me

Warna Merah Imlek, Kenali Makna dan Barang-Barang yang Identik dengannya!

Jan 16, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

thejakartapost.com

Blibli Friends tentunya tahu kalau perayaan Imlek yang sebentar lagi berlangsung memang banyak identik dengan warna merah. Hampir semua jenis hiasan, ornamen sampai dengan pakaian yang dikenakan berwarna merah. Imlek sendiri merupakan perayaan tahun baru budaya Tionghoa yang sudah berlangsung sejak tahun 1914 lalu dan berkembang sampai sekarang. 

Warna merah Imlek yang sangat melekat membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai makna yang melekat di dalamnya. Untukmu yang pengen tahu penjelasan lebih lengkap tentang penggunaan warna ini bisa langsung cek di bawah ini!

Baca juga:


Mengapa sih Imlek selalu identik dengan warna merah? Memangnya apa makna yang melekat di dalam penggunaan warna ini untuk perayaannya? Sebelum masuk ke sana kamu harus tahu dulu kalau Imlek merupakan perayaan yang dilakukan ketika menginjak bulan lunar. Umumnya perayaan ini bersamaan dengan musim semi.

Ketika Imlek tiba mereka cenderung menghabiskan waktu bersama keluarga untuk merayakannya. Ada banyak ornamen dan hidangan yang tersedia untuk dinikmati bersama. Beberapa pernak-pernik seperti lampion, angpao dan hiasan lainnya bakalan dipajang di rumah. Hampir semuanya bakalan menggunakan warna merah dan paduan emas. 

Warna merah dalam perayaan Imlek memiliki makna keberuntungan yang bakalan hadir bagi masyarakat Tionghoa. Jadi, ketika mereka memasang semua serba merah di tahun baru Imlek maka bakalan banyak keberuntungan yang hadir dalam kehidupannya. Kemudian untuk warna emas sebagai paduannya ternyata juga nggak ngasal namun ada makna khususnya juga. 

Warna emas yang menjadi tulisan di angpao maupun lampion punya makna sebagai kekayaan. Sehingga mereka punya harapan besar dalam tahun baru Imlek ini bakalan mendapatkan cukup banyak harta kekayaan dan kemuliaan dalam hidup. Harapan ini dibuat nggak hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk semua anak dan keturunannya. 

pexels.com

Sejarah Warna Merah Pada Imlek

Tanpa sejarah tentu nggak akan ada perayaan yang selalu diperingati setiap tahunnya ini. Kamu harus tahu ternyata pemilihan warna merah juga berkaitan dengan sejarah yang melekat di dalamnya. Zaman dahulu ada legenda yang menjelaskan tentang Nian (hewan buas) yang selalu meneror warna saat Imlek tiba. 

Nian nggak hanya menakutkan namun dia juga memakan hewan ternak sampai anak-anak sehingga menyebabkan ketakutan untuk semua penduduk saat Imlek tiba. Nian digambarkan sebagai lembu jantan dengan kepala singa yang takut dengan tiga hal yakni warna merah, api dan kebisingan. 

Sehingga sewaktu perayaan Imlek tiba banyak orang yang mulai menghiasi rumahnya dengan ornamen serba merah untuk mencegahnya datang mengganggu. 

Penerapan Warna Merah Pada Imlek Masa Kini

Berdasarkan sejarah tersebut nyatanya warna merah juga punya keindahan yang cukup elegan ketika digunakan dalam perayaan Imlek. Warna merah bakalan cocok dipadukan dengan warna apa saja untuk dekorasi rumah maupun baju keluarga. Baik wanita maupun laki-laki bakalan cocok mengenakan pakaian warna merah sehingga nggak bakalan malu. 

Warna merah memberikan kesan tegas, percaya diri dan kemuliaan untuk para penggunanya. Hal ini sesuai dengan harapan besar mereka yang melekat dari maknanya. 

Barang-Barang Warna Merah yang Ada Pada Saat Imlek

Setelah mengenal makna dari penggunaan warna merah, penting banget untukmu tahu apa saja barang-barang warna merah saat Imlek seperti di bawah ini!

Petasan Merah

Barang warna merah pertama yang banyak dipasang pada saat perayaan Imlek adalah petasan warna merah. Sesuai dengan warnanya, petasan ini memang identik dengan warna merah dan tulisan warna emas yang mengelilingi petasannya. Hal ini masih berkaitan dengan sejarah mengenai Nian yang meresahkan warga. 

Dalam legendanya Nian akan takut dengan api, kebisingan dan sesuatu yang berwarna merah. Untuk itu dipilihlah petasan dalam perayaannya karena mencakup semua hal yang ditakuti oleh Nian tersebut. Suara gemuruh berisik dari petasan bakalan mengusir ketidakberuntungan (Nian) dan sesuatu yang buruk dengan baik. 

Nggak heran kalau petasan ini bakalan selalu ada dalam setiap rumah, mereka juga bakalan membunyikannya untuk mengusir mala petaka. 

Chinese Knot

Barang dengan warna merah kedua yang perlu kamu tahu adalah Chinese Knot. Apa sih barang ini? Kamu yang belum tahu, Chinese knot merupakan hiasan gantung ala China yang punya makna kebebasan dan kebahagiaan. Sehingga ketika pajangan ini berada di dalam rumah sekaligus menjadi doa dan harapan bagi mereka. 

Biasanya pajangan unik ini bakalan digantung di ruang keluarga atau ruang tamu tepat di langit-langitnya. Namun beriring berjalannya waktu Chinese knot ini juga ditata menarik pada tempat dari kayu maupun langsung ditempelkan di dinding biar lebih rapi sekaligus menjadi dekorasi rumah selama Imlek. 

Lilin Merah

Dalam perayaan Imlek tentu nggak ketinggalan selalu ada lilin warna merah pada setiap rumah orang yang merayakannya. Lilin merah ini akan dimasukkan ke dalam gelas biar lebih rapi dan nggak mudah mati cahayanya. Ternyata lilin ini punya makna penting dalam kehidupan dan perayaan Imlek tersebut. 

Maknanya adalah harapan atau penerangan untuk tahun baru yang lebih baik. Mereka punya harapan bahwa semua harapan dan usahanya akan diberikan kelancaran dan kemudahan. Nggak hanya itu, lilin merah juga punya makna rejeki dan penerangan saat nanti sudah memasuki kehidupan di akhirat. 

Gambar Dewa Rezeki dan Ikan Koi

Barang dengan warna merah keempat yang selalu ada dalam perayaan Imlek adalah gambar ikan koi dan dewa rezeki. Gambar ikan koi sendiri dimaknai sebagai sebuah keberuntungan bagi warga Tionghoa sementara dewa rezeki tentu saja melambangkan keberuntungan dan rejeki melimpah terutama ketika tahun baru Imlek tiba. 

Selain itu, dalam bahasa Mandarin ikan adalah “Yu” yang punya kemiripan dengan kata “Yu” yang artinya “lebih”. Sehingga ketika ikan dan dewa ini digabungkan maka tahun baru Imlek ini menjadi harapan mereka mendapatkan lebih banyak rezeki atau rezeki yang melimpah dibandingkan tahun sebelumnya. 

Secara umum gambar ini punya latar belakang merah dan terbuat dari kain tebal sehingga cakep banget ketika ditempel di dinding maupun di paku dalam sebuah tempat khusus. 

Yenpao

Hiasan yang satu ini merupakan uang emas yang biasanya diletakkan dalam meja. Warnanya emas dan bermakna untuk penarik simbol rejeki bagi pemilik rumah. Meskipun warnanya memang emas, namun peletakan Yenapo ini selalu identik dengan celemek warna merah untuk melapisi meja sebagai tempatnya. 

Selain dipajang di atas meja kamu yang pengen menggantungnya juga bisa banget, biasanya tali yang digunakan untuk menggantung hiasan ini bakalan berwarna merah super cakep. Sehingga paduan emas dan merah ini menarik lebih banyak keberuntungan dan rezeki bagi pemilik rumahnya. 

Pohon Angpao

Barang warna merah keenam yang identik dengan warna merah keenamnya adalah pohon angpao. Pohon ini punya sebutan lain yakni Pohon Mei Hua dengan daun berwarna merah lebat dan kayu yang kokoh. Secara umum pohon ini nggak dibiarkan polos atau gundul namun dibekali dengan banyak hiasan atau aksesoris.

Beberapa hiasan yang digunakan dalam pohon tersebut adalah kertas emas, angpao dan lampion kecil sehingga bakalan ramai dan cakep abis. Pohon ini punya makna mendalam yakni kesejahteraan, kebahagiaan dan keuletan bagi pemiliknya. Nggak hanya itu, pohon ini juga melambangkan kedermawanan dan kemakmuran untuk penggunanya. 

Hal ini tentu sesuai dengan angpao yang dipajang dalam pohon tersebut, nantinya angpao ini memang bakalan diisi dengan uang dengan nominal tertentu. 

Lampion Merah

Barang dengan warna merah ketujuhnya adalah lampion merah. Sesuai dengan namanya, lampion ini memang dibekali dengan warna merah untuk semua bagiannya hanya saja di bagian tertentu bakalan ada tambahan aksen emas yang super cakep. Begitu juga dengan beberapa tulisan yang identik dengan warna emas. 

Lampion sendiri punya makna mendalam untuk para penggunanya, yakni tahun baru ini menjadi penerang kehidupan yang masih menjadi misteri. Sehingga mereka bakalan lebih lancar dalam menjalani kehidupan apapun itu baik sedih maupun senang selalu menemukan jalan keluarnya sendiri. 

Nggak hanya itu, lampion ini memang sudah khas banget sehingga membangkitkan suasana Imlek yang melekat dalam perayaannya. Sehingga nggak pernah ketinggalan untuk dipajang selama perayaan Imleknya. 

Baju Warna Merah

Barang dengan warna merah yang kedelapan adalah baju warna merah. Mereka menyebut baju ini dengan cheongsam meskipun saat ini sudah banyak orang yang memodifikasinya dengan pakaian lain asalkan warnanya tetap merah. Teruatama untuk anak-anak dan orang tua yang butuh kenyamanan lebih baik. 

Baju dengan warna merah ini punya makna yang bagus banget untuk penggunanya saat Imlek tiba. Baju merah bisa menghindarkan diri dari kesialan atau sesuatu yang buruk pada penggunanya. Warna merah untuk outfit yang digunakan dalam Imlek merupakan pertanda awal yang bagus dalam menjalani kehidupan. 

Naga Merah

Barang dengan warna merah kesembilannya adalah naga warna merah. Meskipun nggak semua kepala keluarga bakalan menyelenggarakan tarian topeng naga namun beberapa rumah bakalan memasang naga merah sebagai pajangannya. Dalam legenda naga merah punya makna kemakmuran dan keberuntungan yang bagus bagi pemiliknya. 

Sementara untuk tarian naga sendiri identik dengan perayaan tahun baru Imlek secara besar-besaran dalam menyambut hal baik di dalamnya. Biasanya tarian ini juga dibekali dengan adanya barongsai lengkap dengan para penari lainnya. 

Amplop Angpao Merah

Barang dengan warna merah yang nggak ketinggalan digunakan saat Imlek tiba adalah amplop dengan warna merah. Amplop ini terbuat dari kertas tebal dengan warna merah dan tulisan emas sebagai paduannya. Amplop ini konon hanya ada saat Imlek tiba dan digunakan untuk menaruh uang yang nantinya bakalan dibagi-bagikan. 

Angpao ini nantinya bakalan diberikan pada saudara mereka yang usianya masing anak-anak atau justru orang tua yang usianya memang sudah senja dan nggak produktif lagi. Nggak jarang mereka juga memajang angpao ini sebagai dekorasi ruangannya yang super cakep. 


Baca juga: Tips Belanja Imlek, Cek Dulu Yuks!

Bagaimana Blibli Friends? Ternyata banyak banget ya makna menarik dan barang-barang merah untuk perayaan Imlek ini. Kalau di daerahmu kebanyakan memasang barang merah yang mana nih? Kamu yang sedang mencari semua kebutuhan Imlek bisa langsung mendapatkannya di Blibli saja. Yuk, buruan check out di Blibli sekarang!