me

8 Cara Menggunakan Mesin Cuci LG Biar Awet

Mar 20, 2024.By
Bagikan

lg.com
8 cara menggunakan mesin cuci LG agar awet dan nggak mudah rusak.

Cicilan 0% KAM

Menggunakan mesin cuci dengan benar ternyata penting banget lho, Blibli Friends. Jika kamu memakai mesin cuci sesuai petunjuk penggunaannya, mesin cuci akan terjaga dari risiko kerusakan, dapat meningkatkan kinerja mesin dan hasil cucian, menjaga keamanan pengguna, menghemat energi dan air, serta pemeliharaan mesin agar tetap berfungsi.

Salah satu merek peralatan elektronik yang punya kualitas mesin cuci terbaik adalah LG. Kamu bisa menerapkan cara menggunakan mesin cuci LG yang baik dan benar agar tetap awet serta terjaga kualitasnya. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada hasil cucian yang lebih baik dan banyak ya, Blibli Friends.

Baca juga:


Persiapkan Pakaian

Persiapkan Pakaian
freepik.com/author/faizaminudin

Sebelum mengetahui tutorial menggunakan mesin cuci LG selengkapnya, jangan lupa persiapkan pakaian kotor yang akan dicuci. Sebaiknya pisahkan pakaian berdasarkan jenis kain serta warnanya agar tetap awet dan nggak mudah luntur. Selain itu, kamu juga bisa memisahkan pakaian luar dengan pakaian dalam dan merendam pakaian dalam terlebih dahulu dengan sedikit deterjen sebelum masuk mesin cuci.

Kamu juga bisa menyiapkan pakaian agar terbebas dari benda-benda asing yang terselip ke dalam saku pakaian atau tersembunyi di dalam lipatan-lipatan baju. Biasanya ada benda seperti uang, nota-nota penting, atau benda tajam seperti pulpen yang terselip di dalam saku. Sebaiknya segera ambil benda-benda tersebut agar nggak rusak dan mengganggu proses pencucian dengan mesin cuci LG. Mesin cuci juga bisa tetap awet serta tahan lama, deh.

Tambahkan Deterjen dan Pelembut Pakaian

Tambahkan Deterjen dan Pelembut Pakaian
freepik.com/author/freepik

Setelah memisahkan dan memilah pakaian kotor yang ingin kamu cuci, kamu bisa memasukkan deterjen serta pewangi sekaligus pelembut ke dalam mesin cuci. Biasanya, terdapat dispenser atau tempat khusus untuk meletakkan deterjen dan pelembut pakaian. Pemilihan deterjen dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi, baik bubuk maupun cair. Meskipun begitu, pastikan deterjen dan pelembut yang dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin cuci.

Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah deterjen dan pelembut pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan terkait jumlah deterjen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tentunya jika pakaian yang dicuci semakin banyak, maka kebutuhan deterjen untuk mencuci juga semakin banyak.

Masukkan Pakaian

freepik.com/author/odua

Karena akan mencuci pakaian, tentu kamu harus memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci sebelum memulai menyalakannya ya, Blibli Friends. Setiap mesin cuci mempunyai kapasitas maksimalnya masing-masing yang perlu diperhatikan oleh para pengguna. Jangan sampai jumlah dan berat pakaian yang kamu masukkan ke dalam mesin cuci terlalu sedikit atau melebihi kapasitas maksimalnya, ya.

Terlalu banyak pakaian sehingga terasa berat melebihi kapasitas maksimal mesin cuci akan berpengaruh pada gerakan peralatan elektronik untuk mencuci tersebut. Mengikuti petunjuk kapasitas maksimal akan membuat gerakan mesin cuci lebih baik sehingga efektif dalam membersihkan pakaian berupa baju, celana, dan jenis pakaian lainnya.

Nyalakan Mesin

Nyalakan Mesin
freepik.com/author/freepik

Apa bila semua pakaian dan deterjen yang akan digunakan sudah siap dan dimasukkan ke dalam mesin cuci sesuai letaknya, artinya kamu sudah siap mencuci. Pastikan kabel yang akan mengalirkan listrik dan menggerakkan mesin cuci telah terhubung agar kamu bisa segera mencuci pakaian yang kotor tersebut ya, Blibli Friends. Beberapa mesin cuci juga dirancang memiliki selang yang harus dihubungkan ke keran air sebelum dipakai.

Nyalakan mesin cuci dengan cara menekan bagian tombol daya yang tersedia pada mesin. Karena terdapat banyak tombol, kamu perlu memastikan bahwa tombol yang dipilih adalah tombol yang paling tepat. Kalau bingung, bukalah manual book atau buku yang berisi petunjuk penggunaan mesin cuci. Tombol daya sendiri kerap diberi tanda power berbentuk lingkaran dan sebuah garis pada bagian tengahnya.

Pilih Program Cucian

freepik.com/author/rawpixel-com

Cara menggunakan mesin cuci LG selanjutnya adalah dengan memilih program pencucian yang didasarkan pada jenis pakaian di dalamnya. Mesin cuci LG sudah dilengkapi dengan berbagai program yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan saat mencuci. Jangan sampai salah dalam memilih program karena dapat berpengaruh pada tingkat kebersihan pakaian yang dicuci serta berdampak jangka panjang pada umur mesin cuci.

Pada mesin cuci LG, program yang biasanya tersedia antara lain Normal, Cepat, Delikat, dan sebagainya. Untuk mencuci baju dan celana sehari-hari yang berbahan kaos, kamu dapat memilih normal atau pengaturan pencucian basic. Lain halnya jika ingin mencuci jeans atau jaket-jaket tebal, pilihlah program yang paling sesuai agar mesin cuci LG bisa bekerja dengan optimal.

Mulai Siklus Cuci

freepik.com/author/prostooleh

Setelah semua preparasi atau persiapan pencucian sudah dilakukan, kamu dapat memulai siklus pencucian. Menjalankan siklus cuci pada mesin cuci LG sangat mudah ya, Blibli Friends. Kamu hanya perlu menekan tombol Start atau Cuci dan serangkaian tahap pencucian segera dimulai oleh mesin cuci LG andalanmu.

Jika mesin cuci sedang menjalankan siklus pencuciannya, biarkanlah mesin cuci tersebut sampai tugasnya selesai. Setiap mesin cuci, termasuk mesin cuci LG akan memberikan sinyal khusus jika cucian telah siap dan bersih. Kamu juga nggak perlu khawatir mesin akan terus berjalan karena semuanya sudah diatur secara otomatis. Meskipun begitu, sebaiknya sesekali tetap perhatikan untuk memastikan pencucian berjalan lancar.

Angkat Pakaian

Angkat Pakaian
freepik.com/author/pressfoto

Semua proses pencucian sudah dilakukan dan mesin cuci LG sudah menghentikan program secara otomatis? Artinya proses mencuci pakaian sudah selesai dilakukan ya, Blibli Friends. Segera keluarkan pakaian yang telah dicuci dari dalam tabung mesin cuci. Durasi proses pencucian sendiri biasanya ditentukan dari program yang dipilih sebelum mencuci.

Jangan biarkan pakaian yang sudah selesai dicuci terlalu lama berada di dalam tabung mesin cuci. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari munculnya mikroorganisme yang mudah berkembang biak saat kondisi pakaian dalam kondisi lembap. Selain nggak sehat karena dapat  menyebarkan penyakit dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit, pakaianmu juga akan berbau tak sedap.

Keringkan Pakaian

Keringkan Pakaian
freepik.com/author/master1305

Hal yang paling penting untuk dilakukan setelah mengerjakan seluruh cara mencuci dengan menggunakan mesin cuci adalah mengeringkan pakaian. Tentunya hal ini disebabkan oleh kondisi pakaian yang masih lembap atau bahkan basah. Kamu dapat mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan dryer alias mesin pengering pakaian jika tak ada matahari.


Baca juga:

Gampang banget kan cara menggunakan mesin cuci LG ini, Blibli Friends? Pastikan kamu membeli mesin cuci LG yang asli agar kualitasnya lebih terjamin, ya. Kamu bisa mengandalkan Blibli karena ada LG Official Store yang memiliki koleksi perlengkapan elektronik super lengkap. Belanja online barang berkualitas jadi semakin aman dan nyaman deh dengan adanya Blibli.

Tag: