me

9 Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik

Mar 28, 2024.By Jarvis
Bagikan

youtube.com
Tips memilih mesin cuci hemat listrik 9 Tips memilih mesin cuci hemat listrik supaya cucian beres, kantong nggak rembes

Cicilan 0% KAM

Zaman sekarang mesin cuci sudah jadi kebutuhan utama setiap rumah tangga. Gimana nggak? Boro-boro cuci baju, mau healing dan ambil cuti kerja aja susah kan, Blibli Friends? Nah, kamu perlu tahu apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mesin cuci. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah hemat tidaknya listrik. Jangan sampai cucian beres tapi kantong kamu jadi rembes

Coba cek apakah mesin cuci kamu sudah hemat listrik atau belum. Kalau masih ada yang bingung, yuk simak 9 tips memilih mesin cuci hemat listrik berikut ini! 


Perhatikan Label Energy

Perhatikan Label Energy
esla.ph

Hal pertama kamu bisa cek label energy yang tertera pada display mesin cuci. Label hemat energy biasanya ditunjukan dengan tanda bintang. Makin banyak bintang, makin hemat listrik nya. Kalau Blibli Friends nggak nemuin label energinya, kamu bisa tanyakan ke petugas. 

Sekarang juga banyak mesin cuci yang memiliki fitur hemat energi dari segi putaran, pemakaian jumlah air dan proses pengeringannya. Pilih fitur yang paling cocok untuk kebutuhan kamu.

Watt dan Voltase Sesuai Daya Listrik Rumah

freepik.com/author/sweettomato

Nggak hanya fitur hemat energy, watt dan voltase mesin cuci yang kamu pilih harus sesuai dengan daya listrik di rumah kamu. Jangan sampai memilih mesin cuci dengan watt dan voltase lebih besar daya listrik rumah kamu ya, Blibli Friends! Nggak malah bikin hemat, malah bikin pusing nyalain listrik bergantian, atau malah menaikan daya listrik yang tentunya bikin tarif listrik jadi lebih mahal.

Pilih Top Loading

Pilih Top Loading
furnitureplustt.com

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih mesin cuci yang hemat listrik adalah tipe loadingnya. Di pasaran umumnya ada 2 macam tipe yaitu top loading dan front loading. 

Mesin cuci front loading memang terlihat lebih mewah. Namun sayangnya beberapa kelebihan ini justru bikin penggunaan listrik lebih tinggi, lho! Karena biasanya mesin cuci tipe ini diperuntukan untuk rumah dengan daya listrik tinggi. Banyaknya fitur digital seperti pengering sekaligus hemat air inilah yang bikin penggunaan listriknya lebih tinggi.

Kalau kamu keluarga kecil atau pasangan baru, mesin cuci top loading bisa jadi pilihan tepat. Karena fitur yang ditawarkan sudah cukup dan biasanya tidak digital. Ditambah pengaturan banyaknya detergen bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jadi pastinya lebih hemat listrik donk.

Kalau Pilih Top Loading, Tentukan Ingin Satu atau Dua Tabung

fouanistore.com

Mesin cuci tipe top loading biasanya ada 2 macam, ada yang satu atau dua tabung. Mesin cuci satu tabung biasanya lebih praktis karena ada fitur yang membuatnya bisa mencuci sekaligus mengeringkan dalam satu tabung. Tentunya tipe ini masih mengkonsumsi listrik lebih tinggi karena fitur otomatisnya. Kalau kamu cukup sibuk, bisa jadi tipe ini cocok buat kamu

Untuk penggunaan rumah tangga, mesin cuci dua tabung sebenarnya juga jadi pilihan, karena penggunaan listrik nya lebih rendah, Sekalipun sedikit repot karena harus memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung sebelahnya. Jadi pada dasarnya, menentukan tipe tabung tergantung dari seberapa besar kamu butuh fitur otomatis itu. 

Pilih Mesin Cuci dengan Fitur Seperlunya

Pilih Mesin Cuci dengan Fitur Seperlunya
homesteadcaravans.co.uk

Sama seperti produk lainnya, mesin cuci yang punya banyak fitur selalu berbanding lurus dengan besarnya arus listrik yang dikeluarkan. Tapi nggak cuma listrik aja, ternyata biaya servis dan risiko kerusakannyapun juga lebih tinggi dibanding mesin cuci konvensional dan minim fitur. 

Meskipun mesin cuci satu tabung biasanya lebih boros karena fiturnya lebih banyak. Tapi, ada juga beberapa tipe dengan fitur yang nggak terlalu boros, kok. Jadi, sebaiknya tanya-tanya dulu ke petugas toko nya buat informasi yang biar lebih jelas.

Kapasitas Sesuai Kebutuhan

homesteadcaravans.co.uk

Kalau kebutuhan cuci baju kamu nggak banyak, sebaiknya pilih mesin cuci yang kecil saja kapasitasnya, contohnya 7 kg atau 9 kg. Logikanya makin besar mesin cuci, makin berat komponennya dan makin besar dinamo yang digunakan sehingga makin boros juga energi listriknya. 

Tapi kalau memang pakaian kamu dalam jumlah banyak, justru bahaya dan lebih beresiko kalau memaksakan memakai mesin cuci yang kecil kapasitasnya. Mesin bakal cepat rusak, biasanya karena dipaksakan melebihi kapasitas dan juga terlalu sering dipakai.

Kualitas Produk Teruji

Kualitas Produk Teruji
youtube.com

Jangan cuma terjebak dengan harga murah, kalau gampang rusak dan service nya jadi mahal. Lebih baik ambil yang harganya agak mahal tapi awet dan ada garansinya. Garansi boleh jadi pertimbangan buat kamu pilih mesin cuci ya, Blibli Friends! Tentunya bisa bikin kamu hemat dengan fasilitas seperti home service serta menandakan kualitas barang yang diproduksi oleh pabriknya. 

Review Positif dari Pengguna

wayfair.com

Buat jadi bahan perbandingan, pendapat dan testimoni customer lain di social media bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Perhatikan testimony pada fitur-fitur yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu pasti bakal lebih mudah mengontrol budgeting.

Gunakan dengan Benar

Cara penggunaan mesin juga akan pengaruh ke penggunaan energi dan keawetan mesin. Pastikan kamu membaca dulu dengan seksama buku petunjuk penggunaan mesin cuci. Beda merk tentunya punya cara pengoperasian yang berbeda. Jangan sampai mesin cuci sudah berfitur hemat energy tapi malah boros karena cara pakainya salah. 

Bagaimana cara menghemat energi listrik pada mesin cuci? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

Suhu Air Rendah

Suhu Air Rendah
freepik.com/author/jcomp

Gunakanlah air dingin saat mencuci baju untuk menghindari konsumsi energi yang berlebihan. Meskipun air panas dipercaya lebih tinggi tingkat kebersihan dan kehigienisannya, namun justru menaikan listrik karena mesin cuci berusaha mendinginkan mesinnya biar tetap aman.

Mode Pencucian Sesuai

Mode Pencucian Sesuai
wayfair.com

Pilihlah mode pencucian yang sesuai dengan jenis bahan atau jenis noda pada cucian. Kamu bisa juga cek di petunjuk penggunaan produk sehingga bisa menyesuaikan sesuai saran yang diberikan

Takaran Deterjen Tepat

freepik.com/author/freepik

Pastikan buat menakar deterjen dengan tepat biar nggak hanya mengurangi konsumsi air, tapi juga energi yang diperlukan oleh mesin cuci. Penggunaan detergen yang berlebihan bikin mesin cepat kotor dan rusak. Selain itu kamu jadi harus bolak-balik membilas cucian yang bikin boros air

Atur Jadwal Mencuci

Atur Jadwal Mencuci
linor.com

Kamu juga perlu mengatur jadwal mencuci sehingga bisa mencuci dengan kapasitas maksimal setiap 2-3 hari. Hal ini tentu lebih efisien daripada mencuci dengan kapasitas sedikit setiap hari.


Itu tadi tips memilih mesin cuci hemat listrik dan semoga membantu, ya! Buat kamu yang lagi cari mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya, segera klik dan cek program Blibli Elektronik Cicilan 0%! Bisa juga menggunakan kartu kredit apa saja yang sudah kerjasama dengan Blibli. Nikmati penawaran terbaik untuk dapetin mesin cuci hemat listrik incaran kamu!V  

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya