me

Cara Mengatur Suhu Setrika Berdasarkan Jenis Kainnya

Apr 25, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/lazy-bear
Simak cara mengatur suhu setrika ini dulu sebelum beli setrika baru!

Cicilan 0% KAM

Baru sekali disetrika serat pakaian sudah terlihat berantakan? Atau ada pakaian yang mengerut setelah disetrika? Mungkin saja penyebabnya adalah karena Blibli Friends mengatur suhunya kurang tepat. Mau tahu bagaimana cara mengatur suhu setrika yang benar? Temukan jawabannya di bawah ini!

Baca juga:


Mengatur Suhu untuk Kain Rayon

freepik.com/author/fabrikasimf

Untuk kain rayon atau viscose, sebaiknya atur suhu yang terendah keempat. Jenis kain ini bisa bertahan hingga 180-190 derajat Celcius dan tetap baik-baik saja. Tapi sebaiknya sebelum menyetrika letakkan dulu kain pres di atasnya supaya lebih aman dan nggak ada kemungkinan kepanasan. 

Kain rayon dan viscose bakal lebih mudah lagi disetrika kalau kainnya masih dalam keadaan agak basah. Setelah disetrika, pakaian bisa digantung kembali untuk memastikan benar-benar kering. Suhu yang tepat untuk kain rayon adalah di bawah maksimum. 

Mengatur Suhu untuk Kain Linen

Mengatur Suhu untuk Kain Linen
freepik.com/author/kuprevich

Cara mengatur suhu setrika Philips untuk jenis kain linen sama dengan pada setrika merek lainnya, karena pada dasarnya kain linen bertahan di panas maksimal 230 derajat Celsius. Pengaturan suhu yang tepat untuk kain linen adalah level tinggi. Selama menyetrika, suhu nggak perlu diturunkan karena kain linen bisa bertahan dengan baik.

Kain linen bakal lebih mudah halus kalau disetrika dalam kondisi kain masih lembap. Untuk menjaga kualitas kain, sebaiknya pakaian dari bahan ini dibalik terlebih dulu. Jadi yang kita setrika adalah bagian dalamnya. Setelah itu, gerakkan setrika dengan berhati-hati. Jenis setrika yang lebih disarankan adalah setrika uap, tapi kalaupun pakai setrika kering pun nggak masalah. 

Mengatur Suhu untuk Kain Spandex

freepik.com/author/vladdeep

Sering disebut juga dengan kain Lycra, kain ini ada yang dipergunakan untuk baju olahraga, ada juga yang untuk pakaian sehari-hari. Beberapa jenis hijab juga ada yang menggunakan bahan spandex. Kain ini mampu bertahan di suhu panas yang cukup rendah, yaitu maksimum 135 derajat Celsius saja. Jadi, atur dulu suhu setrika ke tingkat yang paling rendah. 

Selama menyetrika, pengaturan suhunya nggak perlu diubah. Jangan lupa untuk menyetrika jenis kain ini dalam keadaan sudah benar-benar kering. Selain itu, untuk menyetrikanya nggak perlu ditekan keras-keras, cukup ditekan dengan halus saja hingga kerutannya makin halus. 

Mengatur Suhu untuk Kain Akrilik

Mengatur Suhu untuk Kain Akrilik
freepik.com/author/fabrikasimf

Kain akrilik juga cuma bisa bertahan di suhu panas yang rendah, yaitu maksimal 135 derajat Celsius. Jadi supaya kain akrilik nggak rusak, pastikan atur suhu setrika ke level yang paling rendah. Bahkan untuk pakaian yang nggak terlalu kusut, disarankan nggak perlu menyetrika bahan ini. 

Kalau memang harus disetrika, maka balik dulu pakaian dari kain akrilik tersebut. Supaya lebih aman, sediakan kain lembap dan letakkan di antara kain akrilik dan pelat setrika. Setelah itu, Blibli Friends bisa menyetrikanya dari bagian dalam. Kalau sudah selesai, baru balikkan pakaian dan gantung. 

Mengatur Suhu untuk Kain Wol

Mengatur Suhu untuk Kain Wol
freepik.com/author/freepik

Di Indonesia yang iklimnya tropis, kita memang nggak terlalu sering mengenakan pakaian yang terbuat dari kain wol. Tapi waktu kondisi lagi dingin, tinggal di dataran tinggi, atau kerja di kantor yang ruangannya selalu dingin, terkadang pakaian yang terbuat dari wol pasti dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari dingin. Kain wol mampu bertahan hingga tingkat panas sekitar 145 derajat Celsius. 

Untuk menyetrika kain wol, sebaiknya setrika diatur ke suhu rendah. Bakal lebih baik lagi kalau kamu pakai setrika uap dibandingkan setrika kering biasa. Pakai steamer adalah pilihan yang lebih baik lagi karena steamer cukup menyentuh kain sedikit saja. 

Kalau nggak ada setrika uap maupun steamer, pakai setrika kering nggak masalah, tapi tentu ada tips khususnya. Sebaiknya balik pakaian kamu dan setrika bagian dalamnya menggunakan setrika kering. Lebih baik lagi kalau dilapisi dulu dengan kain pres, jadi kualitas wol nggak bakal rusak. 

Mengatur Suhu untuk Kain Poliester

freepik.com/author/dusanpetkovic

Kalau kamu suka olahraga, pasti sudah nggak asing dengan bahan yang satu ini, Ya, kain poliester adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk pakaian olahraga. Lalu bagaimana pengaturan suhu setrika yang tepat untuk kain poliester? Kain ini mampu bertahan hingga suhu maksimal 145-148 derajat Celsius. 

Sebaiknya atur level panas setrika ke mode Cool atau Warm saja. Kalau terlalu panas, kain poliester bakal mudah meleleh dan akhirnya jadi rusak. Ini terutama mudah terjadi karena serat sintetis di dalamnya. Selama suhunya masih di bawah 148 derajat, aman-aman saja kok.  

Mengatur Suhu untuk Kain Nilon

Mengatur Suhu untuk Kain Nilon
freepik.com/author/newafrica

Nilon adalah jenis kain yang ditenun dengan rumit, karena itu lebih tahan kerutan. Karena sifatnya yang nggak gampang kusut inilah, maka kita nggak perlu setrika dengan suhu yang terlalu panas untuk menyetrikanya. Apalagi, pada dasarnya nilon cuma bisa bertahan di tingkat panas 135 derajat Celsius saja. 

Atur suhu setrika di tingkat panas yang paling rendah saja. Khusus untuk kain nilon, lebih disarankan menggunakan setrika kering saja karena jenis kain ini nggak membutuhkan uap. Selain itu, disarankan menyetrikanya dalam keadaan kain sudah benar-benar kering, tapi kita boleh menyemprotkan air pelicin pakaian kalau memang dibutuhkan. 

Mengatur Suhu untuk Kain Sutra

freepik.com/author/pixel-shot-com

Cara mengatur suhu setrika Maspion untuk kain sutra sama nggak sih dengan merek lainnya? Pada dasarnya sama saja. Kain sutra kurang lebih butuh level panas yang sama dengan poliester. Meskipun lembut, tapi sutra mampu bertahan sampai tingkat panas 145-148 derajat Celsius dan masih baik-baik saja. Pastikan kamu menjaga agar suhu nggak melebihi ini, ya. 

Supaya kain sutramu lebih tahan lama dan warnanya tetap terjaga, disarankan membalik dulu pakaianmu. Jadi bagian yang disetrika adalah bagian dalam pakaian. Lebih disarankan lagi kalau kamu menggunakan setrika uap, karena uap mampu melicinkan kerutan di kain sutra dengan cepat dan mudah. 


Baca juga:

Cara mengatur suhu setrika sebenarnya bergantung pada jenis kainnya. Meskipun kain mampu bertahan hingga suhu yang tinggi, tapi bukan berarti setrika harus diatur ke suhu tersebut. Dengan mengikuti cara-cara di atas, nggak perlu khawatir pakaian Blibli Friends bakal rusak. Yang pasti, gunakan setrika yang berkualitas. Kalau perlu setrika baru, langsung saja dapatkan di laman peralatan elektronik Blibli. 

Kamu bisa menemukan varian setrika dari merek yang beragam di Blibli. Langsung belanja dari toko resminya saja supaya dapat produk yang kualitasnya lebih terjamin. Opsi pembayarannya beragam, plus pengirimannya cepat. Selain itu, belanja jadi lebih hemat karena ada voucher gratis ongkir. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung pilih setrika incaranmu sekarang juga di Blibli!