak sekali pilihan tempat makan yang bisa kamu kunjungi saat berada di area Candi Prambanan ini. Pertama kamu bisa berkunjung ke Abhayagiri Restaurant yang menyediakan kebutuhan fine dining khas Jawa. 

Di sini kamu bisa menemukan banyak makanan khas Jawa dan western sehingga nggak perlu khawatir bakalan nggak cocok di lidah. Pemandangan hamparan sawah hijau dan sejuk juga bakalan membuatmu betah berlama-lama di sini. Menu makanan ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp40 ribuan saja tentu porsinya juga memuaskan. 

Pilihan keduanya adalah Pawon Prambanan yang menyediakan banyak makanan tradisional Nusantara. Areanya sangat luas ditambah dengan parkirannya mudah jadi aman banget dikunjungi secara berkelompok atau rombongan. Kamu bisa melihat pedesaan yang hijau dan relaksasi saat berada di area ini. 

Kamu juga bisa belanja barang atau oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu dapatkan langsung dari pedagang area candinya. Beberapa barang yang bisa dibeli adalah gelang etnik, replika candi, gambar candi sampai dengan makanan yang nggak bisa kamu temukan di tempat lainnya. 

Panduan Cara Beli Tiket Candi Prambanan 

Panduan Cara Beli Tiket Candi Prambanan
freepik.com/author/svstrelkov

Saat ini kamu nggak perlu antre repot untuk membeli tiketnya karena bisa langsung dibeli melalui laman resmi dari candi prambanan. Masuk ke laman pembelian tiket resmi kemudian beli untuk kebutuhan wisatawan domestik. Jika sudah jangan lupa untuk memilih tanggal dan waktu kedatanganmu lengkap dengan jumlah pengunjungnya. 

Beli dan selesaikan pembayaran maka tiket sudah bisa kamu dapatkan. Cara lain yang lebih mudah untukmu yang pengen berkunjung ke Candi Prambanan adalah membelinya di Blibli. Ada tiket tunggal yang bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp50 ribuan dan ada juga yang langsung menjual dalam bentuk paket wisata sehingga lebih praktis dan murah. 

Tentu saja paket wisata ini memungkinkan kamu nggak hanya bisa berkunjung ke Prambanan saja melainkan juga wisata candi yang ada di sekitarnya tanpa perlu repot membelinya satu-satu. Untuk paket wisata ini dijual dengan harga mulai dari Rp1 jutaan saja. 

Panduan Transportasi Menuju Candi Prambanan 

jogjapolitan.harianjogja.com

Apa saja transportasi yang bisa digunakan untuk ke Candi Prambanan? Kamu yang penasaran bisa langsung cek penjelasan ini. Pertama, kamu bisa menggunakan Trans Jogja yang dibandrol dengan harga Rp3 ribuan saja untuk penumpang umum. Meskipun begitu kamu sudah bakalan mendapatkan kenyamanan dengan baik apalagi di dalamnya sudah ada AC. 

Kamu bisa memilih titik pemberhentian di halte Terminal Prambanan dengan bus rute 1A sesuai waktu rutenya. Kedua, kamu bisa menggunakan transportasi bus antar kota trayek Solo. Pemberangkatan dari bus ini mulai dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor kemudian penumpang nantinya bisa turun di depan halte Candi Prambanan.

Alternatif ketiga yang nggak kalah mudah digunakan adalah memakai kereta api. Kamu bisa menggunakan Prambanan Ekspres (Prameks) dan berhenti di Stasiun Brambanan. Di sini nantinya kamu bisa jalan kaki sebentar sekitar 1 km menuju Candi Prambanan. Alternatif berikutnya adalah menggunakan ojek online atau taksi. 


Baca Juga: 

Kamu yang pengen langsung sampai cepat dan gak perlu ganti-ganti transportasi bisa menggunakan ojek online atau taksi. Tinggal duduk kemudian kamu bisa langsung sampai ke lokasi tujuannya. 

Blibli Friends tertarik untuk berkunjung ke Candi Prambanan? Jangan lupa untuk beli Tiket Masuk Candi Prambanan hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon dan potongan harga menarik hanya untukmu!