me

Resep Perkedel Kentang Anti Pecah dan Anti Gagal, Mudah Banget Dibuat!

Apr 23, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Yuk, ikuti resep perkedel kentang anti pecah dan anti gagal disini!

Resep Perkedel Kentang  — Banyak makanan yang mudah dibuat, namun gagal saat hasilnya sudah jadi. Berbeda dengan resep perkedel kentang ini, kamu bisa membuatnya dengan mudah serta anti pecah dan anti gagal, loh. Menu yang satu ini memang pas sekali dihidangkan bersama nasi hangat atau lontong sayur, bakal menambah cita rasa gurih pada makanan kamu.

Nah, untuk menambah lauk makanan kamu biar makin lahap, sebaiknya kita membuat perkedel kentang ini dengan mudah. Yang pasti, resep perkedel kentang ini nggak bakal pecah saat digoreng, kok. Buat Blibli Friends yang tertarik untuk membuat perkedel anti pecah dan anti gagal untuk dijadikan sebagai lauk makan, bisa langsung cek resep selengkapnya disini, yuk!

Baca juga:
5 Resep Kue Buat Si Mageran
Ide Menu Buka Puasa


Supermarket Online BLM

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 1 kg kentang
  • 120 gram atau 15 siung bawang merah berukuran kecil
  • 7 siung bawang putih
  • 1/2 sendok makan merica atau lada bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 2 butir telur
  • 50 gram atau 1 ikat kecil seledri
  • 40 gram atau 1 batang daun bawang berukuran besar
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Alat-alat yang Diperlukan

  • Kompor
  • Wajan teflon anti lengket
  • Blender
  • Ulekan
  • Mangkuk berukuran sedang
  • Mangkuk berukuran kecil
  • Garpu atau sendok
  • Piring sebagai wadah

Cara Membuat Perkedel Kentang

  1. Siapkan bahan utama seperti cuci kentang sampai bersih dan kulitnya sudah dikupas. Potong juga kentang berukuran dadu atau tipis-tipis agar lebih mudah saat digoreng.
  2. Siapkan bahan-bahan bumbu dengan mengupas bawang merah dan bawang putih. Potong iris tipis-tipis kedua bawang dan pisahkan di mangkuk berukuran kecil.
  3. Siapkan juga seledri dan daun bawang yang sudah dicuci bersih, lalu keduanya dipotong dengan mengiris tipis-tipis sampai menjadi sedikit halus. Pisahkan di kedua mangkuk kecil yang berbeda. Sisihkan semua bahan.
  4. Siapkan wajan teflon anti lengket di atas kompor.
  5. Tuangkan minyak makan secukupnya untuk menggoreng kentang. Nyalakan api kompor dengan sedang dan tunggu sampai minyak panas.
  6. Masukkan kentang secukupnya dan goreng. Tunggu kentang sampai kering dan jangan terlalu matang, jika sudah angkat dan tiriskan dari minyak. Masak lagi sisa kentang lainnya dan lakukan berulang kali sampai kentangnya habis.
  7. Sesudah selesai menggoreng kentang, minyak bekas jangan dibuang. Gunakan untuk menggoreng bawang merah dan bawang putih.
  8. Masukkan terlebih dahulu  bawang merah dan tunggu beberapa saat sambil diaduk.
  9. Masukkan juga bawang putih, lalu aduk-aduk keduanya hingga matang.
  10. Saat kentang sudah berubah warna kecoklatan dan aroma wangi bawang sudah keluar, kamu bisa mengangkatnya. Tiriskan bawang dari minyak dan pindahkan ke piring.
  11. Siapkan blender, masukkan semua bawang yang sudah ditiriskan tadi ke dalam blender.
  12. Nyalakan blender dan biarkan sampai halus, jika sudah bisa kamu sisihkan ke wadah lain.
  13. Siapkan ulekan dan ambil kentang yang sudah ditiriskan tadi. Haluskan dengan ulekan atau tumbukan. 
  14. Saat semua kentang sudah halus, bisa kamu pindahkan ke wadah lainnya.
  15. Tuangkan merica atau lada bubuk ke adonan kentang yang sudah halus.
  16. Tambahkan juga pala bubuk, potongan seledri dan daun bawang, 1 butir telur, serta garam secukupnya. Aduk dengan menggunakan sendok atau tangan yang sudah dilapisi sarung tangan.
  17. Ratakan dan aduk hingga semua bahan bumbu dan adonan kentang tercampur merata.
  18. Tambahkan semua bawang merah dan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan tadi.
  19. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata lagi, jika sudah kamu bisa mencicipinya rasanya hingga sudah pas di lidah.
  20. Saat adonan perkedel dari kentang dan bumbu selesai, kamu bisa lanjut mencetak adonan hingga berbentuk perkedel.
  21. Ambil adonan secukupnya dan cetak dengan bentuk bulat yang menipis atau kamu bisa mencetaknya sesuai selera. Lakukan secara berulang kali sampai adonan perkedel habis. Sisihkan perkedel yang sudah dicetak sebentar.
  22. Siapkan 1 butir telur. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk kecil, aduk telur dengan menggunakan garpu. Telur ini berguna untuk mencelupkan perkedel yang sudah dicetak.
  23. Siapkan wajan dan tuang minyak makan bekas menggoreng bawang tadi. Nyalakan api kompor dengan kecil.
  24. Saat minyak sudah panas, celupkan satu per satu perkedel yang sudah dicetak ke telur yang sudah diaduk tadi.
  25. Lumuri perkedel dan goreng ke dalam minyak panas. Lakukan berulang kali sampai adonan perkedel yang sudah dicetak masak dengan sempurna.
  26. Masih dengan api kecil, kamu bisa membalikkan setiap sisi bagian perkedel sampai masak secara merata. Balikkan dengan pelan.
  27. Saat perkedel kentang sudah berwarna kecoklatan, kamu bisa angkat dan pindahkan ke wadah piring yang sudah dilapisi tisu makan. Hal ini bertujuan agar minyak dari perkedel menyerap ke tisu. Lakukan berulang kali sampai adonan perkedel kentang habis, jika telur masih ada sisa kamu bisa menaburkannya ke perkedel agar menjadi krispi.
  28. Terakhir, siapkan nasi hangat dan perkedel kentang sudah siap dihidangkan, deh.

Tips Membuat Perkedel Kentang

Memang cara pembuatan perkedel kentang ini sangat mudah, kan. Tapi, kalau Blibli Friends nggak mengikuti cara dan tips membuat perkedel kentang dengan benar. Hasil masakan kamu bisa jadi gagal dan pecah, loh. Nah, berikut ini kamu bisa mengikuti tips membuat perkedel kentang anti pecah dan anti gagal. Langsung aja, simak tips selengkapnya disini!

Menggoreng Kentang dengan Tepat

freepik.com

Sebelum kentang dihaluskan, pastikan Blibli Friends perlu menggoreng kentang terlebih dahulu. Saat proses menggoreng kentang yang pertama, usahakan jangan menggoreng terlalu lama dan matang, ya. Tunggu aja tekstur kentang menjadi kering, lalu angkat.

Cara lainnya selain menggoreng, kamu bisa mengukus kentang dengan panci pengukus. Ingat, tetap jangan terlalu lama mengukusnya, ya.

Menggoreng Bawang Merah dan Bawang Putih dengan Benar

Nggak cuma menambah cita rasa perkedel kentang biar semakin gurih, bawang merah dan bawang putih ini juga membuat hasil masakan kamu jadi lebih wangi. Oleh karena itu, pastikan kamu nggak menggoreng bawang merah dan bawang putih sampai gosong, karena nantinya bisa merusak rasa dan aroma dari perkedel kentang.

Wajib Menggunakan Cincangan Seledri

freepik.com

Pada bahan seledri ini, kamu memang nggak boleh melewatkannya. Hal ini bertujuan agar hasil perkedel kentang yang kamu buat jadi terasa lebih gurih dan aromanya pun terasa enak saat disajikan. Jadi, pastikan kamu tetap menggunakan bahan seledri secukupnya aja kalau kurang suka.


Baca juga: Resep Mewah dari Bahan Sederhana

Nah, itu dia Resep Perkedel Kentang yang anti pecah dan anti gagal dengan mudah. Dari resep di atas memang tampaknya sangat mudah, ya.

Langsung aja temukan kebutuhan untuk bahan dan alat membuat perkedel kentang ini. Kamu bisa menemukan semua bahannya di supermarket online Blibli, ya. Selain bisa mendapatkan bahan yang lengkap, di Blibli kamu juga mendapatkan bahan yang masih segar, loh. Yuk, belanja sekarang juga! Pasti untung belanja di Bliblimart.

Tag: