me

Skincare Lokal yang Mengandung Tea Tree Oil, Ampuh Lawan Jerawat!

Nov 30, 2021.By Nadine
Bagikan

Image Source : berkeluarga.id

Skincare Lokal yang Mengandung Tea Tree Oil – Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit. Polusi udara, paparan sinar matahari, dan lain-lain bisa jadi penyebab kerusakan kulit. Meski terkesan sepele, tapi kalau dibiarkan akibatnya bukan hanya mempengaruhi penampilan saja, tapi berpengaruh ke kesehatan kamu!

Karena itu, saat ini banyak yang menggunakan produk perawatan kulit khusus untuk merawat kulit tubuh dan wajah. Walaupun ada banyak pilihan merek skincare impor, tapi sebenarnya merek skincare lokal juga sudah mulai nggak kalah saing. Salah satu bahan yang punya manfaat baik bagi kulit adalah tea tree oil. Apa itu dan apa manfaatnya bagi kulit kamu, yuk, langsung aja simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Sheet Mask untuk Kulit Berjerawat, Catat Ya!

_______________________________________________________

Apa Itu Tea Tree Oil?

Tea tree oil adalah minyak esensial yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Selain manfaatnya yang banyak banget, satu hal yang pasti bikin konsumen senang adalah harganya yang relatif terjangkau dan aman banget digunakan.

Tea tree oil berasal dari daun tanaman Melaleuca alternifolia, pohon kecil yang aslinya berasal dari Queensland dan New South Wales, Australia. Walaupun namanya adalah tea tree, tapi tanaman ini beda banget lho dari tanaman teh yang digunakan untuk minuman seperti teh hitam, teh hijau, dan teh oolong.

Suku Aborigin yang asli dari daratan Australia sudah menggunakan tea tree oil sejak berabad-abad yang lalu. Mereka menumbuk daunnya untuk mendapatkan minyaknya, lalu dihirup untuk menyembuhkan sakit batuk dan pilek. Suku ini juga menggunakan tea tree oil untuk dioleskan ke kulit saat pemulihan dari luka.

Tea tree oil yang digunakan saat ini sudah dalam bentuk diencerkan (diluted) atau yang belum diencerkan dan disebut sebagai minyak neat. Jenis yang digunakan untuk produk skincare biasanya adalah yang sudah diencerkan. Kekuatannya sekitar 5 – 50% dari yang nggak diencerkan.

Manfaat Penggunaan Skincare dengan Kandungan Tea Tree Oil

Apa saja sih manfaat tea tree oil kalau dijadikan skincare?

  1. Melawan Jerawat

Sudah banyak penelitian yang membuktikan tea tree oil ampuh banget untuk melawan jerawat. Kekuatannya dianggap hampir sama dengan benzoyl peroxide yang biasa digunakan untuk obat jerawat. Tentunya menyembuhkan obat jerawat dengan tea tree oil lebih aman karena bahannya yang alami.

  1. Anti Inflamasi

Tea tree oil juga merupakan anti inflamasi alami. Selain mencegah kulit mengalami pembengkakan, tea tree oil juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka ringan. Kulit wajah bisa mengalami luka ringan karena jerawat, terkena garukan, dan lain sebagainya,

Dari beberapa studi menunjukkan bahwa menambahkan tea tree oil dalam pengobatan penyembuhan luka bakal lebih cepat proses penyembuhannya. Tea tree oil bisa memicu aktivitas sel darah putih yang penting dalam proses menyembuhkan luka.

  1. Antiseptik

Tea tree oil juga berfungsi sebagai antiseptik alami. Saat kulit wajah mengalami jerawat yang parah, bisa saja mengalami pendarahan ringan. Luka yang terbuka bisa menyebabkan infeksi dari bakteri seperti S. aureus.

Di sinilah pentingnya tea tree oil yang bisa melawan bakteri. Sehingga kalau pun ada luka ringan di wajah, nggak akan terjadi infeksi dan membuat luka jadi makin parah.

Setelah tahu apa pentingnya tea tree oil dalam produk skincare, yuk cari tahu merek skincare lokal apa saja sih yang memiliki kandungan tea tree oil. Beberapa di antaranya adalah Sensatia Botanicals dan Joylab.

Rekomendasi Produk Lokal yang Mengandung Tea Tree 

  1. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser - 220 mL

Sensatia Botanicals adalah merek produk kecantikan yang pertama kali berdiri tahun 2000 di Karangasem, Bali. Semua produknya mengandung bahan alami yang murni. Berawal dari produksi sabun handmade dari minyak kelapa, akhirnya Sensatia Botanicals mendapatkan pengakuan dan mulai memproduksi skincare lainnya.

Merek ini berkreasi untuk produksi skincare yang simpel tapi efisien. Tiap produknya kaya akan bahan alami dan sama sekali nggak menggunakan bahan kimia dan artifisial. Selain itu, tiap produknya juga dibuat dengan kualitas tinggi dan pastinya bebas dari uji coba hewan.

Salah satu produk yang mengandung tea tree oil adalah Sensatia Botanicals Tea Tree Lemon Facial Cleanser. Ini adalah pembersih wajah yang didesain khusus untuk kulit berjerawat. Pembersih wajah ini mampu menenangkan kulit wajah yang teriritasi. Uniknya, pembersih wajah ini nggak mengandung sabun. Tapi tetap bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.

Sensatia Botanicals Tea Tree Lemon Facial Cleanser dikemas dalam botol berukuran 220 mL dan dibanderol dengan harga Rp 130 ribuan. Pembersih wajah ini juga mengandung gotu kola yang kaya akan antioksidan, sangat baik untuk menghindarkan kulit wajah dari stres. Selain itu ada lemon oil yang berfungsi sebagai antiseptik.

  1. Joylab

Joylab Cleansing Water 100 mL

Kalau ngomongin skincare, sering banget kamu bicara soal melawan penuaan dini. Kesannya skincare itu hanya untuk usia 30 tahun ke atas. Padahal sejak remaja pun, kulit sudah penting baget untuk dirawat. Di sinilah Joylab Beauty hadir, untuk menghadirkan produk skincare khusus untuk kulit remaja.

Joylab ingin para remaja yang menggunakan produknya bisa mengeluarkan “joy” atau keceriaan dan kebahagiaan dari dalam diri mereka sendiri. Dengan produk skincare yang berkualitas dan simpel, remaja jadi nggak males lagi melakukan perawatan kulit. Karena kaum remaja memang suka segala sesuatu yang praktis dan anti ribet!

Salah satu produk dari Joylab yang mengandung tea tree oil adalah Joylab Cleansing Water. ini adalah pembersih wajah praktis all in one, yang nggak perlu proses pembersihan ganda. Ini dia beberapa kandungan yang ada di dalam Joylab Cleansing Water beserta manfaatnya:

  1. Tea Tree Oil

Minyak tea tree sangat baik untuk melawan jerawat dan sebagai anti peradangan. Aman banget untuk kulit yang sensitif. Kandungan antiseptiknya juga menghindarkan kulit wajah dari infeksi kalau ada bekas luka.

  1. Coconut Acid

Agar kulit wajah nggak terlalu kering, ditambahkan coconut acid. Sebagai pelembab alami, kandungan lemak jenuh di dalamnya mampu mencegah hilangnya kadar air yang ada di pori-pori kulit wajah kamu.

  1. Gliserin

Gliserin menjaga agar kulit wajah kamu tetap terhidrasi, jadi nggak kelewat kering. Selain itu, gliserin juga mampu membasmi kuman dan melindungi kulit dari infeksi. Gliserin juga berfungsi untuk melembapkan kulit.

Joylab Cleansing Water dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 36 ribuan untuk kemasan 100 mL. Produk ini cocok banget untuk kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

_______________________________________________________

Baca Juga : Buat Kamu yang Punya Kulit Sensitif, Coba 5 Produk Sensatia Botanicals Head to Toe Ini, Yuk!

Nah, memilih produk skincare terbaik memang penting banget agar kulit wajah kamu tetap terlihat sehat dan awet muda. Untungnya sekarang belanja skincare yang berkualitas sudah lebih mudah karena tersedia secara online. Misalnya saja di Blibli.

Di Blibli, kamu bisa menemukan berbagai produk dari Sensatia Botanicals dan Joylab. Keaslian produknya terjamin dan pengirimannya juga aman banget. Selain itu, di Blibli banyak penawaran menarik seperti potongan harga, gratis ongkir, hingga cashback! Menarik banget, yuk cek skincare yang kamu incar sekarang!

Tag: