me

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4, Wajib Tahu!

Dec 06, 2021.By Jarvis
Bagikan

Image Source : samsung.com

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4 – Saat ini, lifestyle kekinian seakan jadi hal wajib buat semua orang, terutama bagi kaum muda yang hidupnya penuh warna dan gaya. Bahkan mungkin kamu pun adalah follower dari lifestyle kekinian yang sedang booming sekarang ini. Salah satu peranti penting untuk menunjang gaya kekinian itu adalah jam tangan digital.

Salah satu jam tangan digital yang paling banyak diminati oleh para muda adalah Samsung Galaxy Watch 4. Jam tangan satu ini memang sangat tepat untuk dimiliki karena kemampuan canggih yang dimilikinya. Mulai dari dapat terkoneksi dengan smartphone, untuk pengukur detak jantung atau juga saturasi oksigen dan banyak lagi. Nah, berikut ini ulasan spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Samsung Official Store Terbaik

________________________________________________________

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4

Body Dimensi 44.4 x 43.3 x 9.8 mm (Galaxy Watch 4 44mm)

Dimensi 40.4 x 39.3 x 9.8 mm (Galaxy Watch 4 40mm)

Bobot 30 gram (Galaxy Watch 4 44mm)

Bobot 26 gram (Galaxy Watch 4 40mm)

Layar 1.4 inci (34.6mm) (Galaxy Watch 4 44mm)

1.2 inci (30.4mm) (Galaxy Watch 4 40mm)

450 x 450 pixels (Galaxy Watch 4 44mm)

396 x 396 pixels (Galaxy Watch 4 40mm)

Super AMOLED, Full Color Always On Display, Corning Gorilla Glass DX+
Chipset & OS Exynos W920
Dual Core 1.18GHz Cortex-A55
ARM Mali-G68
Wear OS, One UI Watch
Memori RAM 1.5GB

ROM 16GB

Kamera Utama
Kamera Depan
Baterai 361 mAh (Galaxy Watch4 44mm)

247 mAh (Galaxy Watch4 40mm)

Fitur Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor, Optical Heart Rate Sensor, Electrical heart sensor, Bioelectrical Impedance Analysis Sensor
Harga Rp3.499.000 (Galaxy Watch4 44mm)

Rp2.999.000 (Galaxy Watch4 40mm)

Processor dan Chipset Samsung Galaxy Watch 4

Beda dengan mayoritas produk smartphonenya, untuk Samsung Galaxy Watch 4 ini, Samsung memakai chipset Samsung Exynos W920. Chipset ini memang didesain khusus untuk jam tangan pintar atau perangkat elektronik berbasis Android lainnya. Chipsetnya juga dirancang dengan fabrikasi 5 nanometer yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensinya.

Selain itu, prosesor yang dipakai adalah Cortex-A55 yang hanya memiliki 2 inti yang memang diciptakan untuk tugas berdaya rendah. Nggak hanya itu aja, Cortex-A55 GPU-nya adalah Mali-G68 yang diklaim 10 kali lebih baik kinerjanya dibanding dengan model sebelumnya. Untuk masalah layarnya sendiri, terdapat co-processor Cortex-M55 agar dapat mengaktifkan fitur Always On Display.

Sedangkan untuk operating system yang digunakan adalah gabungan antara Tizen OS buatan Samsung dan Wear OS yang pada umumnya dipakai di model smartwatch sebelumnya. Fitur bawaan dari Wear OS versi baru ini cukup banyak, dua di antaranya adalah Samsung Pay dan Samsung Health. Terdapat juga aplikasi Google Maps yang dapat bantu kamu muter-muter ke mana aja.

Desain Samsung Galaxy Watch 4

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4
Image Source : samsung.com

Samsung Galaxy Watch 4 tersedia dalam 2 varian yang dibedakan dari ukurannya. Versi pertama adalah Samsung Galaxy Watch 4 44 mm dan versi satunya lagi adalah Samsung Galaxy Watch 4 40 mm. Keduanya menggunakan desain yang berbeda dengan model sebelumnya, Samsung Galaxy Watch 3 atau juga Samsung Galaxy Watch 4 Classic.

Desainnya ini memungkinkan sebuah transisi tanpa bezel dari sasis jam ke strap atau tali pengikatnya. Jadi kalau kamu sudah terbiasa memakai Samsung Galaxy Watch 2 atau Samsung Galaxy Watch 3, maka akan sedikit terasa aneh dan harus beradaptasi lagi saat memakai Samsung Galaxy Watch 4 ini. Sisi plusnya adalah jam tangan ini lebih tipis dibandingkan dengan model sebelumnya.

Strap Samsung Galaxy Watch 4 ini terhubung dengan baik ke badan jam yang nggak akan mudah lepas atau patah saat dipakai beraktivitas. Strap dengan model H-Wing ini juga memiliki fungsi sebagai sensor yang dapat menghubungkan perangkat dengan pergelangan tangan. Jadi, kamu dapat melihat denyut jantung, saturasi oksigen dan apapun yang terjadi dalam tubuh melalui jam ini.

Desainnya sendiri menonjolkan sisi estetika kekinian yang keren daripada mengusung model klasik. Bahkan agar nggak mudah rusak kalau terkena keringat, Samsung menggunakan bahan Fluoroelastomer (FKM) khusus. Jadi, Samsung Galaxy Watch 4 ini sangat cocok dipakai oleh siapa aja dan dalam kondisi apapun.

Kamera Samsung Galaxy Watch 4

Masih seperti model-model sebelumnya, Samsung Galaxy Watch 4 ini juga nggak dilengkapi dengan fitur kamera. Memang akan sedikit terasa janggal karena mengusung kata “smartwatch” tapi justru nggak mempunyai fitur lengkap, seperti kamera salah satunya. Dan ternyata ada penjelasan khusus kenapa fitur kamera nggak diikutsertakan di dalamnya.

Dalam pembuatan semua model jam tangan pintar atau jam tangan pintarnya itu, termasuk juga Samsung Galaxy Watch 4, nggak ada satupun yang dilengkapi dengan fitur kamera. Hal itu dikarenakan Samsung merasa nggak ada satupun pengguna produk jam tangan pintarnya ini sebagai media untuk memotret atau merekam video, melainkan benar-benar berfungsi sebagai jam aja.

Ditambah lagi, kalaupun ada fitur kamera yang tersemat di dalamnya, maka tentunya akan mengubah bentuk dan ukuran dari Samsung Galaxy Watch 4 itu sendiri. Semula yang berukuran mungil dan tipis, akhirnya menjadi besar dan tebal. Tentunya nggak enak dipandang, bukan?

Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy Watch 4

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4
Image Source : samsung.com

Untuk baterainya sendiri, Samsung Galaxy Watch 4 memiliki baterai yang lebih tahan lama dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Memang masih perlu diisiulang dalam pemakaian satu harian, tapi durasinya nggak sebanyak ketika memakai Samsung Galaxy Watch 2 atau Samsung Galaxy Watch 3.

Salah satu penyebab kamu tetap perlu mengisi ulang baterainya secara berkala karena Samsung Galaxy Watch 4 ini dilengkapi dengan GPS, pelacakan aktivitas dan Always-On Display yang hal tersebut cukup menguras tenaga baterainya. Tapi kalau kamu mematikan fitur-fitur tersebut, maka jam itu senggaknya mampu bertahan selama 40 jam lamanya.

Fitur Lainnya Samsung Galaxy Watch 4

Selain berfungsi sebagai jam tangan, Samsung Galaxy Watch 4 juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik dan bermanfaat lainnya. Seperti terdapatnya sensor kesehatan yang menggabungkan antara heart rate monitoring (PPG), electrocardiogram reader (ECG) dan sensor bioelectric impedance analysis (BIA).

Kemudian jam tangan ini juga dapat kamu gunakan sebagai pencatat aktivitas sehari-hari, penghitung denyut jantung, untuk melihat saturasi oksigen sampai dengan dipakai sebagai ‘teman’ saat kamu berolahraga berat. Kamu akan mendapatkan data berupa ringkasan aktivitas singkat selama berolahraga.

_______________________________________________

Baca Juga : 5 Alasan Ini Bakal Bikin Kamu Rela Nabung Buat Beli Samsung Galaxy Watch

Jadi, tunggu apalagi? Kalau kamu memang pengen punya jam tangan digital nan pintar seperti Samsung Galaxy Watch 4 ini, maka selain dapat membelinya di toko online atau retail resminya, kamu juga dapat mengunjungi Blibli karena banyak diskon dan promo menarik yang sangat menguntungkan. Yuk, buruan beli sekarang juga!