me

Resep Telur Balado untuk Pelengkap Nasi, Ikuti Tipsnya Disini!

Apr 23, 2024.By
Bagikan

Yuk, kreasikan dengan resep telur balado yang mudah banget disini!

Resep Telur Balado — Siapa yang nggak tahu dengan menu telur balado? Makanan yang sering dijadikan sebagai pelengkap nasi ini memiliki cita rasa pedas, yang mana banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahan-bahan bumbunya yang berasal dari rempah-rempah membuat telur balado menggugah selera siapa aja, terutama bagi kamu yang menyukai masakan khas Minang.

Mengingat menu ini menggunakan bumbu rempah, telur balado dimasak dengan waktu yang cukup lama agar bumbunya meresap dengan baik. Blibli Friends pastinya penasaran bagaimana cara pembuatan telur balado anti gagal dan anti pecah? Yuk, langsung aja ikuti resep dan tips sederhananya di bawah ini, ya!

Baca juga: 39 Ide Menu Buka Puasa yang Wajib Kamu Coba (Updated 2024)


Supermarket Online BLM

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 8 butir telur
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 buah tomat
  • Air secukupnya

Bahan Bumbu Halus untuk Balado

Bahan Pelengkap

Alat-alat yang Diperlukan

  • Kompor
  • Panci untuk merebus
  • Pisau
  • Talenan
  • Blender atau ulekan
  • Wajan teflon anti lengket
  • Saringan besi
  • Piring

Cara Membuat Telur Balado

  1. Siapkan bahan utama terlebih dahulu, yaitu rebus semua telur di dalam panci yang berisikan air mendidih. Rebus telur dan tunggu sampai matang atau selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  2. Sesuai dengan waktunya, matikan api kompor dan angkat telur dengan menggunakan saringan besi agar airnya teriris. Rendam dulu telur yang sudah direbus di dalam air dingin atau biasa, agar nanti kulitnya mudah dikupas. Sisihkan sebentar.
  3. Beralih untuk menyiapkan bumbu balado. Siapkan cabai merah berukuran besar dan cabai merah keriting yang sudah dicuci dan bersihkan dari tangkainya, lalu potong-potong berukuran sekitar 1 cm kedua cabai merah tersebut.
  4. Siapkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih, lalu tiriskan dari air dengan menggunakan saringan jaring kecil dan tunggu sampai airnya turun agar nantinya nggak meletup saat dimasak.
  5. Siapkan tomat yang sudah dicuci bersih dan potong-potong menjadi kecil atau bisa potongan menjadi dadu, lalu sisihkan.
  6. Siapkan bahan pelengkap seperti teri medan. Cukup dicuci dengan air biasa yang bersih aja.
  7. Masukkan keempat bahan tadi ke dalam blender atau kamu bisa menghancurkannya dengan menggunakan ulekan.
  8. Hidupkan blender dan hancurkan hingga bumbu terhancur kasar dan jangan sampai terlalu halus, ya. Sisihkan.
  9. Siapkan wajan teflon atau pan di atas kompor, lalu hidupkan api kompor berukuran sedang menuju kecil. Tuangkan minyak secukupnya.
  10. Saat minyak sudah panas, masukkan bahan bumbu yang sudah halus tadi ke dalam wajan. Aduk sebentar aja dengan menggunakan spatula agar bumbu masak.
  11. Masukkan teri medan yang sudah ditiriskan tadi bersama bahan bumbu. Aduk lagi sampai semuanya tercampur dengan baik. 
  12. Tambahkan daun jeruk yang sudah dirobek-robek. Aduk kembali dan masak hingga semua benar-benar matang.
  13. Masih menggunakan api kecil, tunggu masakan sebentar sekaligus memasukkan bumbu halus lainnya.
  14. Berikan gula, kaldu jamur, dan merica bubuk secukupnya. Aduk lagi sampai semua bumbu tercampur merata.
  15. Tambahkan garam sedikit aja, lalu aduk sebentar.
  16. Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong tadi, lalu aduk lagi masakan sampai air tomat keluar dan menjadi kering.
  17. Tambahkan air secukupnya agar masakan nggak terlalu kering. Aduk lagi sampai bumbu nggak gosong.
  18. Tunggu dan masak sampai tomatnya lunak.
  19. Sambil menunggu bumbunya matang, kamu bisa mengupas telur yang sudah direndam air tadi. Pastikan semua kulit telurnya sudah retak sebelum dikupas, agar nantinya lebih mudah dilepas. Lakukan berulang kali sampai semua telur selesai dikupas, lalu sisihkan.
  20. Saat tomat sudah mulai hancur airnya mulai menyerap, matikan api kompor. Jangan lupa cicipi bumbu yang sudah matang tadi sampai rasanya sesuai dengan selera kamu, jika rasa bumbunya masih kurang kamu bisa menambahkan sedikit garam lagi. Sisihkan sebentar.
  21. Siapkan wajan lainnya yang biasa di atas kompor, lalu tuangkan minyak makan untuk menggoreng telur. Tapi jangan sampai telur terendam di minyak, ya.
  22. Hidupkan api kompor dan tunggu sampai minyak panas.
  23. Masukkan telur rebus dan balikan telur sampai kulit telur mulai kering.
  24. Saat kulit telur sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan, angkat dan tiriskan dari minyak.
  25. Berikutnya untuk wajan yang masih ada bumbu tadi, hidupkan api kompor dengan kecil.
  26. Campurkan semua telur rebus bersama bumbu. Aduk hingga telur terbalur dengan bumbu dan tercampur sampai merata.
  27. Terakhir, angkat telur bersama bumbu dan pindahkan ke piring kaca sebagai wadah. Telur balado siap disajikan bersama nasi hangat, deh.

Tips Membuat Telur Balado

Dilihat dari resep diatas, cara membuat telur balado ini memang cukup mudah, ya. Tapi, pastinya pembuatannya juga perlu menggunakan beberapa tips agar nggak gagal dan pecah, nih. Nah, agar masakan telur balado dan bumbu kamu memiliki rasa yang pas, langsung aja cek selengkapnya tips membuat telur balado sebagai berikut:

Menggunakan Bahan Bumbu yang Segar

freepik.com

Mengingat telur balado menggunakan bahan-bahan yang alami dan bukan instan, pastikan Blibli Friends memilih bahan yang masih segar, ya. Jangan menggunakan bahan bumbu yang sudah kisut atau busuk, karena nanti rasa bumbu pada telur balado jadi berbeda.

Memilih Telur Rebus sesuai Selera


unsplash.com

Nggak cuma menggunakan bahan bumbu yang segar, Blibli Friends juga perlu memilih telur rebus yang berkualitas dan masih baru. Sementara itu, untuk pemilihan jenis telur rebusnya, kamu bisa menggunakan telur ayam eropa ayam atau telur puyuh sesuai dengan selera kamu. Pada bahan pelengkapnya, bisa diganti menjadi tempe, jengkol, ataupun daging ayam.

Menggoreng Bahan Bumbu Balado hingga Matang

Bagi Blibli Friends yang ingin menyimpan bumbu balado untuk persediaan, kamu bisa memasak bahan bumbu dengan cara menggorengnya terlebih dahulu, lalu biarkan sampai matang. Sementara itu, untuk penggunaan kemiri kamu bisa menyangrainya terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan bahan-bahan lain.

Menghancurkan Bahan Bumbu sesuai Selera

Nggak harus menghancurkan bumbu sampai lembut, Blibli Friends juga bisa, lho, membuat bumbu masih sedikit kasar. Pada bagian ini kamu bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing. Tapi, disarankan untuk menghaluskan bumbu dengan cara di ulek, agar rasanya lebih enak.


Baca juga: Resep Minuman Viral Ala Anak TikTok yang Bisa Kamu Coba

Nah, itu dia resep dan tips membuat telur balado yang sederhana. Memang lauk pelengkap nasi yang satu ini memiliki rasa yang nggak ada tandingannya, deh!

Langsung aja, dapatkan bahan-bahan dan alat untuk membuat telur balado di supermarket online Blibli, ya. Kamu bisa menemukannya dengan lengkap dan harga yang lebih beragam. Tunggu apalagi? Praktekkan telur balado dan sajikan bersama keluarga, yuk! Pasti untung belanja di Bliblimart.

Tag: