me

Resep Pasta Carbonara Otentik Khas Italia vs Versi Simple, Favoritmu Mana Nih?

May 08, 2024.By
Bagikan

freepik.com/dolga1987
Resep pasta carbonara dengan rasa original khas Italia atau versi simple?

Creamy dan lezat, siapa nggak suka dengan olahan spaghetti paling simple satu ini, sih, Blibli Friends? Yups, pasta carbonara emang gampang banget dibuat dan super sat set. Apalagi bahannya pun nggak banyak. Cocok buat kaum mending-mending, tapi ingin makan enak ala resto nggak pake mahal. Cuss, langsung aja ikuti resep pasta carbonara di bawah, dijamin nagih!

Baca juga :


Resep Pasta Carbonara Original Italia

Resep Pasta Carbonara Original Italia
freepik.com/timolina

Tahu nggak, sih, kalau ternyata resep asli pasta carbonara Italia itu beda banget dengan yang biasa dijumpai di Indonesia? Di negara asalnya, pasta jenis ini adalah makanan rakyat pedesaan yang sangat sederhana. Mulai dari bahan hingga cara pengolahannya benar-benar simple dan apa adanya banget. Cuma ada 4 bahan utama untuk bikin saus carbonara.

Di resep original, saus mereka hanya pakai pancetta atau bacon, keju pecorino, telur dan lada hitam. Yang paling mengejutkan, siapa sangka selama ini orang Italia nggak pakai krim dalam resep sausnya, lho. Tekstur creamy pada saus dihasilkan oleh telur kocok yang langsung dicampur dengan pasta panas tanpa melalui proses memasak.

Biar nggak makin penasaran, intip bahan-bahan dan cara membuat pasta carbonara original dengan cita rasa asli Italia yuk!

Bahan Utama (untuk 1 porsi):

  • 300 gram pasta (bisa jenis apa saja)
  • 4 butir kuning telur ukuran besar
  • 100 gram parutan keju pecorino
  • 1/2-1 sdt lada hitam yang baru digiling
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 100-150 gram guanciale, bisa diganti dengan beef bacon

Tambahan: 2-3 sdm parutan keju pecorino

Cara Membuat:

  1. Panaskan air dalam panci besar. Tunggu hingga air mendidih dan tambahkan garam serta minyak. Masukkan pasta dan aduk. Masak sampai sedikit lebih dari al dente.
  2. Kocok telur kuning telur hingga tercampur rata di mangkuk sedang. Tambahkan keju pecorino parut dan lada hitam. Aduk sampai semua tercampur rata. Sisihkan. (Tips: Sesaat sebelum dituang ke dalam wajan berisi pasta, tambahkan 80-120 ml air panas bekas merebus pasta dam aduk merata.)
  3. Iris guanciale atau bacon dalam ukuran tipis dan pendek. Panaskan wajan besar, tambahkan minyak zaitun dan guanciale. Masak dengan api sedang sampai mendapatkan kematangan yang kamu inginkan. Pindahkan guanciale ke atas piring bersih.
  4. Dengan sisa minyak dan lemak guanciale atau bacon, letakkan wajan di atas api sedang atau besar. Masukkan pasta dan tuang 80-120 ml air panas bekas rebusan pasta. Aduk merata.
  5. Angkat wajan dari kompor dan segera tambahkan telur campur. Aduk dengan cepat. Tuang 80-120 ml air rebusan pasta yang panas. Teruslah mengaduk sampai saus tercampur rata dan menjadi krim lembut. Tambahkan guanciale dan aduk sebentar.
  6. Sajikan segera dengan taburan pecorino dan lada hitam. And, selamat menikmati pasta carbonara ala Italia dengan cita rasa yang otentik, Blibli Friends!

Resep Pasta Carbonara Versi Simple

Resep Pasta Carbonara Versi Simple
freepik.com/timolina

Jika kurang suka versi asli dari Italia, ada juga resep pasta carbonara yang dijamin cocok dengan lidah Indonesia-mu, kok. Karena menggunakan rempah-rempah Indonesia, seperti bawang putih. Dan yang paling penting, versi ini juga cara membuatnya anti ribet-ribet club. So, nggak ada alasan buat si tukang mager malas praktekin resep satu ini.

Yuk, siapkan bahan-bahan dan peralatannya untuk bikin pasta carbonara yang creamy dengan sentuhan Nusantara!

Bahan:

  • 200 gram pasta jenis apapun (spaghetti, penne, macaroni dll)
  • 200 ml susu cair full cream
  • 3 sdm keju cheddar parut
  • 3 lembar smoked beef (bisa diganti sosis)

Bumbu:

  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 siung bawang bombay, cincang
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 sdt tepung maizena
  • 1/4 sdt lada hitam yang baru digiling
  • Oregano secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus air di panci sedang hingga mendidih. Masukkan pasta, beri sedikit garam dan minyak. Aduk. Masak hingga lebih dari al dente. Angkat dan tiriskan.
  2. Sementara menunggu, potong-potong smoked beef atau sosis.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya dan mentega di wajan. Tumis bawang bombay hingga layu, tambahkan bawang putih dan tumis kembali sampai harum.
  4. Tuang susu cair dan tambahkan keju. Aduk sampai tercampur rata. Masak terus sambil diaduk hingga teksturnya menjadi saus kental.
  5. Masukkan pasta, oregano, lada hitam dan garam. Koreksi rasa.
  6. Agar nggak terlalu kering, tuang sedikit air bekas rebusan pasta. Masak hingga susu menyusut dan bumbu meresap ke dalam pasta. Pastikan saus nggak terlalu cair ataupun kering, ya.
  7. Campur maizena dengan sedikit air pasta dan aduk, lalu tuang ke dalam wajan. Aduk sampai kental. Angkat.
  8. Siapkan piring saji dan tata pasta carbonara. Beri garnish daun peterseli atau tambahkan keju parut. Selamat menikmati resep pasta carbonara dengan cita rasa Nusantara yang nggak kalah menggugah selera!

Tips Resep Pasta Carbonara

Tips Resep Pasta Carbonara
freepik.com/azerbaijan-stockers

Itulah dua varian resep pasta carbonara yang bisa kamu coba di rumah untuk menghadirkan suasana khas Italia dalam hari-harimu. Tapi kalau ingin mencicipi cita rasa otentik dari pasta carbonara yang asli, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar hidangan terasa creamy dengan rasa yang perfecto. Berikut beberapa kunci dari sebuah resep pasta carbonara:

Keju

Pada resep pasta carbonara tradisional menggunakan parmigiano berkualitas, seperti Parmigiano Reggiano. Tapi kalau ingin bereksperimen dengan rasa, coba tambahkan sedikit Pecorino Romano yang memiliki rasa asin dan tajam. Sementara Parmigiano Reggiano lebih pedas dan lembut. Perpaduan kedua keju ini akan membawa hidangan ini setingkat lebih tinggi.

Daging

Yang versi benar-benar original, sih, pasta carbonara pakai guanciale atau daging babi yang diawetkan, seperti pancetta. Tapi hindari memilih bagian perut. Bagian pipi lebih direkomendasikan. Selain itu, sebaiknya nggak menggantinya dengan bacon, karena saat digoreng lebih berasap yang akan mengganggu keseimbangan cita rasa pasta carbonara.

Lada

Dalam kondisi apapun jangan pernah pakai lada bubuk atau lada yang sudah dihaluskan. Salah satu daya tarik pasta carbonara adalah aroma lada yang fresh. So, untuk membuat pasta carbonara yang bercita rasa tinggi dan bikin rindu pada suasana Roma, sangat-sangat dianjurkan memakai lada yang baru saja digiling, Blibli Friends.

Air pasta

Rahasia pasta carbonara yang lembut dan mewah, tanpa ada telur yang menggumpal, adalah dengan melunakkan campuran telur sebelum kamu aduk di pasta. Setelah telur, keju dan lada tercampur, tambahkan beberapa sendok air bekas rebusan pasta yang masih panas untuk menaikkan suhu telur sedikit, sehingga nggak matang ketika dicampur pasta.


Baca juga :

Itulah resep pasta carbonara dan tips untuk bikin hidangan khas Italia yang bercita rasa tinggi. Yuk, langsung praktek sekarang, karena kamu bisa belanja semua bahan masakan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Cukup order dari aplikasi atau website Blibli. Belanja kebutuhan dapur makin mudah dan pastinya terjangkau lewat Supermarket Online Blibli, Blibli Friends!

Tag: