me

Tumor Ganas Pada Telinga Kucing: Pahami Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi!

Jan 15, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

pdsa.org.uk

Siapa bilang tumor telinga hanya mampu menyerang manusia? Ternyata dalam suatu kondisi tumor juga bisa menyerang binatang peliharaan seperti kucing. Keberadaan tumor ganas pada telinga kucing ini tentu bakalan mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya sehingga perlu dipahami gejala dan pemberian tindakan lebih lanjut!

Baca juga: Cara Membuat Vitamin Kucing Sendiri 


Gejala Tumor Ganas Pada Telinga Kucing

wikihow.com

Kamu khawatir kucingmu terkenal tumor ganas pada telinganya? Untuk antisipasi dini kamu perlu banget tahu apa saja gejala tumor ganas pada telinga kucing yang bisa kamu cek di bawah ini!

1. Menjadi gampang marah

Jika kucingmu biasanya cenderung kalem namun berubah menjadi emosional maka kamu perlu memperhatikan perubahan sikapnya. Hal ini bisa saja menandakan kucingmu sedang stres, kurang makan atau terkena gejala tumor ganas pada telinga. Curigalah dengan perilaku kucing yang nggak biasa.

Seperti contohnya ketika kucing senang bersembunyi di suatu tempat dalam waktu yang lama padahal biasanya kucingmu lebih suka bermain atau bermanja denganmu. 

2. Telinga aromanya nggak enak

Telinga kucing harus dicek kebersihannya secara berkala untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan seperti tumor ini. Gejala dari tumor telinga ini adalah kotoran telinganya cenderung berair, berbau dan ada nanah maupun darahnya. Tentu saja disertai dengan kesakitan kucing ketika kotorannya tersebut keluar. 

Cobalah cek kotoran telinga kucing dan curigalah dengan kotoran telinga yang memiliki ciri nggak seperti biasanya. 

3. Kucing sering menggelengkan kepala

Hal ini terjadi karena kucing merasa nggak nyaman dengan kondisi telinganya sehingga dengan menggelengkan kepala mereka berharap bisa meraih telinganya. Menggelengkan kepala juga merupakan respon terhadap nggak nyamannya kucing terhadap kondisi tubuhnya. Jadi, kamu harus selalu memperhatikan perubahan sikapnya. 

4. Mudah Terjatuh

Kucing yang mengalami gangguan di telinganya bakalan sering jatuh karena tubuhnya merasa nggak seimbang. Hal ini dikarenakan kucing merasa kesakitan dan nggak bisa berkonsentrasi dengan baik. 

5. Kurang merespon ketika dipanggil

Gejala berikutnya adalah kucing menjadi kurang responsif ketika dipanggil. Hal ini dikarenakan kucing mengalami pengurangan kemampuan pendengaran sehingga mereka nggak tahu jika kamu memanggilnya. 

Penyebab Tumor Ganas Pada Telinga Kucing

Setelah mengenal gejalanya, kamu juga harus tahu sebenarnya apa saja sih yang menjadi penyebab tumor ganas pada telinga kucing? Biar nggak penasaran kamu bisa langsung cek penjelasannya di bawah ini!

1. Pertumbuhan bakteri

Telinga memang tempatnya kuman dan bakteri apalagi jika tingkat kebersihannya memang nggak diperhatikan sehingga membuat perkembangannya terlalu berlebihan. Bakteri berlebihan ini bakalan menumpuk di telinga dan menyebabkan infeksi. Kondisi ini jika dibiarkan bakalan berkembang menjadi tumor telinga yang nggak diinginkan.

2. Gendang telinga bermasalah

Penyebab kedua yang bisa menjadi pemicu terjadinya tumor telinga kucing adalah terjadinya masalah pada gendang telinga. Sama halnya dengan manusia, kucing juga punya gendang telinga yang harus diperhatikan kesehatannya. Gendang telinga yang pecah tanpa penanganan lanjut bakalan menjadi infeksi dan berkembang menjadi tumor. 

3. Polip telinga

Ternyata polip nggak hanya terjadi pada saluran hidung namun juga mampu menyumbat bagian telinga. Hal ini ditandai dengan pengurangan pendengaran dan kesehatan kucing yang memburuk. Polip membuat kucing menjadi nggak nyaman untuk mendengar sesuatu dan cenderung nggak responsif. 

Kondisi tertutupnya telinga akibat polip ini bakalan memicu perkembangan bakteri karena nggak bisa dikeluarkan dengan maksimal. 

4. Pertumbuhan rambut berlebih di telinga

Bagian telinga kucing juga ada rambut untuk memberikan perlindungan, hanya saja dalam suatu kondisi pertumbuhannya menjadi berlebihan. Sehingga membuat gumpalan yang menyumbat saluran telinga. Saluran yang tersumbat ini bakalan memberikan kesempatan bertumbuhnya bakteri, salah satunya penyebab tumor. 

5. Penyakit autoimun

Penyebab yang satu ini paling banyak terjadi dimana kondisi kucing yang memang nggak baik kemudian ditambah dengan penyakit autoimun. Penyakit ini menyebabkan banyak komplikasi dan penyakit apapun menyerang kucing seperti halnya tumor telinga. Kondisi ini merupakan hal serius sehingga perlu banget penanganan dari dokter yang berpengalaman.  

Cara Mengobati Tumor Ganas Pada Telinga Kucing

Nggak hanya perlu tahu gejala dan penyebab namun selanjutnya kamu juga harus mengenal cara mengobati tumor ganas pada telinga kucing sebagai bentuk antisipasi. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pahami diagnosa awal

Kamu memang harus responsif dengan segala sesuatu terhadap perubahan sikap kucing karena mempengaruhi kesehatannya. Diagnosa awal ini bukan maksudnya harus memahaminya secara mendalam namun lebih ke antisipasi. Jika kamu menemukan gejala di atas terjadi pada kucing maka kamu bisa langsung menyimpulkan terjadi masalah serius pada kucing. 

Jika memang telinganya sakit kamu bisa memberikannya obat yang ringan barulah menunggu reaksi dari obatnya. Namun jika nggak kunjung sembuh maka kamu wajib banget untuk membawanya ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut. 

2. Perawatan Jalan

Perawatan ini harus dalam dampingan dokter hewan untuk mengetahui perkembangan kesehatan dari kucingnya. Namun kamu boleh nggak langsung ke dokter karena bisa dengan memeriksa telinga kucing sendiri. Kemudian cek kotorannya, jika masih aman namun kucing tetap kesakitan bisa jadi karena infeksi saja. 

Jadi, kamu bisa memberikannya obat tetes untuk meredakan infeksinya. Cara yang satu ini bisa menanggulangi infeksi yang bisa berkembang parah menjadi tumor yang nggak diinginkan. Barulah jika memang nggak ada perubahan maka kamu perlu bantuan dokter untuk menambah perawatannya. 

3. Operasi

Tumor memang harus diangkat dalam tindakan operasi. Tentu saja tindakan yang satu ini nggak bisa kamu lakukan sendiri melainkan harus dilakukan dokter profesional. Tumor yang diangkat bakalan membuat kesehatan kucing cenderung menjadi lebih baik dibandingkan hanya dengan mengobatinya saja. 

4. Rutin kontrol

Setelah tumor berhasil diangkat nyatanya kamu juga nggak boleh menghentikan perawatan karena masih harus rutin cek kondisi kucingnya. Paling nggak lakukan konsultasi sebulan sekali untuk mengecek tumornya nggak tumbuh kembali. Jika kamu lalai dengan perawatan meskipun sudah diangkat terkadang tumor bisa kembali tumbuh. 

5. Berikan vitamin yang cukup

Pahami bahwa kucing juga makhluk hidup yang perlu dijaga kesehatannya dengan baik sehingga selain gizi seimbang kamu perlu banget memberikannya vitamin. Cara ini sekaligus bakalan menolong kucing dari terjangkitnya penyakit autoimun yang sulit sembuhnya. 

6. Pembersihan telinga rutin

Kotoran telinga kucing memang bisa keluar sendiri namun ada kalanya bakalan mengeras dan menyumbat telinganya. Sehingga bantu kucing untuk membersihkannya sekitar sebulan sekali biar nggak terjadi penyumbatan dan infeksi di dalamnya. 

Forbis Good Ears 100 ml Obat Telinga Kucing Anjing


Baca juga:Jangan Sepelekan Kucing! Ini Manfaat Pelihara Kucing

Untukmu yang sedang mencari obat telinga kucing terbaik sebagai antisipasi dini bisa langsung cek semuanya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan produk perawatan dan obat kucing tentunya terjamin harga dan kualitasnya. Kamu juga punya kesempatan dapat gratis ongkir dan diskon lain yang menguntungkan. 

Tag: