me

Resep Terong Balado ala Rumahan, Nikmat dan Mudah Dibuat!

Apr 23, 2024.By
Bagikan

Ikuti cara membuat terong balado yang nikmat, cek resepnya di sini!

Bagi anak kost, masakan rumah memang yang paling dirindukan, seperti terong balado. Resep balado menjadi masakan rumah yang paling mudah dibuat. Bahkan, untuk Blibli Friends yang pecinta makanan pedas, menu balado termasuk yang paling disukai dan bisa dijadikan sebagai pendamping dengan nasi hangat, loh. Masakan menu balado yang paling disukai ini juga terong balado.

Selain menjadi favorit, menu terong balado ini juga paling mudah dibuat untuk anak kostan yang rindu masakan rumah. Kamu cuma membutuhkan beberapa bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah dan alat dapur seadanya. Pastinya, Blibli Friends penasaran gimana sih cara membuat terong balado yang nikmat ala rumahan? Yuk, langsung aja simak langkah-langkahnya disini, ya!

Baca juga: Resep Tahu Walik Renyah dan Enak

Supermarket Online BLM

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • 3 buah terong ungu
  • 2 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam sesuai selera

Bumbu Halus

  • 4 bawang merah besar
  • 3 bawah putih
  • 1 buah lemon
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 1 buah tomat merah
  • 1 batang serai

Alat-alat yang Diperlukan

Cara Membuat Terong Balado

  1. Cuci sampai bersih semua terong ungu dan potong bagian tangkai terong untuk mempermudah kamu saat mencucinya secara menyeluruh.
  2. Siapkan wajan teflon diatas kompor yang menyala dan tuang minyak secukupnya untuk menggoreng terong.
  3. Sambil menunggu minyak panas, kamu bisa memotong satu per satu terong menjadi beberapa potongan.
  4. Berikutnya, masukkan beberapa potongan terong ke dalam minyak panas. Masak hingga terong berwarna kekuningan. Jangan lupa dibalikkan agar terong masak secara menyeluruh. Ingat, tetap nyalakan api kompor dengan kecil, sehingga terong nggak mudah gosong dan kulitnya tetap berwarna ungu.
  5. Angkat terong yang sudah masak dan tiriskan dari minyak, lalu masak lagi terong yang lainnya sampai habis.
  6. Sambil menunggu terong diiriskan, kamu bisa menyiapkan bumbu halus untuk membuat terong balado.
  7. Siapkan blender atau ulekan, untuk menghaluskan bumbu.
  8. Masukkan semua bahan bumbu terong balado dan tambah sedikit air agar bumbu nggak terlalu kering. Haluskan hingga bumbu tercampur merata, lalu sisihkan sebentar.
  9. Kembali kamu panaskan wajan yang masih ada minyak bekas menggoreng terong. Pastikan juga kamu sudah mengurangi minyaknya sesuai takaran untuk memasak bumbu balado.
  10. Saat minyak sudah panas, kamu bisa masukkan semua bumbu halus ke dalam wajan.
  11. Tumis bumbunya sambil diaduk dengan menggunakan spatula.
  12. Masukkan juga daun jeruk serta batang serai yang sudah digeprek dan diikat. Aduk kembali bumbu balado hingga semua tercampur rata.
  13. Tambahkan juga gula pasir dan aduk lagi.
  14. Tambahkan garam 2 sendok dan perasan air lemon sebanyak 2 sendok makan. Aduk lagi hingga semua bumbu tercampur.
  15. Gongseng bumbu halus balado hingga mengeluarkan aroma harum yang gurih dan pedas. Tumis dan aduk terus sampai minyaknya menyerap sedikit demi sedikit.
  16. Masukkan lagi terong yang tadi ditiriskan dan campurkan bersama bumbu balado. Aduk hingga semua terong dan bumbu tercampur rata. Diamkan sebentar hingga bumbu balado menyerap ke terong dengan sempurna.
  17. Terakhir, matikan kompor dan siapkan piring untuk wadah. Pindahkan terong balado ke piring.
  18. Terong balado selesai dan sudah bisa kamu nikmati bersama nasi hangat.

Tips Membuat Terong Balado

Saat membuat makanan favorit, pastinya ada beberapa tips yang menambah rasa pada masakan kamu biar semakin enak, loh. Sama halnya dengan membuat terong balado ini, kamu bisa melihat beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan rasa gurih dan pedas yang sesuai dengan selera. Yuk, langsung aja cek tips selengkapnya disini!

Potong Terong dengan Memanjang

freepik.com

Bagi Blibli Friends yang menggunakan terong ungu yang berukuran kecil, nggak perlu memotongnya menjadi tipis. Kamu bisa membelah terong ungu berukuran kecil hingga menjadi dua bagian. Sementara itu, untuk terong ungu berukuran besar kamu bisa memotongnya dengan memanjang atau potongan jardiniere yang menyerupai balok.

Pastikan juga kamu nggak memotong terong ungu dengan kecil, karena nantinya setelah dimasak terong ungu menjadi lebih kecil.

Jangan Masak Terlalu Matang

Tips berikutnya usahakan kamu memasak terong ungu jangan terlalu lama, karena terong ini lebih cepat lembek. Pastikan juga saat menggoreng terong ungu yang pertama kali, jangan sampai terlalu matang karena nantinya bakal dimasak kembali bersama bumbu balado.

Keringkan Terong Ungu

Mungkin Blibli Friends pernah menggoreng terong ungu dengan api yang meletup, untuk menghindari hal tersebut kamu perlu mengeringkan terong ungu sebelum memasukkannya ke minyak panas. Kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan tisu kering setelah selesai mencucinya sampai bersih.

Menggunakan Bumbu Balado yang Kasar

Salah satu tips membuat terong balado agar memiliki rasa yang pedas adalah cara membuat bumbu baladonya dengan benar. Usahakan saat ingin blender atau mengulek bahan-bahan bumbu, jangan sampai halus. Cara lain untuk mengganti air agar nggak terlalu encer, Blibli Friends bisa menggunakan minyak baru saat ingin menguleknya.

Apalagi bumbu balado dikenal dengan hasilnya yang kasar dan kulit cabe nya masih kelihatan

Menggunakan Api Kecil

Saat ingin mendapatkan rasa yang pas dan warna masakan yang sempurna, Blibli Friends juga harus menggunakan api kecil saat memasak, loh. Tips ini juga menghindari hasil masakan kamu nggak gosong, selain itu bumbu balado yang kamu tumis juga bisa menyerap dengan baik ke terong ungu.

Mengaduk Terong dengan Pelan

Mengingat terong ungu saat dimasak memiliki tekstur yang lembek, usahakan saat mentumisnya bersama bumbu kamu bisa mengaduk terong dengan pelan. Pada tips ini menghindari terong ungu menjadi hancur bersama bumbu balado.

Pastikan Memasak Bumbu Balado sampai Matang

freepik.com

Tips selanjutnya Blibli Friends juga perlu memastikan bumbu balado dimasak hingga matang sempurna, karena kalau nggak matang hasil terong balado bisa lebih cepat basi.

Menggunakan Kaldu Ayam atau Jamur

blibli.com

Bagi Blibli Friends yang menyukai penyedap rasa atau ingin menambahkan rasa yang lebih gurih, bisa menggunakan kaldu ayam atau kaldu jamur saat menumis bumbu balado. Usahakan juga kamu nggak menambah penyedap rasa instan seperti MSG.

Sajikan Terong Balado dalam Keadaan Hangat

Penyajian terong balado yang tepat adalah memakannya selagi masih hangat, jika masih ada sisa kamu bisa memanaskan terong balado dengan api yang kecil. Jangan lupa menyajikannya bersama nasi hangat, ya!


Baca juga: Resep Pisang Goreng yang Cocok untuk Buka Puasa

Nah, itulah resep membuat terong balado ala rumahan nikmat dan mudah dibuat. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Pastikan kamu mendapatkan perlengkapan bahan dan alat di supermarket online yang kini sudah ada di Blibli. Ada berbagai bahan yang lengkap dan harga yang juga terjangkau di Blibli, kok. Yuk, langsung check out sekarang juga karena pasti untuk belanja di Bliblimart!

Tag: