me

Resep Pisang Goreng Super Renyah dan Legit

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Semua orang suka pisang goreng. Rasanya manis juga gurih karena pisangnya berbalur tepung yang digoreng renyah. Blibli Friends mungkin lebih sering beli pisang goreng biar praktis. Sebenarnya, ada, loh, resep pisang goreng yang gampang banget buat dicoba sendiri di rumah.

Jadi, kamu nggak perlu beli gorengan di luar. Kamu cukup beli pisang dan bahan-bahan yang kamu butuhkan saja. Bahannya mudah didapat, kok. Jadi, sekarang, langsung kita intip sama-sama, seperti apa resep pisang goreng yang renyah di luar, dan manis serta lembut di dalam. Berikut resepnya.


Baca juga: 39 Ide Menu Buka Puasa yang Wajib Kamu Coba (Updated 2024)

Supermarket Online BLM

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • 2 pisang tanduk
  • Minyak goreng

Bahan Adonan Celup

Bahan Kremesan

Alat-alat yang Diperlukan

  • Pisau
  • Piring
  • Mangkuk 
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Talenan
  • Wajan
  • Botol air mineral bekas

Cara Membuat Pisang Goreng

  1. Siapkan pisang tanduk dengan mengupas kulitnya. Kemudian, potong-potong pisang menjadi tiga bagian. Kamu juga bisa pakai pisang jenis lain, misalnya pisang kepok. Boleh juga pisang raja, pokoknya pilih pisang yang punya tekstur padat.
  2. Semua bahan adonan celup dicampurkan, lalu diaduk rata sampai nggak bergerindil, dan adonannya halus.
  3. Siapkan wadah lain, bisa pakai mangkuk yang sudah disiapkan. Masukkan semua bahan kremesan ke dalam mangkuk, campurkan, aduk rata sampai nggak bergerindil.
  4. Sekarang, siapkan botol kemasan air mineral yang sudah nggak terpakai. Buka tutup botol lalu lubangi tutupnya kecil-kecil, sebanyak 3-5 lubang. Tuangkan adonan kremes ke dalam botol tersebut, lalu tutup botolnya pakai penutupnya.
  5. Siapkan wajan di kompor. Tuangkan minyak goreng agak banyak ke dalam wajan dan panaskan. Tunggu sampai minyak benar-benar panas. 
  6. Sekarang tuangkan adonan kremes dari dalam botol dengan cara menyemprotkannya perlahan ke atas minyak di wajan. Nanti, adonan kremes tersebut bakal tersiram dari dalam botol dan menjadi kremes kecil-kecil di permukaan minyak yang panas.
  7. Siapkan pisang kemudian celupkan di dalam adonan celup. Lalu, pisang tersebut dimasukkan ke tengah-tengah kremes yang lagi digoreng di wajan. Gulung kremes sampai menutupi seluruh permukaan pisang goreng sebelum menjadi keras.
  8. Goreng sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, kemudian tiriskan.
  9. Ulangi langkah menggoreng sampai pisang dan adonan habis.
  10. Pisang goreng crispy siap disajikan.

Tips Membuat Pisang Goreng

Untuk bikin pisang goreng renyah, ada tips yang bisa dicoba biar hasil gorengannya semakin kriuk. Jadi, nggak cuma sekadar menggoreng saja. Berikut tips membuat pisang goreng agar semakin renyah:

Pilih Jenis Pisang yang Padat

Pisang menjadi bahan utama dalam membuat kudapan ini. Nah, kamu bisa pilih buah pisang yang memang padat biar lebih mudah menggorengnya. Misalnya, seperti pisang tanduk dan pisang kepok. Buah pisang yang padat juga nggak akan terlalu mudah lumer saat digoreng dengan minyak panas.

Pisang yang padat bakal bikin tepung lebih mudah menempel pada pisangnya. Di samping itu, pastikan juga pisangnya matang. Namun, jangan sampai pisang tersebut terlalu matang. Pisang yang terlalu matang biasanya bakal semakin melunak, sehingga ketika digoreng, hasil gorengannya nggak akan sebagus jika pisangnya lebih padat.

Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah

freepik.com

Jadi, seperti namanya, tepung terigu protein rendah mengandung lebih sedikit gluten. Tepung terigu jenis ini mengandung gluten sekitar 6 sampai 8 persen. Teksturnya juga lebih ringan dan saat diolah, hasilnya lebih renyah. 

Semakin tinggi kandungan gluten di dalam tepung, tingkat elastisitas atau kekenyalan olahan yang dibuat juga makin tinggi. Sementara, tepung terigu protein rendah cocok untuk bahan adonan kue, biskuit, hingga gorengan. Soalnya, tepung ini bisa bikin tekstur olahannya menjadi renyah.

Di samping itu, kue kering yang pakai gula lebih banyak daripada tepungnya, juga biasa pakai tepung terigu protein rendah. Kalau buat gorengan, tepung terigu protein rendah itu bikin tekstur lebih crispy. Mudah, kok, membeli tepung terigu protein rendah ini, banyak produknya yang tersedia online.

Pakai Tepung Maizena untuk Adonan

unsplash.com

Kamu juga bisa pakai tepung maizena untuk bikin gorengan renyah. Biasanya, tepung maizena bermanfaat sebagai pengental yang bisa bikin tekstur saus atau sup menjadi lebih kental. Jadi, kalau pakai tepung maizena buat adonan gorengan, hasilnya itu bisa kenyal, lembut, sekaligus renyah setelah digoreng.

Tentu kamu juga pernah membeli gorengan, khususnya dengan rasa manis seperti pisang atau tape, dan tepungnya sedikit berbeda dari yang lain. Ada kekenyalan yang memperkaya teksturnya. Begitu juga kalau kamu mau bikin pisang goreng sendiri di rumah, tambahkan tepung maizena biar adonan tepungnya lebih kenyal sekaligus hasil gorengannya renyah.

Pakai Tepung Tapioka untuk Kremes

unsplash.com

Kalau kamu mau bikin pisang goreng seperti di resep yang kamu baca barusan, kamu bisa juga menambahkan tepung tapioka buat kremes-nya. Sebenarnya, tepung tapioka mirip kegunaannya dengan tepung maizena. Nah, tapi tepung tapioka ini benar-benar berfungsi buat merenyahkan.

Kegunaan utama tersebut bisa menjadi kelebihan buat bikin pisang goreng kremes. Tepung tapioka biasanya bermanfaat buat bikin adonan lebih mengembang, juga membuat tekstur makanan jadi kenyal. Tepung tapioka bisa buat menggantikan maizena, tapi kurang cocok buat lapisan gorengan.

Soalnya, tepung tapioka ini menjadi keras saat sudah dingin. Maka dari itu, tepung ini cocok buat bikin kremes, biar semakin renyah dan juga awet nggak gampang melempem. Selain itu, tepung tapioka sendiri juga sering dipakai untuk bahan utama kue kering.

Goreng dengan Minyak Panas

Saat akan menggoreng pisang, pastikan minyak di wajan benar-benar panas. Jadi, disarankan kamu nggak langsung memasukkan pisang yang sudah dicelupkan ke adonan pelapis, ke dalam minyak setelah minyaknya dituangkan ke wajan. Tunggu dahulu sambil memastikan minyak goreng tersebut panas.

Kamu bisa mengeceknya dengan cara meneteskan adonan pelapis pisang goreng pada permukaan minyak. Kalau tetesan adonan tepung tersebut mengambang di permukaan minyak, berarti minyaknya sudah benar-benar panas dengan suhu yang pas untuk menggoreng.

Dengan begitu, hasil gorengan pisang juga bakal renyah. Sebaiknya, hindari juga kondisi minyak terlalu panas karena bikin cepat gosong. Jadi, kecilkan api begitu minyak goreng sudah panas. Kamu bisa menggoreng pisang dengan api sedang. Jangan lupa untuk membolak-balik ke sisi satunya setiap kali warna pisang goreng sudah menjadi lebih kecokelatan.


Baca juga: Resep Buat Para Milenial, Hot Mentai Pasta! 

Demikian resep pisang goreng crispy yang bisa kamu coba di rumah. Pastinya bakal lebih seru kalau kamu mencoba resep baru dengan menambahkan kremes buat pisang goreng. Nah, semua bahan yang kamu butuhkan tersedia di supermarket online di Blibli. Mulai dari buah pisang segar sampai tepung dan minyak, semua ada. Beli sekarang karena pasti untung belanja di Bliblimart.