me

7 Tips Memilih Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah  

Jun 15, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pinterest.com/modesens.com

Tips Memilih Kacamata Dulu pengguna kacamata mungkin identik dengan kesan nerd alias cupu. Tapi beda banget dengan saat ini. Kacamata justru jadi salah satu fashion item yang banyak digemari. Bahkan nggak sedikit orang yang matanya normal, memilih pakai kacamata dengan alasan untuk memaksimalkan penampilan. Hal ini tentu sangat positif ya, karena pengguna kacamata jadi lebih leluasa dan percaya diri memilih jenis dan mode sesuai kebutuhan. Yuk, simak berbagai informasi menarik tentang kacamata yang wajib banget kamu tahu!

Baca juga: Tips Makeup Natural Buat Kamu yang Gak Suka Dandanan Menor


Sekilas tentang Kacamata

Kacamata yang kita gunakan saat ini ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang tepatnya dimulai sejak masa Romawi Kuno. Pada masa itu, bangsa Romawi sudah menemukan fakta bahwa kaca bisa digunakan untuk membantu melihat teks atau tulisan yang ukurannya sangat kecil. Namun di sisi lain, bangsa Romawi belum membentuknya menyerupai kacamata. 

Sejarah berlanjut di abad ke-13, saat itu di Itali sudah ditemukan kacamata kuno, yang bentuknya berupa frame atau bingkai terbuat dari kayu dan kulit dengan bagian kaca atau lensa yang dipasang di salah satu bagiannya. Seiring berjalannya waktu, kacamata kuno yang tadinya sangat tebal dan besar, serta digunakan dengan cara dipegang tangkainya seperti halnya kaca pembesar, mulai berubah jadi makin kecil dan mudah digunakan. 

Sampai di tahun 1700-an, kacamata sudah berukuran cukup kecil dan mirip dengan kacamata pada saat ini dengan bingkai yang bisa digantungkan pada telinga. Hingga muncullah pioner kacamata semi modern yaitu Benjamin Martin, yang mulai membuat kacamata dengan lebih fashionable. Namun sampai abad ke-19, kacamata masih merupakan benda yang sangat jarang ditemukan dan nggak bisa digunakan sembarang orang. Di tahun 1900an, kacamata mulai makin berkembang dan menjadi lebih beragam bentuknya.

Di abad ke-20, mulai muncul kacamata hitam yang fungsi utamanya untuk menghalau sinar matahari ke arah mata. Barulah di tahun 1929, kacamata kemudian diproduksi secara massal dan bisa digunakan oleh semua orang. Namun hingga saat itu, lensa masih menggunakan yang berbahan kaca sehingga bisa pecah. Baru di tahun 1980an, muncul penemuan lensa plastik yang jauh lebih tahan lama dan nggak mudah pecah.  

Setelah itu, kacamata makin berevolusi menjadi berbagai jenis model, warna, dan spesifikasi yang berbeda-beda. Bahkan sudah banyak juga kacamata yang harganya super mahal karena ada tambahan emas atau berlian di bagian frame-nya.

Tips Memilih Kacamata

Menarik banget ya, sejarah kacamata hingga saat ini. Kalau kamu baru mau memakai kacamata, ada beberapa tips penting yang wajib diperhatikan.

1. Gunakan kacamata sesuai kondisi mata

Kalau kamu hanya memakai kacamata untuk tujuan fashion, tentu nggak jadi masalah apapun yang dipilih. Tapi kalau kamu punya kelainan mata, misalnya miopi atau hipermetropi, berarti butuh kacamata dengan lensa minus atau plus. Untuk tahu ukurannya dengan tepat, kamu harus memeriksakan diri ke dokter mata atau datang ke optik. Untuk kamu yang sudah pakai kacamata, pastikan juga selalu cek kondisi mata secara teratur. Biasanya ada penambahan minus dan plus setiap tahunnya, sehingga kamu wajib mengganti lensa kacamata. Kalau hal ini nggak dilakukan, niscaya kamu akan kesulitan untuk melihat. Bahkan kadang ada juga efek samping lain misalnya merasa pusing atau kehilangan keseimbangan akibat lensa kacamata yang tidak sesuai.

2. Pilih kacamata bulat untuk bentuk wajah dengan dagu lancip

Percaya nggak percaya, model kacamata juga bisa mempengaruhi bentuk wajah. Untuk kamu yang punya wajah bentuk segitiga alias berdagu lancip, kacamata bulat bisa dipilih untuk menyeimbangkan penampilan. Kacamata jenis ini lagi tren banget, lho. Kamu bisa pilih kacamata dengan frame tipis kalau ingin tampilan lebih kekinian. Bingkai emas atau silver akan terlihat sangat catchy, cocok buat kamu yang suka dengan tampilan elegan. Hindari bingkai tebal kalau nggak ingin wajah terlihat berat.

3. Pilih kacamata persegi panjang untuk wajah bulat

Lalu bagaimana dengan pemilik wajah bulat yang sering nggak pede pakai kacamata? Kamu bisa memilih kacamata dengan frame persegi panjang yang akan membuat wajah terlihat lebih proporsional. Selain itu, bentuk kacamata kupu-kupu alias memiliki bentuk frame sedikit lonjong menyerupai sayap kupu-kupu. Jenis frama ini akan terlihat lebih menarik kalau kamu memilih warna-warna bingkai cerah, seperti merah, ungu, atau putih.

4. Pilih kacamata bentuk mata kucing untuk pemilik wajah lonjong

Kalau kamu punya bentuk wajah lonjong, pilihlah kacamata dengan bentuk seperti mata kucing. Kacamata jenis ini sangat fashionable sekaligus bisa memberikan kesan wajah lebih menarik. Sekarang model kacamata ini juga lagi tren banget! Meski banyak yang bilang model kacamata ini bisa memberikan kesan galak pada pemakainya, tapi kamu nggak perlu khawatir. Cobalah memilih warna frame yang lembut seperti krem, coklat, atau warna-warna pastel seperti biru muda.

5. Pilih kacamata bulat untuk pemilik wajah kotak

Nah, banyak yang nggak percaya diri dengan bentuk wajah kotak alias rahang yang terlalu tegas. Untuk menyamarkan bentuk rahang, kamu bisa memilih kacamata dengan frame bulat maupun oval. Keduanya sama-sama cocok untuk bentuk wajah kotak. Hindari bingkai frame yang terlalu tebal, karena wajah jadi terkesan lebih besar. Frame tipis akan memberikan tampilan yang ringan dan cerah pada wajah.

6. Pilih kacamata dengan bingkai besar untuk wajah persegi panjang

Punya wajah dengan bentuk persegi panjang yang seringkali membuat nggak pede? Kamu bisa menjajal kacamata dengan model bingkai lebar. Hal ini akan memberikan ilusi wajah lebih kecil dan juga proposional. Nah, yang perlu banget diperhatikan, kacamata bingkai besar sebaiknya memiliki warna bingkai netral misalnya hitam, coklat tua, atau navy. Hindari memilih warna-warna yang terlalu mencolok karena akan terlihat berlebihan.

7. Pilih kacamata bingkai kecil untuk wajah bentuk hati

Buat kamu yang punya wajah dengan bentuk hati, alias besar di bagian atas dan makin mengerucut di bagian dagu, pilihlah kacamata dengan bingkai kecil. Untuk warna frame, sebaiknya pilih yang punya warna cerah atau bahkan transparan. Kamu bisa mengintip gaya para selebriti Korea yang memang banyak banget menggunakan kacamata dengan bingkai kecil.

Yang juga perlu diperhatikan, pastikan kamu selalu merawat kacamata yang kamu punya. Hindari memakainya saat tidur untuk menghindari bingkai bengkok dan patah. Kamu juga harus mengelap lensa dengan lap khusus supaya nggak muncul baret. Kalau pakai kacamata berlensa kaca, hati-hatilah jangan sampai kacamata terjatuh dan pecah.


Baca juga: Rekomendasi Kacamata Anti Sinar Matahari, Wajib Punya!

Gimana Blibli Friends, sudah memutuskan model kacamata yang tepat untukmu? Dapatkan lebih banyak inspirasi model kacamata terbaru dengan mengecek laman Blibli. Dijamin kamu bisa mendapatkan kacamata terbaik yang nggak cuma akan membantu penglihatanmu, tapi menjadikan penampilanmu lebih kece serta kekinian!

Tampil Cantik dengan Kacamata Hanya di Sini!

Tag: